Cara Belanja di Taobao



Bagaimana cara membeli di Taobao ? Taobao merupakan salah satu situs belanja online yang paling banyak dikunjungi dan merupakan salah satu situs belanja terpopuler di Asia. Pasar online Taobao berbasis China didirikan oleh kelompok Alibaba dan tidak hanya melayani banyak pelanggan berbeda di seluruh Asia dan dunia, tetapi juga untuk berbagai pedagang dari bisnis besar hingga bisnis mandiri kecil juga.

Taobao berkembang untuk meningkatkan jangkauan pemasaran ke negara lain di planet Bumi. Taobao menawarkan produk fashion seperti pakaian dan aksesoris, gadget, perangkat keras komputer, aksesoris ponsel dan lainnya. Faktor lain yang telah membantu Taobao untuk naik popularitas adalah harga murah dan terjangkau yang mereka tawarkan.

Jika Anda menyukai Taobao dan layanan mereka, Anda sekarang dapat memiliki produk Taobao terbaik untuk Anda dengan mudah. Selain itu, dengan berbelanja produk TaoBao Anda juga bisa menjelajah dengan berbagai produk.

Cara belanja di Taobao di China

Sebelum memasuki panduan belanja selangkah demi selangkah di Taobao, ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan.

Metode pembayaran dan bank
Pembayaran dilakukan menggunakan kartu kredit atau kartu debit / ATM belogo 'UnionPay' dari bank-bank China yang terhubung dengan / bekerjasama dengan Taobao. Saat memasuki langkah pembayaran kita harus memilih salah satu bank yang ada, sehingga orang di sini juga membuka rekening bank yang terhubung ke pasar online utama seperti Taobao.

Alamat dan pengiriman barang
Sejauh yang saya tahu, pengiriman barang hanya dilakukan di dalam wilayah China. Saat membuat akun Taobao, kami diminta memasukkan alamat pengiriman (di China), mungkin alamat kantor atau rumah, dan nomor telepon China (telepon seluler atau kabel). Nomor telepon biasanya digunakan untuk keperluan kurir antar item.

Soal alamat, kita bisa memasukkan serangkaian alamat yang berbeda. Misalnya, pingin cinta hadiah kejutan untuk pacar atau sepupu, dengan cara belanja barang dari Taobao, bisa ditemukan pada saat pengiriman.

Bahasa
Proses halaman dan transaksi di Taobao muncul dalam karakter tradisional China (kanji), jadi Anda memerlukan browser penerjemah otomatis seperti Google Chrome misalnya.. Yang perlu jadi catatan, tidak semua bagian dari halaman dan perintah dalam Taobao ter-translasi otomatis – pastinya karena di set demikian oleh Taobao.

Jadi anda perlu siapkan fitur Google translator juga secara terpisah, jadi bisa copy-paste atau drag bagian yang ngga ter-translasi. Tapi, tidak semua perintah dan bagian yang non-translatable itu bisa di copy-paste atau drag. Pada saat sulit inilah, Anda membutuhkan bala bantuan dari orang yang faham bahasa kanji Cina dan sudah biasa berbelanja di Taobao.

Terima barang
Di sini hampir semua tempat tinggal adalah vertikal (rusun, apartemen, dsj). Umumnya, saat kurir tiba di gedung mereka akan menghubungi Anda dan meminta kami untuk pergi ke pintu gedung antar-jemput. Wajar saja, karena jika motor atau peralatan transportasi dibiarkan sendiri bisa hilang dalam mencuri.

Atau, sangat umum, juga Taobao-ers ke alamat dan nomor telepon kantor gedung apartemen, staf kantor ke kantor . Tetap kita pilih barang itu kapan kita punya waktu.

Bagaimana mengetahui barang sudah sampai dan diterima oleh staf kantor? Kami cek secara online, karena jalur pelayaran yang jelas dan lengkap sudah terdaftar secara online pada daftar barang yang kami beli. Ini telah menjadi pemandangan umum di China jika trotoar dan tempat parkir sudah menjadi ajang barang kurir. Dia akan menelepon setiap pemilik barang, kejutan belanja belanja khusus pasar!

