Tata Cara Belanja Online



Dengan internet, jumlah toko online dan teknologi ponsel pintar telah membuat belanja lebih mudah. Di masa lalu, untuk membeli sesuatu, kita harus meluangkan waktu untuk pergi ke toko, mal, dll. Kadang-kadang ini merepotkan, terutama jika Anda memiliki segudang kegiatan yang harus diselesaikan. Sekarang dengan munculnya teknologi, belanja menjadi lebih mudah tanpa harus pergi ke toko ketika melakukannya.

Sebelum Anda berbelanja online, Anda harus tahu tata cara belanja online dengan mudah di toko online. Dengan mengetahui cara berbelanja online, diharapkan Anda terhindar dari penipuan dan mendapatkan barang yang Anda inginkan. Meskipun setiap situs belanja online memiliki prosedur dan aturannya sendiri, berikut ini adalah prosedur yang umumnya diterapkan.
  • Pastikan toko online atau situs perdagangan online yang Anda pilih memiliki reputasi dan kredibilitas yang baik. Ada beberapa karakteristik dari toko online tepercaya, misalnya: melampirkan alamat atau nomor telepon yang dapat dihubungi. Bagaimana mendapatkan kepastian apakah toko online itu dipercaya atau tidak, maka Anda bisa bertanya kepada mereka yang telah berbelanja atau melalui testimoni. Periksa siapa penjual barang yang akan Anda beli secara online. Mungkin nama toko besar yang sudah "ada" di internet dengan reputasi baik, tidaklah bermasalah. Tapi mungkin ada sejumlah toko yang mungkin baru terdengar di telinga Anda. Periksa alamat sebenarnya, nomor telepon dan kontak penjual. Dianjurkan, toko online tersebut berdomain TLD dan tidak memakai subdomain. Ini, tidak berarti bahwa toko dengan subdomain tidak dapat dipercaya, hanya saja untuk ukuran toko online di internet, tidak dapat mengeluarkan dana untuk pembelian domain dan hosting selama setahun adalah keterlaluan.  
  • Sebelum melakukan pemesanan, Anda harus terlebih dahulu melihat produk atau barang yang dijual. Baca dengan seksama deskripsi barang yang dijual. Berkomunikasi dengan penjual tentang semua informasi yang terkait dengan transaksi. Untuk memeriksa keberadaan penjual, ada baiknya untuk menghubungi melalui telepon jika berada di kota yang sama. Kontak  melalui email atau mengundang obrolan online melalui messenger. Sebagian besar toko online atau penjual individu akan menyediakan id messenger mereka. Berkomunikasilah sebelum Anda akan mengeluarkan uang Anda pada seseorang yang baru saja Anda kenal untuk mendapatkan barang / jasa. Tanyakan tentang metode pembayaran, pengiriman, garansi, alamat penjual, dan lainnya.
  • Carilah barang berkualitas baik dengan harga pantas, artinya jangan terlalu terpaku dengan foto dan informasi, karena dua hal ini dapat dimanipulasi. Misalnya, Anda akan membeli 1 ponsel dengan harga 1 juta, padahal harga pasar dari ponsel yang sama berharga 3 juta dengan kondisi sama. Ini harus diwaspadai, apakah barang yang akan Anda beli benar-benar baru atau apakah barang bekas ? Pertanyaannya, mengapa barang-barang ini dijual dengan sangat murah jauh di bawah harga pasar ?
  • Untuk masalah harga, Anda harus mencari informasi terlebih dahulu harga barang di pasaran, jangan sampai barang yang Anda beli jauh lebih mahal. Seperti belanja konvensional, belanja online juga memiliki persaingan harga. Jadi jangan lupa untuk membandingkan harga antara satu toko online dan toko online lainnya.
  • Jika ada barang yang menarik perhatian tetapi ada beberapa hal yang ingin Anda tanyakan, Anda tidak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi sebelum membuat pesanan.
  • Pelajari dan pahami sistem pembayaran. Jika Anda berbelanja di situs jual beli, ada beberapa metode pembayaran yang digunakan, misalnya: transfer bank, kartu kredit, pembayaran langsung di tempat (COD) atau beberapa toko online menggunakan sistem pembayaran rekening bersama. Secara umum, pembayaran biasanya menggunakan transfer bank. Ini akan aman-aman saja jika Anda berurusan dengan toko online yang memiliki reputasi baik dan telah "online" untuk waktu yang lama. Jika toko online memiliki sistem pembayaran COD, maka itu lebih menguntungkan bagi Anda jika lokasi toko online Anda masih satu kota dengan Anda. 
  • Tanyakan kepada penjual tentang kelengkapan barang. Pastikan apakah barang tersebut sesuai dengan uraian yang dideskripsikan.
  • Menggunakan layanan pengiriman teraman untuk Anda. Perusahaan pelayaran domestik di Indonesia sangat banyak, tetapi ada sejumlah nama perusahaan yang dapat kita gunakan untuk mengirimkan barang-barang transaksi dan menjamin keamanan mereka. Untuk pengiriman dari luar negeri, ada beberapa nama yang dapat Anda percayai, beberapa di antaranya adalah DHL, UPS, EMS (via pos), dan Fedex. Biaya pengiriman juga bervariasi. Beberapa perusahaan yang disebutkan di atas memiliki sistem pelacakan yang dapat mempermudah kita sebagai pembeli dan penjual untuk mencari tahu di mana barang-barang kita sekarang.
Belanja mudah melalui halaman toko online atau situs jual beli dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan dan praktis. Hal itu jika Anda berhati-hati, Anda akan mendapatkan kepuasan yang tidak kalah dengan berbelanja di toko konvensional. Jika Anda tidak berhati-hati, bisa-bisa malah kena tipu.

Berikut ini adalah beberapa risiko yang Anda hadapi saat berbelanja online:

  • Penipuan karena melakukan pembayaran pada halaman web yang tidak aman.
  • Penipuan karena melakukan pembayaran menggunakan koneksi Wi-Fi yang tidak aman.
  • Toko online palsu, situs web palsu, dan penawaran email untuk produk atau layanan yang tidak ada.
  • Beli barang palsu dengan sengaja atau tidak sengaja, terima barang berkualitas buruk, atau kejahatan yang lebih serius lainnya.
  • Kehilangan uang saat melakukan pembayaran bank langsung untuk barang yang belum pernah dikirim.
  • Menerima barang atau layanan yang tidak sesuai dengan deskripsi di iklan.
  • Mendapatkan penawaran produk dengan harga tertentu berdasarkan informasi yang dikumpulkan oleh penjual tentang kebiasaan belanja online Anda dan situs web yang Anda kunjungi.

Itulah beberapa langkah langkah atau tata cara belanja atau memesan barang online shop di Shopee, Lazada, Instagram dan lainnya yang bisa Saya jelaskan termasuk dalam hal cara pembayaran belanja online.

Sumber :
http://beritajualbeli.com/uncotegoris/tata-cara-belanja-mudah-di-online-shop/
https://www.dewaweb.com/blog/cara-aman-berbelanja-online/


Back To Top