Situs Belanja Online Paling Aman di Indonesia



Keberadaan internet sekarang sudah sampai pada masyarakat di desa dan kota, internet menyediakan berbagai fasilitas, manfaat, kenyamanan, bantuan kerja dan berbagai keperluan. Salah satu yang ada di internet adalah penjualan online, penjual yang menjajakan barangnya di sebuah situs, pembeli mengunjungi situs jual beli untuk mencari barang yang diperlukan, transaksi online via transfer bank dan barang dikirim melalui layanan pengiriman.

Menurut berbagai sumber, perkembangan e-commerce di Indonesia berkembang sangat pesat dan cepat. Harus diakui bahwa gaya hidup saat ini telah berubah secara signifikan. Misalnya, dalam beberapa tahun terakhir, aktivitas jual beli hanya populer dengan turun langsung ke pasar dan supermarket dan penjual bertatap muka dengan pembeli. Tapi sekarang, hanya dengan duduk manis di depan laptop atau smartphone Anda, kita bisa berbelanja dengan mudah dan cepat.

Selain murah, belanja online bisa menghemat waktu dan tenaga karena tidak perlu langsung ke penjual. Kita hanya perlu memesan dan bayar, maka barangpun akan dikirim ke alamat tujuan.

Saat ini, banyaknya situs penjualan online yang tampak seperti jamur di musim hujan. Dengan situs jual beli online, penjual bisa menawarkan produk yang lebih luas, bahkan mencapai skala internasional. Tapi tidak semua situs jual beli online yang benar dan jujur, tidak sedikit pula yang melakukan kecurangan di situs trading online, untuk menghindari kasus penipuan maka keberadaan penjual dan situs harus dilacak sebelum melakukan transaksi.

Untuk mendukung gaya hidup modern ini, banyak perusahaan pasar e-commerce yang sedang berkembang di Indonesia, berdiri dengan tujuan untuk menengahi antara penjual yang menjadi anggota pasar online dan pembeli yang menggunakan perusahaan aplikasi pasar online.

Cara kerjanya sederhana, perusahaan pasar online menyediakan layanan REKBER atau ESCROW untuk penggunanya. Apa itu REKBER? Rekber adalah Rekening Bersama, misalnya saat pembeli mentransfer uangnya, uangnya akan ditempatkan terlebih dahulu di perusahaan online, dan saat barang sudah sampai di pembeli, uang itu akan diberikan kepada penjual. Jadi, penjual tidak akan menerima uang sebelum barang sampai ke pembeli. Nah, itulah alasan mengapa Online Shop yang menggunakan sistem rekber itu sangat aman.

Berikut adalah beberapa situs belanja online paling aman di Indonesia, bebas dari penipuan:

Tokopedia
Didirikan sekitar tahun 2009, perusahaan toko online ini tidak asing lagi di Indonesia karena memiliki ratusan ribu penjual dan ribuan produk yang beragam. Kelebihan dari aplikasi ini adalah memiliki antarmuka pengguna yang sederhana sehingga menyenangkan mata dan mudah digunakan. Selain itu, harga yang ditawarkan produk cukup murah karena persaingan ketat antara penjual sebagai efek dari banyak penjual yang tergabung dalam Tokopedia.

Bukalapak
Didirikan sekitar tahun 2010, Bukalapak hadir sebagai toko online terbesar dan terpercaya di Indonesia. CEO Bukalapak, Achmad Zaky mengatakan, saat ini ada sekitar 150 hingga 200 ribu pelapak yang terus berkembang dengan jutaan produk dari berbagai kategori dengan harga bersaing. Bukalapak memberikan garansi uang kembali 100% jika barangnya tidak sampai ke tujuan.

Bukalapak adalah situs penjualan online teraman, penjual Bukalapak menjajakan barang dagangan, calon pembeli bisa memilih barang dagangan sesuai dengan spesifikasi dan harga yang ditawarkan, kapasitas penjual dapat dinilai dari umpan balik yang didapatnya, penjual yang memiliki 100% umpan balik tersebut adalah penjual jujur.

