Cara Bisnis Online Shop Tanpa Modal



Seringkali dalam memulai bisnis, kita sebagai pemula terkendala oleh masalah modal. Modal ini berfungsi sebagai pengadaan awal barang dalam bisnis. Namun, Anda harus tahu bahwa tidak semua bisnis bisnis memerlukan modal.

Banyak sekali tawaran yang banyak dilihat di internet, terutama yang memberikan banyak perhitungan keuntungan. Kita, harus jeli karena beberapa penawaran bisnis tanpa modal justru membuat Anda menggelontorkan begitu banyak dana rupiah hanya untuk membeli produk terlebih dahulu. Lalu, adakah peluang atau cara bisnis online shop tanpa modal ?

Kita tahu bahwa perkembangan internet sekarang memudahkan banyak orang untuk mencari informasi. Tidak hanya itu, internet juga bisa membuka pintu rezeki. Era modern dengan perkembangan teknologi telah memberikan peluang bagi banyak pedagang untuk menjual melalui dunia maya.

Belakangan, bisnis online juga banyak digandrungi. Mulai dari anak sekolah hingga ibu muda, semuanya mencoba peruntungan. Banyak orang mulai mengejar bisnis toko online. Bukan hanya karena faktor keuntungan yang menjanjikan, tetapi bisnis online ini dapat dilakukan sebagai bisnis sampingan dari rumah.

Terlebih lagi, semangat wirausaha dapat dimiliki oleh siapa saja. Ini dibuktikan oleh banyak eksekutif muda yang sekarang mengambil bagian dalam pengembangan ekonomi nasional melalui bisnis toko online.

Selain itu, kekuatan media sosial juga mendominasi dunia di era ini. Berbagai elemen masyarakat selalu memusatkan perhatian mereka di sana. Jadi, media sosial bisa menjadi alternatif untuk menjalankan bisnis online karena diakses oleh jutaan orang setiap hari, seperti di Instagram, Facebook, BBM, Line, SMS, Whatsapp, Instagram, dan lainnya.

Namun sebelumnya, Anda harus punya mentalitas positif dan visi yang kuat yang akan membuat bisnis online yang Anda mulai menjadi lebih baik. Mentalitas positif itu meliputi:
- Berniat mencari nafkah, mandiri, dan membantu orang tua
- Tegas, antusias, dan tidak pernah menyerah
- Tidak malu bertanya
- Bergabunglah dengan pakar bisnis online
- Lanjutkan untuk mencoba jika gagal
- Selalu memperbaiki diri
- Berprasangka baik kepada orang lain

Nah, tentang bagaimana Anda bisa memulai toko online tanpa harus mengeluarkan biaya? Mari kita lihat lebih beberapa cara bisnis toko online tanpa modal.

Sistem Pra Pesanan
Cara pertama untuk berbelanja bisnis online tanpa modal adalah dengan membuka sistem pre-order. Anda dapat memulai bisnis online tanpa modal karena Anda hanya perlu berkolaborasi dengan distributor produk.

Misalnya, Anda berencana untuk memulai bisnis jilbab online. Tidak perlu repot memikirkan banyaknya modal. Persiapkan saja laptop atau komputer sebagai penghubung antara Anda sebagai penjual dan konsumen. Jika tidak ada laptop, bahkan ponsel sudah cukup untuk menjalankan bisnis ini.

Selanjutnya, buat katalog produk yang telah disetujui oleh Anda dan pemasok produk. Berikan batas waktu pesanan hingga tanggal tertentu sebagai batas waktu pesanan. Dengan cara ini, konsumen bisnis online Anda akan menyetor uang muka yang dapat digunakan untuk membayar produk ke dealer.

Jangan lupa atur tanggal pembayaran agar konsumen tidak lari, alias kabur setelah Anda menyiapkan produk yang dipesan. Meskipun terlihat mudah, Anda harus tetap waspada dengan penipuan, baik dari pemasok atau konsumen ketika memilih metode bisnis toko online tanpa modal yang satu ini.

Pengecer atau Dropshipper
Cara bisnis toko online tanpa modal ini adalah bertindak sebagai reseller atau dropshipper. Cara kedua juga cukup mudah karena Anda tidak perlu menyediakan stok barang.

