Pengertian Online Shop Menurut Buku



Apa pengertian online shop menurut buku ? Mungkin masih ada sebagian dari Anda yang bingung tentang istilah ini, sehingga penulis mencoba menjelaskan sedikit tentang arti toko online. Anda mungkin tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang toko online, sebenarnya ada banyak buku tentang toko online yang bisa Anda dapatkan di toko buku terdekat dengan harga terjangkau atau mungkin di pasar buku dengan harga murah.

Berdasarkan buku Haubl dan Trifts yang berjudul Pengambilan Keputusan Pelanggan dalam Lingkungan Belanja Online: Efek dari Alat Bantu Keputusan Interaktif, dijelaskan bahwa pengertian online shop adalah kegiatan membeli dan menjual yang dilakukan oleh konsumen melalui antarmuka komputer sebagai media. Melalui komputer, konsumen terhubung ke internet dan berinteraksi dengan retailler yang menjual produk dan layanan yang diperdagangkan.

Dari pengertian online shop menurut buku di atas kita dapat menganalisa bahwa kegiatan jual beli yang dilakukan oleh konsumen di toko online melalui internet adalah aktivitas toko online. Tetapi saat ini pengguna internet tidak hanya memakai komputer, tetapi kebanyakan menggunakan smartphone canggih dengan akses internet yang mudah dan cepat.

Salah satu faktor penting dalam operasi toko online adalah faktor etis ketika memilih produk yang akan dijual. Beberapa kategori produk yang dapat dijual dan memiliki penjualan ritel terbanyak, yaitu kebutuhan harian, pakaian, barang-barang elektronik, kebutuhan kantor, aksesoris, buku / CD / VCD, peralatan rumah tangga, produk buatan tangan, makanan, produk - produk kesehatan, perhiasan, peralatan olahraga, (Laudon: 2009, 6-23 dalam Prasetio, 2012: 22).

Sedangkan di Indonesia, penelitian yang dilakukan oleh Veritrans dan DailySocial juga menunjukkan banyak kesamaan tentang produk unggulan yang dijual melalui internet di Indonesia yakni produk mode, pemesanan tiket perjalanan, musik /video /game, elektronik dan buku. (Prasetio, 2012: 22).

Ada beberapa cara untuk menerima pembayaran pemesanan online, yaitu :
1) Transfer Bank
2) Layanan Pengiriman Uang Online
3) Rekening Bersama
4) COD (Uang Melahirkan)

Secara umum, transaksi yang sering terjadi di Indonesia adalah dengan transfer bank. Hal ini ditunjukkan oleh penelitian yang dilakukan oleh Veritrans dan Dailysocial yang menunjukkan bahwa transfer bank adalah metode pembayaran e-commerce (Prasetio, 2012: 32).

Untuk menghindari tingkat kepercayaan konsumen yang rendah, pemilik toko online harus :
a) Memberi info produk
b) Menyediakan harga kompetitif
c) Menyiapkan aneka jasa pengiriman
d) Membuat layanan kurir sendiri
5) Menyediakan aneka sistem pembayaran
6) Mengemas dengan rapi.
7) Melayani pelanggan
8) Memberi informasi pembaruan dari pesanan hingga pengiriman.
9) Memberikan insentif bagi konsumen
10) Menyediakan aplikasi toko online
(Granito,2008: 37-45)

Sebagai pengguna atau pemilik toko online, wajib untuk mengetahui bahwa sekarang di Indonesia memiliki Undang-Undang tentang transaksi elektronik, yaitu UU RI. 2008 No. 11 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Hukum Indonesia. No.8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (Prasetio, 2012: 36).

Beberapa etika yang dapat digunakan untuk mengevaluasi aktivitas bisnis toko daring, yaitu:
1) The Golden Rule
2) Universalisme
3) Slippery Slope
4) Prinsip Utilitarian Kolektif
5) Penolakan Risiko
6) No Free Lunch
7) The New York Times Test
8) Peraturan Kontrak Sosial
(Prasetio, 2012: 38-39)

Demikianlah definisi atau teori atau pengertian online shop menurut ahli dalam buku yang tentu saja berbeda dengan pengertian bisnis online atau belanja online.

Sumber :
https://www.hestanto.web.id/online-shop/


Tag : online shop
Back To Top