Situs Belanja Online di Indonesia



Meningkatnya minat masyarakat untuk melakukan transaksi jual beli online membuat para pebisnis harus memainkan strategi. Dengan terciptanya situs penjualan online diharapkan bisa memuaskan keinginan masyarakat Indonesia untuk berbelanja. Tapi banyak orang meragukan toko online karena adanya kasus penipuan oleh segelintir orang tidak bertanggung jawab untuk membuat situs web dummy demi mendapatkan keuntungan, tanpa melihat kepuasan pelanggan.

Nah, kali ini kita akan kasih daftar situs belanja online di Indonesia untuk melakukan transaksi jual beli online, supaya tidak kena tipu lagi. Berikut ini beberapa situs yang dapat kami rangkum dan kami persembahkan hanya untuk anda. Pengurutan berrdasarkan pemeringkatan dengan jumlah pengunjung terbaik dari riset yang dilakukan oleh ilmuOne Data, bulan Agustus 2017.

Lazada
Lazada merupakan situs belanja online yang menawarkan berbagai macam jenis produk, mulai dari elektronik, buku, mainan anak, perlengkapan bayi, alat kesehatan, produk kecantikan, peralatan rumah tangga, perlengkapan traveling dan olahraga.

Berdiri sejak 2012, Lazada merupakan salah satu cabang jaringan ritel online LAZADA Asia Tenggara. Lazada Southeast Asia ini adalah cabang dari anak perusahaan internet Jerman, Rocket Internet.

Rocket Internet adalah perusahaan inkubator online yang berhasil menciptakan perusahaan online yang inovatif di berbagai belahan dunia. Proyek yang dimiliki oleh Rocket Internet adalah Groupon, Zalando, eDarling, TopTarif dan lainnya.

Blibli
Blibli.com juga merupakan salah satu E-commerce di Indonesia dengan konsep shopping mall online. Blibli merupakan anak perusahaan pertama di bidang digital dari PT Global Digital Niaga, Grup Djarum yang berdiri pada tahun 2010. Blibli mempuyai kantor pusat yang berkedudukan di Jakarta Barat dengan biaya infrastruktur mencapai hampir Rp 100 miliar untuk kebutuhan seperti jaringan dan server.


Blibli bekerja sama dengan penyedia teknologi kelas dunia, mitra logistik, mitra perbankan dan mitra dagang dengan standar tertentu untuk menciptakan sistem back-end yang sesuai dengan kebutuhan pengguna blibli. Saat ini Grup Djarum melalui Global Digital Prima Ventures (PDB) misalnya, mendirikan sebuah inkubator bernama Merah Putih Inc, sebuah inkubator start up berbasis komunitas lokal dan memberikan bantuan modal untuk permulaan lokal yang inovatif. Kantor pusat Blibli berkantor pusat di Jakarta Barat dengan biaya infrastruktur seperti server dan jaringan mencapai hampir Rp 100 miliar.

Situs Belanja Online di Indonesia

Tokopedia
Tanggal 6 Februari 2009 adalah didirikannya PT Tokopedia dan baru dilaunching secara resmi  ke publik pada tanggal 17 Agustus 2009. Seperti diketahui, Tokopedia.com adalah salah satu mal online di Indonesia yang mengusung model bisnis pasar. Layanan dasar Tokopedia bisa dinikmati oleh semua orang secara free sejak diluncurkan hingga akhir 2015.

Tokopedia berhasil menjadi salah satu perusahaan internet Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat. Tokopedia juga berhasil menjadikan sejarah sebagai perusahaan teknologi pertama di Asia Tenggara yang mendapat investasi sebesar USD 100 juta atau sekitar Rp 1,2 triliun dari Sequoia Capital dan SoftBank Internet and Media Inc.

Elevenia
Elevenia yang beroperasi di bawah naungan PT XL Planet, merupakan situs belanja online yang masuk daftar toko online yang memberikan kemudahan dan keamanan untuk berbelanja. Elevenia menerapkan konsep open marketplace di indonesia yang memberikan kenyamanan dan keamanan berbelanja. Situs ini menawarkan berbagai macam produk untuk para pecinta belanja online.