Sederhananya, menjadi reseller atau dropshipper sama dengan memasarkan produk yang telah Anda setujui dengan pemilik produk asli. Jadi, Anda harus mempromosikan produk yang telah Anda setujui. Bisa dalam bentuk foto di Instagram, Line, dan situs web lainnya.

Namun, pastikan Anda telah memilih produk dengan kualitas yang baik. Ini dilakukan agar nantinya tidak ada keluhan dari konsumen. Selain itu, pastikan pemasok atau distributor produk adalah orang yang dapat Anda percayai.

Keuntungan dari sistem dropship.

1. Modal terjangkau
Sejalan dengan semua penjelasan di atas, sistem dropship adalah sistem dalam bisnis toko online tanpa modal besar. Penjual hanya perlu memasarkan produk melalui media sosial, aplikasi messenger, blog atau forum atau situs jual beli yang notabene hanya membutuhkan modal untuk terhubung ke internet.

2. Tidak rumit dan bisa dikelola dimana saja
Semua hal yang berkaitan dengan pengadaan barang, pemesanan dan pengiriman barang akan menjadi tanggung jawab pemasok, sehingga sebagai penjual kita hanya fokus pada pemasaran barang yang dapat dilakukan secara praktis dan di mana saja dengan dukungan konektivitas internet.

3. Tanpa biaya operasional tinggi
Sebagai pemasar barang belaka, semua hal yang berkaitan dengan operasi bisnis seperti gaji karyawan, sewa tempat, dan gaji karyawan adalah hal-hal yang tidak akan kita hadapi dalam sistem dropship bisnis toko online tanpa modal besar ini.

Selain kelebihan yang disebutkan di atas, bisnis toko online ini tanpa modal besar juga memiliki beberapa kelemahan atau kekurangan yang akan dihadapi.

1. Keuntungan ala kadarnya
Keuntungan yang akan diperoleh dengan sistem semacam ini akan relatif kecil, karena jika penjual menaikkan harga terlalu tinggi, maka secara otomatis akan sangat berisiko bagi minat konsumen yang ingin membeli produk yang ditawarkan.

2. Kurang update info stok barang
Sebagai dropshipper, Anda tidak akan segera mengetahui stok suatu barang apakah masih tersedia atau kosong langsung atau diperbarui tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada pemasok.

3. Konsumen kurang percaya dengan kredibilitas pemain pemula
Tidak ada keraguan bahwa masih banyak orang yang paranoid tentang jual beli online karena maraknya laporan media tentang penipuan yang terjadi melalui jual beli online, dan barang yang Anda tawarkan tidak memiliki bentuk konkrit alias masih dalam bentuk gambar. Kesulitan ini akan banyak Anda hadapi dalam memulai bisnis toko online tanpa modal besar.

4. Keluhan konsumen
Ketidakcocokan foto dengan barang yang diterima dan proses pengiriman agak tertunda dari waktu seharusnya maka penjual akan mendapatkan keluhan, bukan pemasok.

Nah sebelum memulai bisnis toko online tanpa modal, siapkan fasilitas pendukung terlebih dahulu yakni :

PC atau Laptop
Bahkan jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat mampir ke warnet untuk membuat situs web toko online atau akun jejaring sosial sebagai alat promosi. Kemudian Anda dapat mengontrol akun situs web dan jejaring sosial hanya melalui smartphone Anda.

Koneksi internet
Kuota menentukan segalanya. Selama ada kuota, bisnis toko online tetap ada.

Cara Bisnis Online Shop Tanpa Modal

Situs Web Toko Online
Layanan pembuatan Website Shop Online sedikit mahal, tetapi sebagai pemula Anda dapat menggunakan blogspot atau domain wordpress sebagai area bisnis online Anda. Cara membuatnya cukup mudah, selama Anda memiliki akun Google atau Yahoo, maka blog dapat langsung digunakan sebagai area bisnis online Anda.

Pengetahuan tentang Pemasaran Internet
Menjual di internet tentu berbeda dari tatap muka di pasar. Anda akan berbicara dengan konsumen tanpa melihat mereka. Dengan begitu, Anda harus tahu cara menarik minat konsumen dan melayani harga yang bisa dinegosiasikan. Metode pemasaran internet yang lebih menarik yang Anda gunakan, semakin menguntungkan bisnis toko online Anda.

