Daftar Toko Online Resmi



Ada banyak sekali situs web belanja online yang ada di internet dan jumlahnya tak main-main. Prediksi saya di Indonesia mungkin ada sekitar ratusan hingga ribuan situs, namun tentu saja tidak semua dari situs tersebut merupakan situs resmi, karena memang ada sebagian yang sengaja dibuat untuk kegiatan ilegal seperti untuk menipu konsumen.

Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk berbelanja secara online, sebaiknya periksa dulu kredibilitas situs belanja online, apakah itu resmi atau tidak. Dan artikel ini berisi informasi mengenai daftar situs belanja atau toko online resmi terpopuler di Indonesia, yang bisa membantu untuk memilah-milah mana website yang menurut Anda cocok yang bisa Anda jadikan referensi jika ingin berbelanja online, atau hanya ingin sekedar melihat-lihat saja.

TOKOPEDIA
Toko online di Indonesia umumnya sudah menggunakan domain TLD Indonesia (co.id) namun Tokopedia tetap memilih untuk menggunakan domain TLD Commercial (.com). Bukan masalah sebenarnya, karena yang terpenting adalah kualitas layanan yang diberikan, dan Tokopedia menegaskan bahwa mereka akan memberikan pelayanan terbaik.

LAZADA
Lazada merupakan situs belanja online populer yang dibangun pada tanggal 6 -3-2012, dan sampai saat ini toko Lazada telah menjual ratusan ribu atau mungkin jutaan item, mulai dari fashion sampai alat elektronik (gadget, tv). Dan jika kita melihat nilai Alexa, rangking website Lazada ini sangat ramping, yaitu di bawah 1000. Artinya Lazada.co.id masuk ke dalam 1000 website terbaik versi Alexa.

Dengan fakta di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa toko online Lazada merupakan website belanja online yang namanya sudah dikenal masyarakat, dan juga sudah berdiri cukup lama, ini artinya Lazada memiliki kredibilitas yang cukup tinggi, dan layak mendapat gelar situs web belanja online resmi yang terpercaya.


ELEVENIA
Toko Online Elevenia ini walaupun masih baru, tetapi namanya sudah dikenal seantero Indonesia, dan bahkan di Google terkadang bisa masuk ranking 10 besar dengan kata kunci 'belanja online' dan ini benar-benar prestasi yang membanggakan.

Di sisi lain, Elevenia juga menyediakan barang keperluan umum, sehingga tidak fokus pada satu produk, dan itu membuat Elevenia memiliki berbagai barang yang dijual, bahkan jumlahnya sudah mencapai 300 ribu lebih, tidak menutup kemungkinan jumlah tersebut akan terus naik di tahun berikutnya.

ZALORA
Kalau kita mengunjungi website Zalora, terlihat jelas bahwa situs ini merupakan toko online yang lebih banyak menjual sepatu, baju dan hal-hal yang berhubungan dengan fashion lainya. Saya sering berkunjung ke situs ini, namun bukan untuk berbelanja online, melainkan hanya ingin ngintip produk apa yang lagi tren sekarang, dan memang website ini memilih pemasaran yang cerdas, karena selain menjual barang fashion,  mereka juga memberikan informasi atau berita tentang trend fashion

GRAMEDIA ONLINE
Siapa yang tidak kenal Gramedia? Toko buku ini cabangnya sudah ada di hampir seluruh wilayah Indonesia. Dan kini menjadi salah satu Open Shop terbesar di Indonesia. Maka tidak berlebihan lagi menyebut Gramedia sebagai toko dengan koleksi buku  yang terlengkap saat ini. Karena banyaknya buku yang tersedia, untuk mempermudah pembeli menemukan buku, maka Gramedia meluncurkan situs belanja buku online yang disebut gramediaonline, dan Anda bisa mengakses melalui link http://www.gramediaonline.com.


Situs belanja online yang saya sebutkan di atas bisa dipastikan benar-benar resmi dan terpercaya dan aman, karena modal yang mereka keluarkan untuk menjadi populer sangat tidak sedikit, bahkan bisa dibilang sangat besar, sehingga tidak mungkin mereka menukar popularitas dengan tindakan tercela. Bertindak melakukan penipuan online atau sejenisnya yang bisa merusak reputasi.

Dan untuk Anda yang gemar melakukan transaksi atau jual beli online namun masih takut dengan penipuan online, berikut Tips Aman Belanja Online versi saya :

  • Sebuah toko online diktakan resmi kalau mereka menyediakan informasi yang detail tentang siapa mereka, siapa yang mendirikannya dan dimana alamatnya. Dan jika situs belanja online tidak memiliki halaman Contact Us atau About Us, maka pikirkan dua kali sebelum bertransaksi di situs itu.
  • Anda harus pandai membedakan barang mana yang didiskon karena ada promo tertentu atau karena ada maksud ingin menipu. Secara logis, tidak ada penjual yang mau menjual barang baru dengan harga lebih rendah dari harga pasar karena mereka akan rugi. Ingat bahwa semua trader akan menghindari kerugian. Jadi waspadai penjual yang menjual harganya terlalu murah.
  • Kenali juga rekam jejak dari situs belanja online tersebut, sudah berapa lama situs ini ada dan bagaimana penilian orang lain yang berbelanja online di sana.
  • Saran saya kalau Anda masih ragu-ragu untuk berbelanja online, lebih baik menggunakan jasa Rekening Bersama (RekBer). Bagaimana cara kerjanya ? Sangat sederhana, pembeli dapat mentransfer uang ke Rekber lalu penjual mengirim barang ke pembeli. Rekber selanjutnya mentransfer uang dari Buyer ke Seller. Ini untuk memastikan bahwa pembeli mendapatkan barang sesuai dengan apa yang dijual. 

Nantikan pula artikel lainnya tentang :

- situs belanja online terpercaya
- toko online terbaik dan termurah
- situs belanja online resmi
- daftar e commerce indonesia
- situs jual beli online terpercaya
- situs jual beli online penipu
- situs belanja online bayar ditempat
- toko online termurah


Sumber :


Tag : toko online
Back To Top