Teratat bahwa Elevania menawarkan lebih dari 2 juta produk dari 16.000 penjual yang terbagi dalam 8 kategori diantaranya: fashion, kecantikan, kesehatan, bayi, anak-anak, rumah, kebun, gadget, komputer, elektronik, olahraga, hobi, pelayanan, makanan. Dan bulan Februari tahun lalu, toko ini telah berhasil menambahkan penjualnya menjadi lebih dari 23.000 penjual dan melisting 2 juta produk.

Selain itu, mereka juga mampu meraih pendapatan 250 miliar rupiah pada 2014. Pada tahun kedua, elevenia menargetkan bisa meraih pendapatan Rp. 1,1 triliun.


Matahari Mall
Diluncurkan pada tanggal 9 september 2016 dan merupakan situs belanja online yang masih baru. Mataharimall.com adalah merupakan versi online dari salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia, yakni Matahari Departemen Store. Mataharimall.com akan menjadi e-commerce asli Indonesia, dan akan menjadi yang terbesar sekaligus terlengkap. Jhon Riyadi selaku Direktur Grup Lipo menjelaskan, Grup Lippo telah menginvestasikan dana sebesar US$ 500 juta atau setara dengan Rp 6,5 triliun untuk operasional mataharimall.com selama 2-3 tahun ke depan.

Shopee
Shopee adalah e-commerce bentukan perusahaan asal Singapura Garena. Namun Shopee bisa dibilang belum lama terjun dalam pertempuran e-commerce di Indonesia. Yang membuat pelanggan sangat tertarik untuk belanja ataupun berjualan di situs ini adalah adanya fitur yang berbeda dari Shopee yakni bisa chit-chat dulu antara penjual dan pembeli. Banyak pembeli sangat tertarik untuk berbelanja di Shopee karena sekarang ongkos kirim masih gratis. Lewat kesempatan ini banyak penjual yang membuka bisnis toko online di situs itu.

Bukalapak
Bukalapak yang dimiliki dan dijalankan oleh PT. Bukalapak ini merupakan salah satu pasar online terkemuka di Indonesia. Sama seperti situs jual beli dengan model bisnis consumer-to-consumer (C2C), Bukalapak memberi sarana kepada pengguna untuk menjual ke konsumen di mana saja.

Siapapun termasuk Anda, dapat membuka lapak online di sini lalu mulai memberikan pelayanan kepada calon pembeli dari seluruh wilayah yang ada di Indonesia baik per unit maupun dalam jumlah banyak. Pengguna perorangan atau perusahaan dapat membeli dan menjual produk, baik yang baru maupun yang bekas, seperti sepeda, telepon genggam, perlengkapan bayi, gadget, aksesori, komputer, peralatan rumah tangga, pakaian, barang elektronik, dan lain-lain.


Zalora
Zalora Indonesia adalah situs belanja online yang menyediakan kebutuhan busana fashion yang terdiri dari berbagai merk produk, baik lokal maupun internasional. Pelanggan yang berbelanja melalui situs ini tidak dikenai biaya kirim ke seluruh Indonesia dan garansi pengembalian jika pelanggan tidak puas dengan produk yang mereka terima.

Zalora Indonesia ini merupakan bagian dari Zalora Group yang didirikan oleh Catherine Sutjahyo pada tahun 2012. Zalora adalah anak perusahaan dari situs belanja online Zalando. Zalando adalah proyek Internet Rocket. Di Indonesia Zalora berada di bawah naungan dan dikelola oleh PT Fashion Eservices Indonesia.

Qoo10
Qoo10 merupakan perusahaan joint venture dari eBay dan pasar online Korea Gmarket, yang saat ini masih berkibar di 6 negara yaitu Indonesia, Singapura, Jepang, Malaysia, China dan Hong Kong. Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, Qoo10 berkinerja baik di Indonesia, dengan lebih dari 400.000 anggota terdaftar dan 10.000 Penjual.

