Arti COD dalam Belanja Online



Arti cod dalam belanja online

Cash on delivery (COD) adalah jenis transaksi dimana penerima melakukan pembayaran dengan baik pada saat pengiriman. Jika pembeli tidak melakukan pembayaran saat barang terkirim, maka barangnya dikembalikan ke penjual. Penerima dapat melakukan pembayaran secara tunai, cek bersertifikat atau wesel, tergantung pada kontrak pengiriman apa yang ditetapkan.

Jenis transaksi ini biasanya terjadi melalui perusahaan pengiriman dan memungkinkan penjual dan pembeli produk meminimalkan risiko kecurangant. COD memungkinkan pembeli membayar pada saat pengiriman daripada harus membayar dimuka. Pembeli mengirimkan pembayaran ke perusahaan pengiriman, yang kemudian mengirimkann pembayaran kembali kepada penjual.

Keuntungan dan Kerugian Transaksi COD

Bagi konsumen tanpa kartu kredit, pembelian COD menawarkan cara mudah untuk memesan barang secara online atau melalui pos. Transaksi berisiko rendah bagi pembeli karena dia tidak membayar sampai dia menerima produk dalam kondisi memuaskan.

Transaksi COD juga melindungi pembeli dari penipuan oleh penipu online yang sering berpose sebagai pelaku bisnis yang sah untuk mengumpulkan informasi kartu kredit untuk penggunaan ilegal. Dalam pembelian COD, pembeli tahu bahwa barang dagangan harus benar-benar ada sebelum dia perlu membayar uang.

Namun, pilihan pembayaran COD dapat menyebabkan beberapa konsumen melakukan pembelian yang tidak bijaksana karena kemudahan pemesanan online dan kemampuan untuk menunda pembayaran sampai pengiriman.

Di sisi pedagang, adanya opsi pembayaran COD dapat meningkatkan kepercayaan pembeli terhadap perusahaan baru yang belum memiliki brand yang kuat. Hal ini dapat menyebabkan lebih banyak pelanggan dan peningkatan penjualan.

Sebagai tambahan, karena transaksi COD tidak melibatkan kartu kredit, pedagang menghemat uang untuk biaya transaksi kartu kredit. Pedagang bisa melewatinya bersama konsumen dalam bentuk harga yang lebih rendah.

Selain menikmati manfaat transaksi COD, pedagang yang menawarkan opsi pembayaran ini harus siap menanggung risiko tertentu. Karena konsumen mungkin menolak pengiriman saat barang tiba, penjual mungkin akan menanggung biaya pengiriman untuk barang yang dikembalikan. Penundaan dalam pengiriman atau kesulitan mengkoordinasikan waktu pengiriman dengan pembeli juga dapat mengakibatkan menunggu pembayaran yang membuat frustrasi para pedagang.

Transaksi COD juga populer di kalangan konsumen muda yang belum memiliki kartu kredit dan konsumen yang tidak memiliki sarana pembayaran barang secara online.

Sementara itu menurut Wikipedia, Cash on delivery (COD) terkadang disebut collect on delivery, adalah penjualan barang melalui mail order dimana pembayaran dilakukan saat pengiriman bukan di muka. Jika barang tidak dibayar, maka barang dikembalikan ke penjual.

Awalnya, istilah tersebut hanya berlaku untuk pembayaran secara tunai tetapi karena bentuk pembayaran lainnya menjadi lebih umum, kata "uang tunai" kadang-kadang diganti dengan kata "collect" untuk memasukkan transaksi melalui cek, kartu kredit atau kartu debit.

Kelebihan COD untuk pengecer online atau mail order adalah:
  • Pelanggan tidak perlu memiliki kartu kredit untuk membeli
  • Pembelian dapat meningkat karena pembayaran tidak dilakukan pada saat pemesanan
  • Kredibilitas penjual dapat ditingkatkan karena konsumen hanya harus membayar saat barang dikirim

Kerugian utama bagi penjual adalah bahwa lebih banyak pesanan akan dikembalikan karena pembeli kurang berkomitmen untuk membeli daripada jika mereka telah membayar di muka.

Sebagian besar operator memberlakukan batasan jumlah uang yang dapat dikumpulkan per pengiriman atau per hari dengan menggunakan layanan COD. Batas mungkin lebih tinggi untuk pembayaran non-tunai. Toko online Indonesia menerapkan batas pembayaran maksimal kisaran 2- 5 juta per transaksi untuk cod.

Di beberapa negara, COD tetap menjadi pilihan populer bagi penjual berbasis internet, karena jauh lebih mudah disiapkan untuk pengusaha kecil dan tidak mengharuskan pembeli memiliki kartu kredit. Banyak pengusaha kecil lebih memilih pembayaran tunai ini dan melewatkan pembayaran kartu kredit, karena menghindari biaya transaksi kartu kredit. Beberapa toko juga menawarkan diskon jika dibayar secara cod, karena mereka bisa menawarkan harga yang lebih baik kepada konsumen.

COD juga menjadi populer di Indonesia dan dipakai oleh penjual online yang sedang berkembang karena banyak orang lebih suka membayar tunai secara tradisional karena tidak ada risiko untuk tidak menerima produk dari penjual online saat pembayaran dilakukan sebelumnya. COD adalah metode pembayaran yang umum digunakan oleh banyak penjual online seperti Amazon.

Sebagian besar transaksi e-shopping di Timur Tengah juga memakai COD. Sekitar 60% transaksi online di UAE dan Timur Tengah dilakukan secara tunai pada pengiriman dan ini juga menyebabkan pertumbuhan perusahaan kurir yang menawarkan layanan COD.

Namun, di Timur Tengah, kasusnya sedikit berbeda karena perusahaan logistik dan pengiriman terbesar mereka, Aramex, menawarkan layanan COD dengan imbalan biaya yang sangat rendah, sehingga memudahkan pilihan dan memudahkannya untuk lebih memperkuat metode pembayaran COD. Namun Aramex juga mengeluh tentang jumlah pengembalian yang besar dalam pengiriman dari klien e-commerce mereka.

Itulah arti cod dalam online shop yang bisa Saya informasikan buat Anda. Semoga bermanfaat buat Anda semua.


Tag : cod
Back To Top