Diperlukan waktu yang cukup lama untuk mempelajari tip dan trik pemasaran internet, tetapi jika Anda sering berlatih dan menerapkan ilmu pemasaran, akan lebih mudah bagi Anda untuk menerapkan cara memulai bisnis toko online tanpa modal berikut:

Siapkan Fasilitas Lengkap
Siapkan fasilitas di atas, tentunya Anda juga harus memastikan kuota Anda aman hingga batas waktu tertentu, sehingga komunikasi jual beli Anda juga akan aman. Karena bagaimanapun bisnis online ini jual beli tidak lepas dari internet.

Tentukan jenis barang yang dijual
Tentukan pangsa pasar Anda. Banyak pilihan kategori barang yang bisa Anda pilih dalam cara memulai bisnis toko online tanpa modal. Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper dari fashion Korea terbaru, jubah batik atau pakaian Muslim Islam, gadget terbaru seperti smartphone Android, produk kecantikan pembersih jerawat di wajah, pelangsing tubuh atau produk kesehatan herbal,  mengurangi kolesterol, mencegah penyakit dan sebagainya.

Dengan menentukan area bisnis Anda, Anda bisa lebih jeli melihat tingkat konsumsi produk dan menghitung persentase peluang Anda untuk sukses dalam menjalankan bisnis toko online.

Buat Katalog
Buat katalog produk di Situs Web Toko Online atau Blog atau di Halaman Facebook. Beberapa fasilitas gratis ini dapat diubah menjadi lahan untuk memasarkan produk dengan menampilkan foto produk, manfaat produk, detail produk, penggunaan produk dalam bentuk katalog.

Salah satu cara untuk memulai bisnis toko online tanpa modal terbukti efektif sebagai bagian dari strategi pemasaran pemasaran internet. Pengunjung dan calon pembeli dapat melihat apa yang Anda tawarkan bersama dengan harga dan kondisi produk.

Di sinilah Anda dapat mengetahui lalu lintas pengunjung ke halaman bisnis toko online Anda. Setelah memasang katalog penjualan produk, Anda dapat membagikannya di jejaring sosial seperti Facebook, grup penjualan, Instagram, dan lainnya. Dan gratis! Tanpa menghabiskan sepeser pun modal.

Berikan Layanan Obrolan jika perlu
Instal CP dan Layanan Obrolan yang tersedia selama jam-jam santai. Biasanya pengunjung yang mengunjungi toko online akan aktif saat makan siang, setelah makan siang hingga setelah bekerja. Anda dapat menggunakan fasilitas messenger gratis seperti Yahoo Messenger, Aplikasi Whatsap, Obrolan Facebook, BBM, dan sebagainya. Juga sertakan nomor telepon Anda yang dapat dihubungi pelanggan kapan saja.

Layanan Harus Sangat Baik
Aktif dan ramah dan informatiflah kepada pembeli. Sebagai bagian dari upaya untuk menarik pengunjung agar merasa nyaman berbisnis dengan Anda, maka Anda dituntut untuk bersikap ramah dan informatif mungkin menanggapi pertanyaan dari konsumen. Dampaknya konsumen merasa nyaman dan kembali membeli produk terbaru Anda di kemudian hari.

Untuk mulai menjadi reseller atau dropshiper juga diperlukan beberapa langkah strategis agar bisnis Anda dapat berkembang. Beberapa langkah lainnya adalah sebagai berikut:

Mencari pemasok yang dapat diandalkan
Langkah pertama yang dapat Anda ambil untuk menjadi reseller atau dropshiper adalah menemukan pemasok yang tepercaya. Pilih pemasok yang jujur ​​dan mampu memberikan informasi terperinci tentang produk yang dijual.

Jadi jika ada pembeli yang meminta detail produk, Anda tidak bingung menjawabnya, karena mereka sudah memiliki informasi lengkap.

Mencari pemasok yang tanggap cepat
Ini penting karena jika sewaktu-waktu ada pembeli yang meminta barang-barang ini, tentu saja Anda harus meminta pemasok terlebih dahulu. Karena itu, jika pemasok yang Anda pilih tidak respons cepat, ini tentu akan menyusahkan Anda, karena Anda tidak tahu barang itu masih tersedia atau tidak.

Buat daftar barang untuk dijual
Jika Anda menjadi dropshiper atau reseller, buat daftar harga yang tersusun rapi. Bedakan antara harga dari pemasok dan harga yang Anda tentukan. Tetapi harga yang tercantum dalam katalog adalah harga yang telah Anda tentukan. Ini agar Anda tidak mengalami kesalahan harga.

