Apakah Kegiatan Belanja Online Berpengaruh Terhadap Kegiatan di Pasar Tradisional ?


PRODUK TERLARIS
Rice Cooker Miyako terlaris
Ayam Potong So Good
Nasi Kuning Tumpeng
Kemeja Flanel Impor Pria
Celana Panjang Kulot Wanita
Sendal Impor Korea
Pelancar BAB


Apakah kegiatan belanja online berpengaruh terhadap kegiatan di pasar tradisional ? Tentu. Kehadiran toko online ini sangat berpengaruh besar terhadap keberadaan pasar tradisional maupun pasar modern yang tidak menerapkan cara belanja online.

Menurut Kompas, untuk mengantisipasinya maka pengelola atau pedagang pasar tradisional dituntut untuk meningkatkan pelayanan dan mengikuti perkembangan teknologi informasi guna meningkatkan kepercayaan konsumen. Hal ini mutlak diperlukan untuk menghadapi sejumlah pesaing, khususnya di bisnis retail.

Pasar tradisional dikhawatirkan terancam dengan keberadaan pasar modern, namun ternyata pasar online juga dapat mengancam keberlangsungan pasar tradisional. Oleh karena itu, inovasi dan pengembangan merupakan hal yang harus dilakukan oleh pasar tradisional

Pemerintah harus membantu dan terus berupaya melindungi keberadaan pasar tradisional dari gempuran pasar modern dan online dengan penataan dan pengembangan pasar tradisional. Dan tentunya para pedagang harus mendukung upaya pemerintah untuk mendukung keberlangsungan pasar tradisional.

Namun pemerintah juga berharap usaha kecil menengah (UKM) termasuk pasar tradisional tidak terlalu mengandalkan media penjualan berbasis online walaupun tidak bisa dipungkiri bahwa penjualan online dapat meningkatkan kinerja penjualan para pelaku bisnis. Mengapa ?

Apakah Kegiatan Belanja Online Berpengaruh Terhadap Kegiatan di Pasar Tradisional ?

Sebab walaupun bisnis online ini adalah sesuatu yang bisa menambah pendapatan UKM, tapi jika semuanya online saja tanpa offline, maka geliat pasar tradisional bisa menjadi sepi. Itu artinya, pendapatan tukang becak, ojek pasar, sopir angkot dan tukang kuli panggul pun akan tergerus juga.

Adapun dampak kehadiran toko online bagi pasar modern adalah ditutupnya sebagian gerai yang mengakibatkan PHK karyawan secara masif. Jelas hal ini akan menimbulkan pengangguran yang luar biasa.

Untuk menanggulanginya maka pasar tradisional dan pasar modern harus juga ikut meng-onlinekan diri dengan membuka toko online masing-masing, entah itu di media sosial atau pasar online. Hal ini merupakan sebuah keharusan, jika ingin mempertahankan ekonomi di masa gadget ini.

Setiap pelaku usaha mau tak mau harus membekali ilmu pemasaran online jika memang ingin mempertahankan usaha. Yakinlah bahwa jika para pelaku usaha sudah menerapkan ilmu tersebut dan mengonline-kan tokonya, maka jawaban dari apakah kegiatan belanja online berpengaruh terhadap kegiatan di pasar tradisional adalah sangat berpengaruh dan hasilnya pun sangat mencengangkan, lebih dari berjualan secara ofline.



Back To Top