Cek Tagihan Listrik PLN Online Lewat HP



Ada beberapa cara mudah ketika kita mau cek tagihan listrik PLN online lewat HP. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedag kebingungan agaimana cara mengetahui tagihan listrik bulanan, silahkan baca artikel ini sampai tuntas untuk mengetahui berapa besar tagihan listrik bulan ini secara online.

Namun sebelumnya, Saya akan bahas dulu bahwa ada dua jenis layanan PLN yang tersedia saat ini, yaitu pascabayar dan prabayar. Sistem penagihan PLN prabayar adalah menggunakan token listrik yang harus Anda beli dan bayar di muka.

Sedangkan untuk pelanggan pascabayar, Anda akan membayar tagihan listrik PLN pada akhir bulan. Nah, cara mengecek tagihan listrik PLN secara online hanya bisa dilakukan oleh pelanggan PLN pascabayar.

Sebelum membahas cara membayar tagihan PLN via online, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu uraian singkat tentang kelebihan dan kekurangan prabayar dan pascabayar PLN.

Kelebihan dan kekurangan Pascabayar PLN
  • Tidak perlu khawatir kehabisan listrik secara tiba-tiba namun kemungkinan tagihan membengkak sangat besar.
  • Tidak perlu repot memasuki token PLN setiap bulan namun akan ada denda hingga pemutusan listrik jika tidak membayar tepat waktu.
  • Cocok untuk rumah yang memiliki banyak barang elektronik


Kelebihan dan kelemahan Prabayar PLN
  • Cocok untuk rumah kontrakan atau kos-kosan namun adanya kemungkinan kesalahan input token pulsa cukup besar.
  • Token listrik dapat dibeli mulai dari harga 20 ribu namun Anda bisa kehabisan listrik secara tiba-tiba dan suara peringatan bahwa listrik akan segera habis sangat mengganggu.
  • Jauh lebih efisien jika Anda memiliki rumah yang tidak berpenghuni karena Anda tidak perlu membeli token listrik berbeda kalau memakai meteran sebab lebih mudah rusak
  • Bisa mengontrol penggunaan sehingga lebih hemat biaya
  • Token bisa dibeli dimana-mana dan kapan saja
  • Tidak ada denda keterlambatan namun jika tidak terkontrol listrik bisa mati seketika

Memeriksa tagihan listrik PLN melalui situs resmi PLN
Cara memeriksa tagihan listrik PLN secara online, salah satunya dapat melalui situs resmi PLN. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah membuka halaman www.pln.co.id. Kemudian, Anda dapat memilih bagian menu di sudut kiri, klik 'Pelanggan' dan akan terbuka laman 'Layanan Online'.

Cek Tagihan Listrik PLN Online Lewat HP


Pada 'Layanan Online' akan diminta untuk memilih kembali menu 'Informasi Tagihan Listrik dan  Token' di bagian bawah.

Memeriksa tagihan listrik PLN melalui situs resmi PLN


Pengguna akan diminta untuk masuk dengan mengisi alamat email dan kata sandi Anda.


Kalau belum punya akun, maka kita harus daftar dahulu. Oke,Saya anggap kita belum punya akun, maka mari kita daftar duludengan menekan tombol Daftar Akun.

Isi data yang diperlukan diantaranya nama, email, id pelanggan, no ponsel, paswrd yang mau kita pakai serta kode pada gambar lalu tekan Daftar. Kalau gagal di membuat pasword, syaratnya adalah harus mengandung huruf kecil, huruf besar dan angka. Kalau sukses, kita disuruh ngecek email untuk melakukan aktivasi.

Buka enail kita dan temukan kode aktivasi dari PLN, biasanya 9 huruf dan masukkan pada kode yang ada di website PLN, lalu tekan tombol Aktivasi Akun.

Hasilnya adalah Akun Anda Berhasil Aktif. Tekan OK.