Cari satu pemasok saja
Ini penting untuk dilakukan jika Anda memilih untuk menjadi dropshiper. Karena jika Anda memiliki lebih dari satu pemasok, Anda akan mengalami kesulitan jika pelanggan menginginkan barang dari dua pemasok yang berbeda.

Memiliki satu pemasok akan memudahkan pengiriman, dan dapat menghemat biaya pengiriman, karena biasanya 1 kg pengiriman dapat memuat beberapa barang.

Selain mengetahui langkah-langkah cara memulai bisnis online, Anda juga perlu mengetahui contoh kata-kata promosi yang bisa Anda gunakan sebagai referensi saat mempromosikan produk yang Anda jual.

Berikut adalah beberapa contoh kata promosi yang dapat Anda terapkan untuk menjual kebutuhan Anda secara online:

Cuci gudang, stok terbatas
Kalimat ini cukup efektif ketika digunakan untuk mempromosikan produk fashion Anda. Kata "Cuci Gudang" akan menjelaskan kepada pembeli bahwa produk sedang dijual dengan harga murah. Sedangkan "Stok Terbatas" dapat membuat pembeli untuk segera membeli produk dengan harga murah, karena stok terbatas dan tidak mau kehabisan

Harga mungkin sama, tetapi kualitasnya jelas berbeda
Kalimat ini juga efektif untuk menarik pembeli. Karena pembeli akan penasaran dengan produk Anda. Benarkah harga yang sama akan bisa mendapatkan kualitas yang baik. Anda dapat menambahkan kalimat lain yang menggambarkan bahwa produk Anda memiliki kualitas yang lebih baik.

Jasa Titip
Untuk cara-cara berikut, Anda dapat memulai bisnis toko online tanpa menghabiskan modal, yaitu dengan menyediakan layanan pengganti. Jastip atau hand carry untuk mendapat untung melimpah biasanya dilakukan saat Anda bepergian ke luar kota atau bahkan ke luar negeri.

Baik itu liburan atau acara kantor, Anda tidak akan menghabiskan uang untuk barang-barang penyimpanan karena sebelumnya Anda mempromosikannya di media sosial. Sistemnya hampir sama dengan sistem pre order, yaitu dengan menentukan batas waktu pemesanan.

Sebelum pesanan ditutup, Anda akan mendapatkan uang muka atau pembayaran yang dapat Anda gunakan untuk membeli barang. Namun, cara bisnis toko online tanpa modal yang satu ini memiliki beberapa kekurangan.

Untuk satu hal, Anda harus banyak bepergian ke luar kota sehingga Anda bisa mendapatkan pesanan. Selain itu, karena barang yang ditawarkan biasanya beragam, Anda harus melakukan perjalanan ke berbagai tempat yang pasti akan menguras tenaga.

Penerjemah
Selain tiga cara di atas, ada cara lain untuk berbelanja bisnis online tanpa modal yang menggiurkan. Berbeda dengan tiga metode sebelumnya, metode ini menyediakan layanan bagi pelanggan. Seperti namanya, translator dalam bahasa Indonesia berarti penerjemah.

Artinya, Anda menyediakan layanan terjemahan untuk mereka yang membutuhkannya. Anda tentu tidak membutuhkan modal apa pun, kecuali komputer atau laptop yang Anda gunakan untuk menerjemahkan teks.

Terlebih lagi, di era globalisasi saat ini, bahasa asing sangat penting untuk berkomunikasi dengan orang lain. Namun, itu juga bisa untuk kepentingan pendidikan dan karier seperti terjemahan abstrak atau resume.

Selain itu, Anda tidak perlu mengurus produk yang berwujud karena hanya dengan mengetiknya, Anda akan segera mendapatkan penghasilan.

Demikian yang bisa Saya sampaikan seputar cara memulai usaha bisnis jualan online shop dari nol dan cara menjadi reseller online shop tanpa modal di hp atau laptop.

Sumber :
https://www.liputan6.com/bisnis/read/3902830/4-cara-bisnis-online-shop-tanpa-modal-dengan-keuntungan-yang-berlimpah
http://commeta.co.id/cara-memulai-bisnis-online-shop-tanpa-modal-bagi-pemula/
https://alimustafid.com/cara-bisnis-online/


Back To Top