Oke, saya rasa itu iya, kalau ada tambahan nanti up-date. Sekarang kita melangkah ke langkah:
  • Masuk dan pilih item yang anda cari. Anda bisa menggunakan Google Chrome, jadi tampilan halaman langsung ditranslate
  • Setelah ketemu dan mendapatkan barang yang dicari, silahkan klik ‘bayar sekarang’, sehingga keluar tampilan konfirmasi order (Confirm order).
  • Setelah klik tombol wrna jingga maka akan keluar tampilan pilihan cara melakukan pembayaran. Dalam hal ini Anda dapat menggunakan kartu ‘all in one card’ milik China Merchants Bank (CMB), makanya Anda harus memilih daftar bank yang diperlihatkan.
  • Lalu keluarlah tampilan konfirmasi pembayaran online seperti ini
  • Masuk atau ‘Log on to online banking payment. Kalau belum mengunduh pelindung jaringan silahkan unduh dulu agar transaksi aman.
  • Lalu isi kolom kosong dengan angka kartu debit’nya. Pastikan angka transaksi sudah sesuai dengan pembelanjaan anda.
  • Klik tombol di sisi kanan kolom kosong yang pertama lalu sistem bank anda akan langsung mengirim sms ke nomor hape anda dalam hitungan beberapa detik. Sms berisi 6 digit kode verifikasi. Masukkan kode ke kolom kosong pertama, kolom kosong kedua diisi dengan kata kunci kartu bank Anda. SMS selalu diterima dari nomor resmi bank. SMS pertama berisi kode verifikasi 6 digit untuk masuk ke kolom kode verifikasi pembayaran online di Taobao. Sms kedua berisi ringkasan info tentang terjadinya transaksi pembayaran dengan menggunakan akun CMB Anda.
  • Klik tombol kiri jika Anda yakin bahwa pembayaran Anda berhasil.
  • Begitu di klik tombol biru, exit view berisi ringkasan transaksi dari pihak Taobao. Pada tahap ini berarti Anda telah melewati dua tahap transaksi Taobao yaitu tahap pemesanan dan tahap pembayaran. Tahap 3 adalah pengiriman barang oleh toko dari mana kita belanja, lalu tahap 4 adalah konfirmasi resi pengiriman barang.
  • Kemudia Anda bisa membuka atau ngecek akun Taobao di halaman ‘My Taobao’, akan terlihat barang belanjaan yang sudah dan belum dikirim oleh toko. Pesanan yang telah dikirim oleh toko, logo mobil truk, sementara yang belum dikirimi berlogo kado berpita. Mengetahui barang yang telah dikirim bisa mengklik 'Details Logistik' untuk melihat seberapa jauh paket telah dilalui. Pengiriman di wilayah Cina umumnya 2-3 hari, jika provinsi pengirim dan penerima berada di titik terjauh bisa 4-5 hari. Jangan klik 'confirm receipt' sebelum Anda menerima barang.
  • Jika 'Detail Logistik' diklik, rincian paket perjalanan (pengiriman) akan disertakan, terutama yang penting di sini adalah nomor waybill, dan link perusahaan logistik. Jika tidak ada perkembangan, Anda bisa mengklik link logistiknya, lalu masuk ke lokasi situs logistik tersebut.
  • Perusahaan logistik yang bekerja sama dengan Taobao atau mereka yang digunakan oleh toko mungkin berbeda, ada YTO, STO, SF, EMS, dll. Bila link logistik dimaksudkan maka ada tampilan situs logistik yang digunakan oleh Shop. 

Cara belanja di Taobao di China

Tutorial di atas adalah cara belanja di Taobao ke Indonesia yang sedang tinggal atau liburan di negeri China. Lalu bagaimana kalau berbelanja di Taobao tapi kitanya ada di luar negeri seperti di Indonesia ? Sangat mudah, Anda bisa berbelanja menggunakan pihak atau pemberi jasa yang menawarkan bantuan belanja di Taobao.

Tentu saja yang namanya jasa membutuhkan cost untuk bayar si jasa itu. Namun jika Anda tujuannya bisnis, seperti mau jual produk tersebut di marketplace Indonesia, maka cost tersebut tidak masalah karena Anda beli banyak dan jatuh harganya sangat murah. Setelah dijual di Indonesia, harganya berlipat-lipat. Ini yang mereka lakukan oleh para importir barang China jika mereka gelap dalam hal pengadaan barang.

Boleh saja Anda berbelanja tanpa jasa, tapi resikonya tinggi. Anda bisa kena tipu, ongkir yang berlipat, tidak bisa return barang rusak dan lain sebagainya. Namun kalau Anda pakai jasa di bidangnya, hal tersebut bisa diminimalisir. Lalu dimana mencari jasa belanja Taobao ? Silahkan Anda tanya sajah pada Simbah Google, siapa tahu dia tahu jasa yang terbaik.

Artikel lainnya yang sering dicari :
toko online china termurah
cara belanja di 1688
- cara pembayaran di taobao
- pengalaman belanja di taobao
- agen taobao terpercaya
- cara order barang di taobao
- cara mengubah bahasa di taobao
- jasa taobao

Sumber :
http://hargadeal.info/cara-belanja-di-taobao/
https://aktifistri77.wordpress.com/2013/10/27/langkah-langkah-belanja-lewat-taobao/


Back To Top