Cara Belanja Online Luar Negeri



Belanja online senantiasa menjadi cara belanja paling baik saat ini demi mendapatkan produk yang  berharga murah dengan kualitas yang sama. Di negara kita sekarang ini telah merebak bermacam situs e-commerce yang dapat digunakan sebagai tempat belanja online. Sayangnya, terkadang ada saja barang yang tidak tersedia di Indonesia.

Cara Belanja Online Luar Negeri

Pada waktu inilah Sobat dapat mencoba berpindah ke website internasional serta mulai nyoba berbelanja di situ. Beragamnya produk yang berada di website luar negeri, dampaknya akan menjadikan kita tertarik untuk berbelanja, apalagi dengan harga produk-produknya yang terkadang bisa jadi lebih murah dibanding di situs lokal.

Baca juga : Dampak Negatif Belanja Online Bagi Masyarakat 

Namun sayang, berbelanja online dari luar negeri lumayan agak berisiko, sebab Sobat nggak dapat dengan mudah melakukan tindakan jika terjadi permasalahan dalam pengiriman atau kegagalan pembayaran. Perkara ini sebetulnya dapat dilakukan melalui bermacam cara proaktif, umpamanya cuma berbelanja online di situs jual beli internasional terpercaya, serta langkah-langkah lainnya. Simak selengkapnya dalam poin-poin berikut ini:

Lakukan Riset Situs Jual Beli Internasional Terpercaya
Tidak dipungkiri, belanja online dari situs jual beli internasional terpercaya merupakan kunci utama yang harus dilakukan. Umumnya website kayak gini punya kepercayaan yang bagus sebab kesuksesan proses belanja konsuennya. Tidak menutup kemungkinan, harga-harganya pun menjadi lebih murah dibandingkan situs yang lain.

Buat mencari tahu website jual beli internasional terpercaya kayak gini, SObat dapat segera mencari ulasan-ulasan dari para kastamer sebelumnya. Kalau dirasa susah, mendingan temukan review yang pakai bahasa Indonesia dari blog-blog Indo ataupun forum di internet. Secara umum, Sobat pasti dapat langsung bisa menilai apakah website belanja yang akan SObat pakai itu memiliki laporan negatif.

Lihat juga apakah semua langkah pembayaran konsumen telah dijamin aman, serta apakah produk yang telah dikirim dapat dijamin ketepatan waktu penerimaannya. Biasanya forum-forum seperti ini akan membahas hal-hal sampai detil.

Teliti dengan Ongkos Kirim
Hambatan terbesar yang sering dirasakan ketika belanja online dari website luar negeri ialah tentang jarak. Jarak yang memisahkan penjual dan pembeli inilah yang membuat ongkos kirim semakin mahal. Jadi, tidak ada gunanya barang murah jika ongkos kirimnya mahal. Perhatikan biaya ongkos kirim dan opsi pengiriman dengan teliti.

Biasanya tiap situs belanja tidak hanya menyediakan satu opsi pengiriman saja, lihat tiap opsi satu per satu untuk membandingkan harga dan pelayanannya. Sobat pun bisa mengajak beberapa teman buat ikut berbelanja di situs tersebut supaya bisa menghemat ongkir.

Mungin terdapat beberapa website luar negeri yang ngasih program gratis ongkos kirim ke negara kita sehingga mampu memperhemat anggaran belanja yang dimiliki. Hindari toko yang memberi barang diskonan namun dengan ongkos kirim yang selangit.

Jangan lupa untuk membandingkan antara satu toko dengan toko yang lain untuk mendapatkan harga yang sesuai kantong. Oleh karena itu, agar bisa lebih menghemat budget, ada bagusnya juga buat nyari website belanja online luar negeri yang bisa kirim ke Indonesia dengan gratis biaya ongkos kirim.

Sistem pengiriman barang
Sitem pengiriman penting untuk ditanyakan karena memiliki kaitan erat dengan sampai tidaknya barang ke tangan serta berapa lama waktu pengiriman. Ada beberapa pilihan jasa yang bisa anda coba seperti kargo udara, kargo laut serta kargo darat.

Jika memang jaraknya jauh, anda bisa memanfaatkan kargo udara dengan pesawat terbang atau kargo laut dengan kapal. Jika ingin barang yang dibeli segera sampai, sebaiknya menggunakan pesawat terbang yang memiliki waktu pengiriman lebih singkat daripada kapal laut.

Namun jika waktu yang dibutuhkan tidak terlalu mendesak, anda bisa menggunakan jalur laut untuk pengiriman barang dengan harga yang tentunya lebih murah dari pesawat terbang.

Kenali Metode Pembayaran yang Ditawarkan
SaatKetika kita berbelanja online, aakah itu di toko online lokal maupun toko online internasional, maka akan ada beberapa opsi pembayaran yang ditawarkan. Salah satunya adalah pembayaran dengan kartu kredit atau kartu debit. Di situs apapun itu, tentu saja data-data kartu kredit Anda akan tetap diminta. Tetapi harus diingat bahwa bakal terdapat risiko yang timbul ketika mencoba berbelanja online.