Untuk menjamin keamanan transaksi di Bukalapak, dilakukan secara tidak langsung antara penjual dan pembeli, yakni melalui pihak Bukalapak melalui fasilitas buka dompet. Setelah memilih barang, pembeli bisa langsung melakukan pembelian dan transfer uang jumlah barang harga dan ongkos kirim ke rekening buka dompet, setelah pembeli mentransfer uang maka penjual harus segera mengirimkan barangnya.

Pengiriman selambat-lambatnya 4 hari setelah pesanan pembeli, pengiriman harus dibuktikan dengan diterimanya pengiriman dari alamat penjual ke pembeli. Jika dalam waktu 4 hari tidak ada pengiriman barang, maka akan dibatalkan dan uangnya akan dikembalikan oleh Bukalapak ke rekening pembeli.

Penjual akan menerima dan menarik uang dari pembukaan dompet ke rekening penjual setelah pembeli mengkonfirmasikan bahwa barang telah diterima dalam kondisi baik dengan spesifikasi seperti penjual yang dijual di lapaknya.

Jika pembeli tidak mengkonfirmasi penerimaan, uang tersebut dapat dicairkan setelah Bukalapak memeriksa status pengiriman barang dari kurir, jika status kiriman telah diterima pembeli maka dalam waktu 2 hari uang dapat dicairkan bahkan jika penjualnya. tidak mengkonfirmasi penerimaan barang.

Lazada
Lazada adalah anggota grup Lazada yang bertujuan untuk menjadi perusahaan online nomor satu di Asia Tenggara. Lazada juga tersedia di beberapa negara seperti Filipina, Malaysia, Thailand dan Vietnam. Lazada pantas menjadi toko online favorit karena memiliki banyak barang dari dalam negeri dan luar negeri.

Elevania
Toko online termuda ini layak diselaraskan dengan toko online di atas karena memiliki beragam produk dan banyak promosi diskon yang berlangsung setiap hari. Dengan promosi yang bagus, Elevania juga mencatat pertumbuhan yang sangat pesat di awal debutnya.

Qoo10 Indonesia
Perusahaan yang berbasis di Singapura ini sudah cukup lama berada di dunia e-commerce Indonesia. Qoo10 adalah Joint Venture Company antara raksasa Ebay dan GMarket dari Korea Selatan.

Bhinneka
Bhinneka adalah situs perdagangan online yang andal, kualitas barang tidak diragukan lagi karena merupakan barang sendiri, barang asli dengan garansi resmi. Bhinneka juga bekerja sama dengan pihak lain dari luar untuk menawarkan barang di situs Bhinneka. Pihak luar yang telah menjalin kerja sama dengan Bhinneka, sebagian besar merupakan distributor besar dan bukan pedagang kecil.

Awalnya Bhinneka hanya menjual peralatan komputer baik hardware maupun software dan aksesoris komputer, namun menurut perkembangan, Bhinneka juga menjual berbagai barang lainnya. Membeli dan menjual transaksi secara langsung antara pembeli dengan Bhinneka melalui transfer bank ke akun Bhinneka. Keberadaan Bhinneka yang telah lama membuat kepercayaan Bhinneka sebagai situs penjualan dan penjualan yang jujur

Selain melakukan penjualan barang di situs online, Bhinneka juga mempunyai tokonya sendiri. Bhinneka adalah situs jual beli online yang disarankan, tapi sebelum melakukan transaksi akan lebih baik jika penjual pertama kali melihat apakah Bhinneka atau pihak lain menyukai distributor? Ini akan mempengaruhi ketentuan.

Itulah daftar situs belanja atau toko online resmi ( e-commerce), termurah, terbaik dan terpercaya dan juga aman di Indonesia.  (Sumber : Septian dan Bizril)


Back To Top