Blanja
Blanja.com merupakan toko online atau marketplace yang aman murah, dan terpercaya. Website jual beli ini merupakan joint venture antara Telkom Indonesia dan eBay yang berlindung di bawah payung PT. Metra Plasa dan sudah memiliki lebih dari ribuan merchant yang menawarkan berbagai produk dari berbagai kategori seperti fashion, gadget, komputer, perawatan kesehatan, otomotif, properti dan masih banyak lagi.

Toko online Blanja ini mempunyai aplikasi untuk smartphone. Sedangkan untuk sistem paymentnya amat gampang dan lengkap karena memiliki hubungan kerjasama dengan beberapa bank terkemuka seperti Mandiri, BNI, BCA, BRI, BTN, Mega, Niaga, ANZ, BII, dan sebagainya.


Bhinneka
Bhinneka.com adalah toko online e-commerce perintis online yang telah berkembang dan berkembang menjadi situs e-commerce terbesar di Indonesia.

Alfacart
Toko online ini membuat sebuah gebrakan dalam industri ritel di Indonesia, untuk mensuplai kebutuhan masyarakat Indonesia dengan cara berbelanja yang nyaman. Menyediakan berbagai keperluan pribadi dan keluarga untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari, seperti peralatan dapur, hobi & gaya hidup untuk kesehatan & kecantikan.

Dimulai dengan nama Alfaonline.com pada 18 Februari 2013, dikembangkan oleh Alfamart sebagai alternatif jalur belanja. Pada April 2015 mengubah entitasnya dan berlindung di PT Sumber Trijaya Lestari, sebagai anak perusahaan PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart), dan Mei 2016 berubah nama menjadi Alfacart.com. Hingga saat ini Belanja Online menjadi semakin dekat, belanja online bisa dari mana saja, kapan saja, bisa diakses dengan aplikasi desktop atau mobile.

Alfacart.com juga merupakan salah satu jaringan e-commerce support terbesar, terintegrasi dengan toko-toko Alfamart di seantero Indonesia yang memungkinkan semua kalangan dari kota-kota besar hingga sudut pelosok menikmati kenyamanan belanja online.

Berrybenka
Berrybenka awalnya adalah situs belanja produk fashion wanita. Namun saat ini toko online ini pun menjual produk fashion buat lelaki serta bekerja sama dengan produsen lokal. Bagi anda yang ingin menjual produk fashion anda sendiri untuk diri sendiri atau ingin menjual produk lokal Berrybenka adalah situs yang tepat untuk menjual produk anda. Dengan cara mendaftarkan merek Anda, produk Anda sudah dapat ditampilkan di situs.

Berrybenka baru-baru ini mendirikan sebuah toko offline yang tersebar di beberapa mal di Jakarta dan menjual produknya sendiri.

Dari hasil riset di atas menunjukkan bahwa toko Lazada memimpin pangsa pasar dengan 21,2 juta pengunjung unik tiap bulan, sementara Tokopedia memimpin pasar dengan angka 14,4 juta. Selama kuartal pertama dan kedua, lima e-Commerce dengan pengunjung paling unik rata-rata mengalami pertumbuhan 97 persen.

Matahari Mall memiliki pertumbuhan tertinggi sebesar 201 persen. Pertumbuhan rata-rata lima pasar dengan pengunjung paling unik mencapai 289 persen. Shopee juga berhasil memimpin untuk durasi rata-rata per tampilan 16 menit, dengan pertumbuhan 767 persen dalam setengah tahun.

Nantikan artikel lainnya tentang ;
- situs jual beli online terpercaya
- toko online terpercaya
- daftar toko online resmi
- situs belanja online resmi
- toko online terbaik dan termurah
- daftar toko online indonesia
- situs belanja online bayar ditempat
- situs jual beli online penipu

Sumber :
https://ngonoo.com/2015/09/151005/15-situs-belanja-online-terpopuler-dan-terpercaya-di-indonesia/
http://tekno.liputan6.com/read/3068210/ini-10-toko-online-terbaik-di-indonesia
https://www.centerklik.com/10-toko-online-terbaik-dan-populer-di-indonesia/
https://www.klikmania.net/toko-online-terbaik/
https://ukirama.com/blogs/12-situs-penjualan-online-terpopuler-di-indonesia-tahun-2017


Back To Top