Minimal Belanja COD di Shopee



Berapa minimal belanja cod di Shopee ? Fitur COD Shopee ini dirilis sekitar awal tahun 2019. Artinya ribuan pengguna Shopee telah menikmati manfaat fitur ini baik bagi penjual maupun pembeli di aplikasi Shopee.

COD (Cash On Delivery) adalah metode pembayaran yang dilakukan antara penjual dan pembeli secara tunai pada saat pesanan tiba.

Namun, sistem COD di pasar online sebenarnya tidak mempertemukan penjual dan pembeli secara langsung karena terbatasnya jarak dan jangkauan pemasaran. Oleh karena itu, pasar bekerja sama dengan layanan pengiriman untuk menerima pembayaran tunai dari pembeli.

Keuntungan Belanja COD di Shopee

Dengan sistem COD, berbagai keuntungan bisa dirasakan baik bagi penjual maupun pembeli. Khusus di Shopee, keunggulan sistem pembayaran COD bagi para pembeli ini antara lain:

Mudah & Cepat

Alasan pertama kenapa memilih COD sebagai metode pembayaran saat berbelanja di Shopee tentunya adalah kemudahan dan kecepatannya.

Jika sebelumnya Anda harus membayar melalui ATM Transfer atau melalui merchant, kini Anda tinggal menyiapkan uang yang bisa langsung Anda serahkan ke kurir saat pesanan Anda tiba. Tentunya hal ini akan menghemat pengeluaran Anda saat membeli produk yang Anda inginkan di Shopee.

Mengetahui Kondisi Produk Langsung Sebelum Membayar

Keunggulan kedua COD adalah Anda bisa melihat langsung kondisi produk yang Anda beli. Jika Anda merasa produk yang Anda beli sesuai, maka Anda dapat membayarnya, jika tidak Anda dapat memilih untuk mengembalikan produk tersebut kepada penjual.

Namun, ini tidak berlaku untuk produk dalam kemasan. Anda tidak diperbolehkan membuka kemasan sebelum membayar produk. Namun Anda tetap bisa mengembalikannya jika produk tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan pembeli.

Pembayaran Tunai

Biasanya bagi siswa yang belum memiliki KTP dan rekening bank sendiri akan kesulitan untuk belanja online. Namun dengan sistem COD, kini Anda dapat berbelanja online secara tunai tanpa transfer melalui rekening bank.

Anda hanya perlu memastikan bahwa Anda memiliki cukup uang dan membayar pesanan Anda saat kurir tiba. Selain itu, memilih COD sebagai metode pembayaran Shopee tidak menambah biaya layanan untuk layanan pengiriman yang Anda pilih.

Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dengan pembayaran COD Shopee ini adalah memfasilitasi kerjasama antara penjual dan pembeli satu lokasi yang berdekatan karena bisa bertemu langsung, mengurangi risiko penjual yang tidak bertanggung jawab dalam menjual dan mengirim produk ke pembeli serta meningkatkan kepercayaan pembeli pada penjual (seller).

Kekurangan Belanja COD di Shopee

Ada keuntungan, pasti juga ada kekurangannya. Apa saja kekurangannya ?

COD Shopee Tidak Dibayar

Salah satu kendala yang sering dihadapi seller saat mengaktifkan fitur COD adalah berhadapan dengan pembeli yang nakal.

Pembeli tipe ini dengan mudah check-out. Namun ketika pesanan dikirimkan, ternyata yang bersangkutan tidak memiliki uang untuk membayar pesanan tersebut atau tiba-tiba ingin membatalkan karena faktor lain.

Ternyata masih banyak pelanggan online yang kurang paham tentang kegunaan fitur ini. Dengan kasus COD Shopee ini, ujung-ujungnya si penjuallah yang merugi karena barangnya tidak laku, dan harus menanggung ongkos kirim untuk pengembalian pesanan.

Syarat dan Ketentuan Belanja COD Shopee

Sebelum kamu berbelanja COD di Shopee pastikan kamu sudah membaca syarat dan ketentuan belanja COD Shopee. Jika tidak memenuhi syarat, sipastikan Sobat akan mendapatkan notifikasi bahwa fitur COD tidak didukung Shopee, pada transaksi tersebut.

Belanja Minimal

Untuk menggunakan pembayaran COD ini (Bayar di Tempat) Anda harus merogoh kocek minimal Rp 50.000 dan maksimal Rp 3.000.000.

Artinya pembelian di bawah 50 ribu rupiah tidak bisa menggunakan fitur COD Shopee ini. Caranya, kamu bisa membeli beberapa produk dalam satu toko untuk mencapai minimal pembelian dengan sistem COD Shopee ini.