Lalu kita kembali pada laman Login, hanya saja sekarang datanya sudah otomatis tersimpan, jadi kita tinggal tekan saja Masuk. Maka kita akan masuk pada laman riwayat tagihan listrik bulan ini plus 5 bulan ke belakang. Contoh laman riwayat tagihan listrik milik Saya :



Memeriksa tagihan listrik PLN melalui aplikasi PLN Mobile
Selain dari situs resmi, Anda juga dapat memeriksa tagihan listrik PLN melalui aplikasi di PLN Mobile. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi PLN Mobile di PlayStore.

Langkah selanjutnya, buka dan jalankan aplikasi PLN Mobile kemudian pilih Pembayaran sehingga Anda dapat memeriksa tagihan listrik Anda secara online melalui ponsel Anda.

Memeriksa tagihan listrik PLN melalui aplikasi PLN Mobile

Kemudian klik Informasi Tagihan dan Token Listrik.



Selanjutnya masukkan kode pelanggan atau ID pelanggan Anda.


Akhirnya aplikasi akan memberikan informasi berapa tagihan listrik bulan ini.



Memeriksa tagihan listrik PLN melalui aplikasi atau website pihak ke tiga
Banyak aplikasi atau website yang juga bisa memberikan informasi taihan listrik. Tentu saja Saya tidak menulisnya satu persatu, mungkin hanya beberapa saja. Sebagai contoh :

Cek Tagihan Listrik PLN dengan Aplikasi Gojek
Aplikasi GOJEK tidak hanya dapat digunakan untuk memesan ojek online atau makanan online. Dengan aplikasi Gojek Anda juga dapat memeriksa dan membayar tagihan bulanan Anda. Salah satunya adalah mengecek tagihan listrik.

Berikut ini adalah tutorial untuk memeriksa tagihan listrik menggunakan aplikasi Gojek. Pertama pastikan Anda memiliki aplikasi Gojek di ponsel Anda. Pastikan aplikasi Gojek Anda sudah disinkronkan dengan akun Anda.

Kemudian mulailah membuka aplikasi gojek Anda dengan memilih menu 'Lainnya'.

Cek Tagihan Listrik PLN dengan Aplikasi Gojek

Lalu klik Tagihan.



Selanjutnya pilih PLN



Selanjutnya ada 3 pilihan yakni PLN Non-Taglis, PLN Pascabayar dan PLN Prabayar. Untuk memeriksa tagihan listrik kita, pilih PLN Pascabayar. Anda cukup memasukkan ID Pelanggan PLN atau nomor meteran listrik Anda.

Kemudian klik 'Lanjut', maka secara otomatis layar hp akan menampilkan jumlah tagihan listrik kita, bersama dengan data PLN kita. Jika Anda ingin membayar dengan Gopay, pastikan saldo Gopay Anda mencukupi.

Jika Anda ingin segera membayar, Anda bisa memilih metode pembayaran, lalu klik 'Bayar Sekarang', dan nanti Anda akan diminta pin akun Gojek untuk keamanan saldo. Laporan pembayaran secara otomatis muncul langsung di layar ponsel.

Cek Tagihan Listrik PLN dengan Aplikasi Tokopedia
Pertama, unduh dan instal aplikasi Tokopedia di ponsel Anda. Anda bisa mengunduhnya dengan mencari di Google Play Store. Selanjutnya setelah diinstal, jalankan aplikasi Tokopedia untuk memeriksa tagihan listrik online melalui ponsel. Pilih menu Tagihan di halaman beranda aplikasi.

Cek Tagihan Listrik PLN dengan Aplikasi Tokopedia

Selanjutnya pilih menu Listrik PLN.


Pastikan Anda memilih Tagihan Listrik kemudian masukkan Nomor Pelanggan PLN Anda.

Selesai, sekarang Anda dapat melihat tagihan PLN Anda setiap bulan, bahkan di aplikasi Tokopedia, ini Anda dapat segera membayar tagihan listrik.