Hal yang perlu diperhatikan saat belanja online di situs luar negeri adalah dengan mengenali alat pembayaran yang ditawarkan. Untuk meminimalisir hal ini, cobalah untuk mengecek URL situs, biasanya situs yang baik harus diawali dengan " https:// ", yang menandakan bahwa situs tersebut aman.

Huruf S pada https berarti bahwa ada sistem lapisan keamanan yang melindungi situs tersebut, yang biasa disebut dengan SSL / Secured Socket Layer.

Anda juga harus mengecek label keamanan dari situs tersebut. Pada website belanja online asal China umpamalnya, maka bakal dilengkapi dengan nomor izin ICP, yang umumnya terletak di bagian bawah halaman utama situs belanja online China.

Disamping itu, wajib dilihat pula layanan pembayarannya, apakah via MasterCard, Visa  atau PayPal. Metode pembayaran via layanan di atas dapat menjaga dan melindungi langkah payment yang dilakukan dalam situs belanja tersebut.

Jangan Melupakan Bea Cukai
Ketika melakukan belanja online dari website luar negeri, pastinya Sobat pun mesti mengetahui masalah bea cukai. Biasanya akan ada pemeriksaan pajak yang dikenakan sesuai dengan jenis barang dan kuantitas barang yang dibelanjakan.

Cara paling mudah ialah dengan cara melihat kembali jumlah harga total dari paket yang dikirimkan. Kalau total harga belanjaannya kurang dari 50 Dollar Amerika, tentu tak terdapat ongkos bea cukai yang harus dibayarkan, karena benda tersebut akan dianggap sebagai oleh-oleh (gift), sehingga tidak ada tambahan biaya apapun.

Tap kalau jumlah total belanjaanya lebih dari 50 Dollar, umumnya si paket bakal ditahan oleh pihka bea cukai dan perlu dibayarkan terlebih dahulu sebelum barang dapat ditebus dan dibawa pulang.

Cari situs Luar Negeri Belanja Online terpercaya
Sangatlah penting buat Sobat agar mencari website jual beli terpercaya. ketika kita mencari info keberadaan toko online yang aman, anda bisa melakukan riset dengan cara mengamati testimoni dari para pelanggan. Kalau beragam pujian diberikan pada pemilik website, maka jelaslah bahwa toko itu bisa dipercaya.

Buat Sobat yang merasa susah akibat perbedaan bahasa, Soat dapat nyari rekomendasi dari blog-blog Indo ataupun forum belanja dari dunia maya. Tak boleh terrayu oleh diskon besar atau harga barang yang miring, tapi harus teliti dulu latar belakang dari toko online yang anda pilih.

Inilah beberapa contoh website belanja online dari luar negeri yang dapat Sobat coba buat mendapatkan barang dengan harga lebih murah.

AliExpress
AliExpress merupakan situsadalah website belanja online asal China yang melakukan pengiriman ke seluruh dunia. AliExpress tentunya merupakan saingan dari Amazon dan eBay. AliExpress bisa menjadi situs yang tepat bagi Anda yang mencari barang yang unik, dengan harga yang miring.

Di AliExpress sendiri banyak penjual yang memberikan opsi gratis biaya ongkos kirim. Lumayan sekali untuk menghemat pengeluaran dari segi pengiriman, bukan? Tentu saja hal ini berdampak pada penundaan barang yang diterima.

Book Depository
Kalau yang satu ini adalah situs belanja online luar negeri yang berfokus pada buku-buku. Di sini harga buku jauh lebih terjangkau dibanding dengan toko-toko yang menjual buku internasional. SelainDisamping itu, Book Depository pun memberikan gratis ongkir, sehingga Sobat punya 2 keuntungan sekaligus yakni harga murah & gratis ongkos kirim.

Sebagian besar pengiriman buku berasal dari negara Inggris, walaupun terdapat sebagian yang pula dikirimkan dari Australia. Perlu diingat bahwa biasanya proses pengiriman bisa memakan waktu maksimal sampai 2 bulan.

eBay
Situs inipastinya cukup populer dikenal orang. Situs ini juga memiliki banyak opsi pengiriman dan pembayaran yang bisa Anda manfaatkan. Untuk urusan kredibilitas, tentunya eBay tidak perlu diragukan lagi. eBay populer sebagai website belanja online internasional terpercaya yang sering dipakai oleh masyarakat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Demikianlah cara belanja online luar negeri tanpa kartu kredit dan metode pembayaran lainnya, misalnya mau beli barang dari Malaysia ke Indonesia atau mau beli barang bekas dari luar negeri. Usahakan nyari situs belanja luar negeri gratis ongkir dan tempat belanja murah di luar negeri agar lebih hemat atau kalau mungkin nyari toko online luar negeri yang bisa cod. Kalau Anda merasa bingung bagaimana berbelanja dari luar negeri, silahkan hubungi saja jasa belanja online luar negeri.

Sumber :
https://www.amalan.com/id/blog/coba-4-cara-ini-untuk-belanja-online-dari-luar-negeri-dengan-aman


Back To Top