Jasa Pengiriman

Fitur Shopee COD saat ini hanya mendukung 3 layanan pengiriman, yaitu J&T Express, Shopee Express dan JNE (Pengiriman dari luar negeri).

Jaminan pengiriman produk hanya berlaku untuk J&T Express. Jika Anda sedang berbelanja, pastikan Anda memilih salah satu layanan pengiriman tersebut. Jangan lupa sesuaikan pengguna voucher free shipping atau voucher cashback yang Anda gunakan.

Biaya Tambahan

Setelah pembaruan fitur COD Shopee mulai 20 Maret 2020. Shopee mengenakan biaya penanganan tambahan untuk setiap pembelian produk Shopee menggunakan metode pembayaran COD. Besaran biaya penanganan ini adalah 2% untuk pembeli reguler dan 8% untuk pembeli dengan sistem Dropship.

Cara Menemukan Produk Yang Mendukung COD di Shopee

Ada tiga cara untuk mengetahui produk apa saja yang mendukung pembayaran di tempat (COD) ini. Berikut 3 cara:

Menggunakan kata kunci

Buka aplikasi Shopee, lalu cari produk yang ingin kamu beli menggunakan kata kunci pada kolom pencarian. Setelah itu klik fitur COD di bagian atas pencarian. Shopee akan otomatis menampilkan semua produk yang mendukung COD.

Pencarian filter

Buka aplikasi Shopee. Kemudian di pojok kanan atas klik Pencarian filter. Kemudian di metode pembayaran Anda akan menemukan COD (Pay On Place). Klik Gunakan untuk mengaktifkan filter COD. Kemudian temukan produk yang Anda inginkan.

Fitur pencarian Shopee

Cari produk yang Anda inginkan melalui fitur pencarian Shopee. Kemudian lihat bagian detail produk bertanda COD (Pay On Place).

Minimal Belanja COD di Shopee


Cara Belanja di Shopee COD Bagi Pemula

Sebelum berbelanja COD Shopee, kamu harus memastikan bahwa produk yang akan kamu beli mendukung fitur COD. Jika iya, maka simak cara belanja Shopee COD melalui aplikasi dan website berikut.

Cara berbelanja COD melalui aplikasi Shopee

Buka aplikasi Shopee. Kemudian cari produk COD Shopee yang ingin Anda beli. Setelah itu klik Add to Shells jika ingin membeli beberapa produk COD sekaligus atau Buy Now jika ingin membeli satu produk.

  • Cari Produk Shopee
  • Klik Checkout.
  • Isi alamat pengiriman dan nomor HP yang masih aktif dan bisa dihubungi.
  • Di Opsi Pengiriman, pilih J&T Express Shipping Services.
  • Pilih Layanan Pengiriman COD
  • Pilih Metode Pembayaran COD (Pay On Place). Klik Konfirmasi.
  • Klik Gunakan Voucher, masukkan Voucher Cashback atau Voucher Gratis Ongkos Kirim yang Anda miliki.
  • Kemudian Klik Buat Pesanan.
  • Periksa Riwayat Pesanan
  • Tunggu pesanan Anda dikirim oleh penjual.


Cara berbelanja COD melalui situs Shopee

Berikut langkah-langkah belanja COD di Shopee melalui website Shopee:

  • Buka website Shopee.co.id. lalu masuk menggunakan nama pengguna & kata sandi Shopee Anda.
  • Setelah berhasil login. Temukan produk COD Shopee yang Anda inginkan. Kemudian Tambahkan ke Troli / Beli Sekarang.
  • Kemudian klik Checkout.
  • Di halaman pembayaran, isi alamat pengiriman. Kemudian pilih layanan pengiriman, lalu masukkan voucher pengiriman gratis yang Anda miliki.
  • Klik Metode Pembayaran. Pilih metode pembayaran COD (Pay On Place). Klik Konfirmasi.
  • Terakhir, klik Buat Pesanan.
  • Periksa Riwayat Pesanan untuk melihat status pesanan Anda. Pastikan status berubah menjadi "Packed".
  • Tunggu pesanan Anda dikirim oleh penjual.


