PO Artinya dalam Belanja Online



PO artinya dalam Belanja Online - Pada waktu berbelanja secara online, seringkali kita mendapatkan pesan dari penjual yang menggunakan istilah PO. Bagi yang telah berkutat dengan dunia online, istilah PO memang telah tidak asing lagi. Namun gimana dengan yang baru mengawali belanja online, pasti bingung dengan arti PO kalau mendapat pesan tersebut.

Pada dunia digital atau internet, arti PO sendiri mempunyai beragam makna, tergantung konteks atau isi dari pokok bahasannya. Namun  buat toko online sendiri, arti PO adalah singkatan dari pre-order. Istilah ini dipakai pada waktu barang yang ingin kita beli mesti dilakukan pemesanan lebih dahulu, sebab barang belum ready stock.

Jadi pada saat Anda menemui ada seller yang mempromosikan produk dagangan dengan menyebut kalimat contohnya “barangnya PO ya Sist..” hal itu berarti kita memesan serta membayar produk yang kita inginkan terlebih dahulu.

Mengapa ada penjual yang mempromosikan serta menjual barangnya dengan cara PO? Hal ini berkaitan dengan ketersedian barang yang biasanya hanya ada dalam jumlah terbatas atau eksklusif. Selain itu, penjualan produk secara pre-order pun memiliki beberapa keuntungan, yaitu:

Dengan cara pre-order, Sobat sebagai pembeli bakal digaransi memperoleh barang yang diinginkan serta tak bakal kehabisan stock. Umumnya, pihak penjual akan mengutamakan untuk mengirimkan produk ke pembeli yang lebih dahulu melakukan PO.

Dalam beberapa kesempatan, biasanya penjual bakal membanderol harga produk dengan lebih murah dibanding harga dengan pembelian normal. Selain itu, penjulaan dengan cara PO umumnya akan diberikan bonus-bonus tertentu, ini seringkali ditemui apabila terdapat barang-barang yang baru dirilis.

Walau memiliki berbagai keuntungan, pembelian dengan cara pre-order kurang cocok jika Anda amat memerlukan produk tersebut dalam waktu dekat. Sebab hal ini berhubungan dengan tujuan pengiriman barang yang kadang-kadang lebih lama dari biasannya lama pengiriman.

Jadi, bagaimana dengan Sobat? Telah paham kan apa arti PO yang selama ini Anda kerap temui ketika berbelanja online, khususnya pada waktu ada yang mempromosikan produk lewat sosmed?

Walau banyak istilah PO yang ada di internet, misal Payout atau Purchase Order namun  sesuai dengan konteks bahasan kita saat ini, pengertian PO yang berhubungan dengan belanja online yang sering ditemui di grup jual beli di sosial media adalah pre-order.

po artinya dalam belanja online


Fungsi PO
Sistem PO memang memiliki fungsinya sendiri dalam hal belanja online. Dalam hal ini, setiap pembeli harus mengikuti semua persyaratan yang dibuat oleh seller saat ia Open PO, untuk open PO artinya seller mulai membuka order dan untuk Close PO berarti order sudah berakhir.

Jika berbelanja online dengan sistem PO, pembeli biasanya diharuskan mengisi formulir yang telah disiapkan pembeli mulai dari Alamat Lengkap, Nama Lengkap, Produk, Nomor Produk, Nomor Telepon.

Itulah beberapa hal ketika anda sedang membuka PO atau membeli barang dengan cara PO, dalam hal ini anda harus mengisi dengan benar karena data akan diinput untuk kelanjutan pembelian anda.

Manfaat PO
Dengan menggunakan sistem PO (Purchase Order) atau Pre Order sangat banyak manfaatnya baik bagi penjual maupun pembeli. Untuk kepentingan penjual akan lebih mudah dalam menginput data bagi pembeli tanpa harus dikejar waktu jika dibandingkan ke ready stock. 

Nantinya penjual hanya perlu mengemas barang sesuai dengan data yang sudah diinput sebelumnya, agar tidak terjadi hal-hal seperti produk yang salah atau pengiriman yang salah.

Sedangkan keuntungan sebagai pembeli juga banyak, yang bisa dipastikan jika produk yang Anda pilih sudah dipesan. Kemudian untuk kualitas pengiriman dan pengepakan akan lebih aman karena sudah ada invoice dari penjual langsung. 

Hanya saja jika pengguna Pre Order adalah pembeli, jangan harap barang atau produk segera dikirim, karena di PO akan ada ketentuan kapan barang dikirim dan beberapa hal lainnya.

Tema lain yang sering dicari :
- po singkatan dari perusahaan
- apa itu po bahasa gaul
- cod artinya
- contoh open po
- arti open order sista
- arti po bus
- dp po artinya
- arti po dan bo

Sumber :
https://www.recode.id/arti-po-saat-belanja-di-online-shop/


Back To Top