Apa Artinya PO dalam Online Shop



Saat berbelanja secara online, kerapkali kita menerima pesan dari seller yang menggunakan istilah PO. Untuk yang sudah berkutat dengan dunia online, istilah PO memang sudah tidak asing lagi. Tapi bagaimana dengan yang baru mengawali belanja online, pasti bingung dengan arti PO kalau menerima pesan tersebut.

Dalam dunia digital atau internet, arti PO sendiri memiliki beragam arti, sesuai konteks atau isi dari pokok bahasannya. Namun  buat online shop sendiri, arti PO adalah singkatan dari pre-order. Istilah ini digunakan pada saat barang yang akan kita beli harus dilakukan pemesanan lebih dahulu, sebab produk belum ready stock.


Jadi pada waktu Anda menemui ada penjual yang mempromosikan barang dagangan dengan menyebut kalimat contohnya “barangnya PO ya Sist..” hal itu punya arti kita memesan serta membayar produk yang kita inginkan terlebih dahulu.


Kenapa terdapat seller yang mempromosikan dan menjual produknya dengan cara PO? Hal ini berkaitan dengan ketersedian barang yang umumnya hanya ada dalam jumlah terbatas atau eksklusif. Disamping itu, penjualan produk secara pre-order pun mempunyai berbagai kelebihan, yakni:


Dengan cara PO, Sobat sebagai pembeli bakal digaransi memperoleh barang yang diinginkan serta tak akan kehabisan stock. Umumnya, pihak penjual bakal memprioritaskan untuk mengirimkan produk ke pembeli yang lebih dahulu melakukan pre-order.


Dalam berbagai kesempatan, umumnya penjual akan membanderol harga barang dengan lebih murah dibanding harga dengan pembelian normal. Disamping itu, penjulaan dengan cara PO biasanya akan dikasih bonus-bonus tertentu, ini seringkali ditemui jika terdapat produk-produk yang baru dirilis.


Walau mempunyai berbagai keuntungan, pembelian dengan cara pre-order kurang cocok jika Anda amat membutuhkan barang tersebut dalam waktu dekat. Sebab hal ini berhubungan dengan estimasi pengiriman barang yang kadang-kadang lebih lama dari biasannya lama pengiriman.


Jadi, bagaimana dengan Anda? Telah ngerti kan apa arti PO yang selama ini Anda sering temui ketika berbelanja online, terutama ketika ada yang mempromosikan produk melalui media sosial?


Walau banyak istilah PO yang terdapat di internet, misal Payout atau Purchase Order namun  sesuai dengan konteks bahasan kita saat ini, pengertian PO yang berhubungan dengan belanja online yang kerap ditemui di grup jual beli di medsos ialah PO.


Sumber :



https://www.recode.id/arti-po-saat-belanja-di-online-shop/



Back To Top