Tips Belanja COD di Shopee

Karena kesederhanaannya, banyak pembeli Shopee yang meremehkan metode pembayaran COD ini. Perlu Anda ketahui bahwa menolak atau mengembalikan pesanan dapat menyebabkan fitur COD di akun Shopee Anda diblokir secara permanen. Untuk menghindari hal tersebut, berikut tips berbelanja COD yang wajib Anda pahami:

  • Sebelum melakukan pemesanan, konfirmasikan deskripsi produk sedetail mungkin kepada penjual agar nantinya saat produk ada di tangan Anda sesuai dengan deskripsi.
  • Pastikan Anda memasukkan alamatnya sejelas mungkin. Catat RT, RW, nomor rumah dan ciri-ciri rumah sehingga kurir tidak mendapatkan kesulitan menemukan lokasi Anda.
  • Masukkan nomor handphone yang bisa dihubungi dan masih aktif. Hal ini memudahkan kurir untuk menghubungi Anda ketika bingung mencari alamat Anda.
  • Jika produk tidak sesuai dan Anda ingin mengembalikannya, konfirmasi kembali kepada penjual (Seller).
  • Setelah Anda menerima produk dan Anda puas dengan produknya, selalu berikan ulasan terbaik untuk mendukung penjual agar mendapatkan kepercayaan dari pengguna Shopee lainnya.

Cara Mengaktifkan COD di Shopee

Penjual dapat mengaktifkan sistem pembayaran Cash on Delivery melalui aplikasi seluler, atau Seller Center di desktop. Untuk mengaktifkan fitur Cash on Delivery atau bayar di tempat melalui aplikasi, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Shopee Anda
  • Pilih tab Saya> Toko Saya
  • Di bagian My Services, centang ekspedisi J&T, lalu tap ikon (i) untuk membuka opsi COD
  • Klik Activate COD dengan mengubah tombol menjadi hijau
  • Menyimpan

Adapun jika mau mengaktifkan fitur COD di Seller Center, berarti langsung membuka situs Shopee untuk Penjual di https://seller.shopee.co.id/. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pilih Pengaturan Toko> Layanan Pengiriman Saya
  • Aktifkan J&T Ekspress, atau ekspedisi lain yang mendukung sistem pembayaran COD Shopee untuk penjual. Lanjutkan dengan mengaktifkan tab 'Activate COD'
  • Menyimpan

Kunci untuk mengaktifkan sistem pembayaran COD ada di pengaturan ekspedisi yang sebenarnya. Dengan mengaktifkan menu COD pada ekspedisi yang dipilih, sistem COD Anda sudah aktif.

Cara Menonaktifkan Sistem COD Shopee

Bertentangan dengan tutorial di segmen sebelumnya, tentu ada juga cara untuk menonaktifkan sistem pembayaran COD Shopee. Untuk menonaktifkan sistem COD Shopee, Anda perlu melakukan hal sebaliknya. Yaitu melalui Seller Center dan lakukan langkah-langkah berikut:

  • Pilih Pengaturan Toko> Layanan Pengiriman Saya
  • Masukkan setelan ekspedisi J&T Ekspress atau ekspedisi lain yang mendukung COD
  • Nonaktifkan tab COD
  • Menyimpan

Cara Belanja di Shopee Gratis Ongkir dan COD

Untuk mendapatkan gratis ongkos kirim di Shopee salah satu syaratnya adalah berbelanja dengan nilai minimal belanjaan tertentu sekitar 50 ribu, 90 ribu, 120 ribu, atau 150 ribu, maka Anda bisa mendapatkan ongkos kirim gratis.

Nah, ketika Anda berbelanja di shopee shop yang mendukung pembayaran menggunakan COD atau bayar di rumah, dan Anda memenuhi persyaratan pengiriman gratis, maka Anda juga mendapatkan pengiriman gratis.

Misalnya jika Anda berbelanja seharga 150 ribu, maka Anda akan mendapatkan gratis ongkos kirim dari shopee.

Jika harga barangnya 160 ribu, lalu saat check out pilih metode pembayaran COD, dan dapatkan free ongkos kirim, maka uang yang harus Anda serahkan ke kurir adalah 160 ribu rupiah tadi saat Anda menerima barang. Tidak ada biaya ongkos kirim tambahan yang harus Anda bayarkan.

Kecuali jika ongkos kirimnya lebih dari 20 ribu atau melebihi nilai maksimal ongkos kirim di shopee, maka Anda harus membayar selisih ongkos kirim dan subsidi ongkos kirim shopee.

Misal ongkos kirim pakai J&T adalah 40 ribu rupiah, maka kita harus bayar sendiri ongkos kirim 20 ribu rupiah. Nilai biaya pengiriman yang ditanggung akan muncul di aplikasi shopee saat melakukan pemesanan dan akan ditambahkan ke harga item.

Dari contoh di atas, ketika Anda klik buat pesanan, maka tagihan dari Shopee akan muncul 180.000, dan inilah yang kita bayarkan kepada kurir jika Anda mendapat ongkos kirim.


Sumber : https://mahirtransaksi.com/cara-belanja-cod-di-shopee/, https://pandagila.com/cod-shopee/, https://riniisparwati.com/cara-beli-barang-di-shopee-bayar-ditempat-panduan-lengkap/,



Back To Top