Kenapa Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Bisa Digunakan



Ada beberapa penyebab kenapa voucher gratis ongkir Shopee tidak bisa digunakan. Sejak pertama kali diluncurkan hingga Juli 2018, pembeli online yang berbelanja di Shopee dapat menikmati fitur pengiriman otomatis gratis dengan jumlah pembelian minimum tertentu.

Namun pada awal Agustus 2018, fitur ini mengalami perubahan. Cara baru agar pembeli bisa menikmati pengiriman gratis adalah dengan voucher yang sudah tersedia.

Setiap pengguna Shopee dapat mengklaim voucher pengiriman gratis pada menu yang tersedia di aplikasi atau situs web. Voucher pengiriman gratis ini merupakan pengganti dari fitur pengiriman gratis yang sebelumnya berlaku otomatis saat pembayaran.

Namun sebagian pembeli online masih bingung menggunakan voucher ini karena tidak bisa digunakan. Lalu, apa yang menyebabkan voucher pengiriman gratis Shopee tidak bisa digunakan? Inlah penyebabnya menurut wisklik.com.

Belum mencapai batas minimal belanja

Seperti syarat dan ketentuan fitur free shipping sebelumnya, voucher free shipping juga memiliki batasan minimal belanja dalam jumlah tertentu. Jumlah belanja minimum tergantung pada setiap toko tempat Anda berbelanja.

Setiap toko memiliki batasan belanja minimal yang bervariasi dari 50 ribu hingga 150 ribu. Sebelum menggunakan voucher, pastikan Anda sudah mencapai batas minimal belanja.

Toko belum menyediakan pengiriman gratis

Alasan lain mengapa voucher pengiriman gratis Shopee tidak dapat digunakan adalah toko tempat Anda berbelanja belum memverifikasi rekening bank atau identitasnya, yang menyebabkan toko tersebut tidak dikategorikan sebagai penyedia pengiriman gratis.

Toko yang termasuk dalam kategori free ongkos kirim biasanya memiliki tanda kotak mobil berwarna hijau muda dengan ongkos kirim gratis. Beli produk dengan tanda ini agar voucher pengiriman gratis Anda dapat digunakan.

Layanan pengiriman tidak didukung

Sebenarnya, ketika kasir dan voucher gratis ongkos kirim dapat digunakan, sistem Shopee secara otomatis akan mengarahkan Anda ke layanan pengiriman tertentu yang didukung. Jika Anda mengubahnya ke layanan pengiriman yang tidak didukung, voucher tidak akan berfungsi.

Oleh karena itu, coba tinjau kembali ketika memilih jasa pengiriman apakah mendukung atau tidak. Jika Anda memilih pilihan yang salah, maka Anda harus menanggung biaya pengiriman sepenuhnya. Itulah kenapa voucher gratis ongkir tidak dapat dipakai pada jasa pengiriman yang tersedia.

Voucher telah kedaluwarsa

Setiap bulan pengguna Shopee akan mendapatkan voucher ongkos kirim gratis, voucher tersebut memiliki batas waktu alias sudah habis masa berlakunya. Jika voucher gratis ongkos kirim yang Anda miliki telah melebihi tanggal berlakunya, maka bisa dipastikan voucher tersebut tidak dapat digunakan.

Agar selalu dapat menikmati voucher, klaim voucher Anda secara teratur. Anda bisa mendapatkan voucher ongkir gratis pada menu di aplikasi atau website Shopee.

Voucher pengiriman gratis habis

Mengubah pengiriman otomatis gratis yang sudah ada menjadi voucher ternyata merupakan kerugian kecil bagi pembeli. Konversi ongkos kirim gratis menjadi bentuk voucher membuat fitur ini terbatas.

Pembeli online di Shopee hanya bisa berbelanja dengan gratis ongkos kirim sesuai jumlah voucher yang dimilikinya. Jika habis, cara mendapatkan voucher gratis ongkir shopee jika sudah habis adalah dia harus menunggu voucher di bulan berikutnya. Itulah kenapa voucher gratis ongkir shopee habis.

Ongkos kirim terlalu tinggi

Ongkos kirim yang terlalu tinggi sebenarnya tidak menyebabkan voucher gratis ongkos kirim menjadi tidak bisa digunakan. Namun, ini akan menyebabkan voucher perangko gratis menjadi sedikit membantu.

Sebenarnya Shopee tidak sepenuhnya menanggung biaya pengiriman, tetapi mereka hanya memberikan subsidi ongkos kirim sebesar 20 ribu. Oleh karena biaya ongkos kirim yang tinggi tidak sepenuhnya gratis, Anda diharuskan membayar sisa ongkos kirim setelah subsidi.

Kenapa Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Bisa Digunakan

Selai penyebab di atas, ada beberapa penyebab lain, seperti yang diungkap oleh mahirtransaksi.com yaitu :

Voucher tidak berlaku untuk produk yang dibeli

Saat kamu membeli produk di Shopee, kamu pasti pernah melihat voucher apa saja yang bisa digunakan di bagian foto produk ada tulisan Gratis Ongkir Xtra. Ini berarti Anda tidak dapat menggunakan satu jenis voucher Shopee untuk membeli berbagai jenis produk.

Misal anda mempunyai voucher pengiriman Shopee Xtra gratis, otomatis voucher ini hanya dapat digunakan untuk membeli produk dengan logo Xtra pengiriman gratis Xtra.

Voucher pengiriman gratis tidak sesuai dengan metode pembayaran

Alasan pengiriman gratis Shopee tidak dapat digunakan adalah karena metode pembayaran yang Anda pilih saat checkout tidak sesuai dengan voucher pengiriman gratis yang Anda gunakan. Misalnya, seperti voucher pengiriman gratis dengan Shopeepay.

Sesuai dengan syarat dan ketentuan voucher, voucher gratis ongkos kirim ini hanya dapat digunakan untuk metode pembayaran menggunakan ShopeePay dan tidak dapat digunakan untuk metode pembayaran transfer rekening Virtual Bank atau Indomaret / Alfamart.

ShopeePay sendiri merupakan dompet digital Shopee untuk memudahkan pengguna dalam melakukan pembayaran produk di Shopee. Untuk menggunakan voucher pengiriman gratis ShopeePay, Anda harus mengaktifkan fitur pembayaran ShopeePay terlebih dahulu.

Itulah kenapa voucher gratis ongkir shopee tidak bisa digunakan karena metode pembayaran tersebut.

Voucher pengiriman gratis tidak berlaku untuk pengguna tertentu

Khusus bagi pengguna yang baru pertama kali melakukan registrasi aplikasi Shopee berhak mendapatkan voucher Shopee gratis Rp. 0. Voucher ini hanya dapat digunakan untuk akun Shopee yang baru terdaftar dan tidak dapat digunakan untuk akun Shopee yang telah terdaftar dalam waktu yang lama.

Begitu pula voucher pengiriman gratis ShopeePay hanya dapat digunakan oleh pengguna Shopee yang telah mengaktifkan fitur pembayaran ShopeePay.

Voucher telah digunakan dalam transaksi yang dibatalkan

Berdasarkan ketentuan pengguna kode promo untuk pembelian produk Shopee, voucher yang telah digunakan untuk transaksi yang belum selesai atau dibatalkan dapat digunakan kembali dalam waktu 15 menit setelah transaksi dibatalkan.

Artinya, voucher tidak dapat digunakan untuk membeli produk yang sama atau berbeda sebelum waktu 15 menit tercapai. Pastikan Anda menunggu beberapa saat untuk menggunakan voucher gratis yang sama untuk membeli produk Anda.

Voucher tidak dapat digunakan karena akun shopee terbatas

Alasan kegagalan terakhir untuk menggunakan voucher Shopee adalah karena akun Shopee Anda saat ini berada dalam batasan.

Penyebab dari pembatasan akun Shopee ini adalah adanya perilaku yang tidak wajar dan melanggar kebijakan komunitas Shopee. Jika akun Shopee Anda terbatas maka Anda tidak dapat melakukan transaksi di Shopee termasuk menggunakan voucher gratis ongkos kirim Shopee.

Solusinya, jangan pernah membuat Fake Order (FO) di aplikasi Shopee karena akan terdeteksi oleh sistem keamanan Shopee. Jangan melanggar aturan komunitas Shopee termasuk melanjutkan transaksi di luar aplikasi Shopee.

Jika akun Shopee Anda telah berhasil dipulihkan, maka Anda dapat menggunakan kembali voucher pengiriman gratis untuk membeli produk. Itulah salah satu penyebab kenapa voucher Shopeepay tidak bisa digunakan.

Setelah mengetahui apa saja penyebab kenapa Anda tidak bisa menggunakan voucher free shipping, maka Anda langsung mencari solusinya. Untuk solusi yang sangat mudah, berikut beberapa solusi yang dapat Anda gunakan menurut carabelanja.id.

  • Pastikan voucher sesuai dengan syarat dan ketentuan
  • Periksa kembali kategori voucher menurut belanjaan
  • Bacalah syarat dan ketentuan masing-masing toko jika ingin menggunakan voucher pengiriman gratis, biasanya ada minimal belanja
  • Pastikan saat voucher digunakan, biasanya voucher tersebut memiliki masa berlaku dan jam pemakaian
  • Gunakan metode pembayaran ShopeePay atau Shopee Paylater

Itulah beberapa penyebab kenapa kode voucher gratis ongkir shopee tidak bisa digunakan di perangkat ini.



Back To Top