Cek Tagihan Listrik PLN dengan situs Tokopedia
Selain dengan aplikasi Tokopedia, cek tagihan listrik bisa juga melalui website Tokopedia. Silahkan kunjungi laman Cek Tagihan Listrik Tokopedia. Anda akan mendapat laman seperti ini :

Cek Tagihan Listrik PLN dengan situs Tokopedia
Pastikan Anda memilih Tagihan Listrik bukan Token Listrik, karena kita mau ngecek jumlah tagihan listrik. Masukkan no ID Pelanggan Anda dan kemudian tekan tombol Bayar.  Anda akan melihat jumlah tagihan pada bulan tersebut yang harus di bayar.



Jika Anda mau langsung bayar di Tokopedia, tekan saja tombol Lanjut. Nanti kita diarahkan ke halaman pembayaran. Namun kalau hanya pingin tahu jumlah tagihan saja, langkahnya sampai sini saja.

Cek Tagihan Listrik PLN dengan Aplikasi Payfazz
Cek tagihan listrik dengan aplikasi Payfazz ini hampir sama caranya dengan aplikasi lainnya. Hanya dengan ponsel dan koneksi internet, Anda dapat menemukan informasi tentang tagihan listrik setiap bulan di aplikasi ini.

Apa itu Payfazz ? PAYFAZZ adalah platform layanan keuangan berbasis agensi yang dapat membantu dan memfasilitasi transaksi dan pembayaran digital. Kehadirannya bertujuan untuk membantu masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka yang tidak memiliki rekening bank.

Melalui layanan PAYFAZZ, semua pihak sekarang dapat melakukan transaksi keuangan dan pembayaran digital dengan mudah, cepat, nyaman, di mana pun dan kapan pun dalam satu tangan, termasuk dalam hal membayar tagihan listrik.

Cek Tagihan Listrik PLN dengan Aplikasi Payfazz
Adapun cara cek tagihan listrik pascabayar di aplikasi PAYFAZZ adalah buka aplikasi PAYFAZZ lalu pilih menu ‘Pascabayar’. Masukkan nomor meter PLN yang ingin dibayar tagihannya lalu klik ‘Lanjut‘.

Maka secara otomatis jumlah tagihan akan muncul setelah kita memasukan ID Pelanggan yang dimiliki. Jika kita ingin melakukan pembayaran tagihan listrik, langkah selanjutnya adalah measukkan nomor handphone pelanggan untuk menerima SMS konfirmasi pembayaran.

Setelah itu klik ‘Lanjut‘. Pilih metode pembayaran, karena memakai Payfazz, maka coba gunakan saldo PAYFAZZ yang Sobat punya. Masukan kode kupon jika tersedia, namun kosongkan jika tidak memilikinya. Lalu klik ‘Bayar Sekarang‘ untuk melunasi pembayaran tagihan Anda.

Demikian yang bisa Saya sampaikan seputar cara cek tagihan listrik online lewat hp khusunya yang mau cek tagihan listrik pasca bayar PLN atau cek tagihan listrik bulanan.

Cek Tagihan Listrik PLN dengan situs Cekbill
Website lainnya yang bisa Anda gunakan untuk cek tagihan listrik adalah www.cekbill.com. Silahkan kunjungi website tersebut dan Anda akan mandapati tampilan seperti ini :

Cek Tagihan Listrik PLN dengan situs Cekbill

Karena kita mau cek tagihan listrik, pilih saja tombol Cek Tagihan Listrik PLN, jangan teken Cek Berat Badan Ideal ya. Anda akan di arahkan pada laman seperti ini :

Isi ID Pelanggan dan kode yang terlihat lalu tekan Cek Tagihan. Jika inpunya benar dan tiidak ada gangguan jaringan, maka jumlah tagihan akan segera terlihat.

Cek tagihan listrik Blibli
Sama halnya dengan website Tokopedi, Blibli juga menyediakan laman cek tagihan listrik. Silahkan kunungi laman Cek Tagihan Blibli. Akan nampak seperti ini :

Cek tagihan listrik Blibli


Pada tagihan listrik, isi dengan no ID Pelanggan lalu telan tombol Lihat Tagihan. Hasilnya Anda akan mendapatkan jmlah tagihan yang harus dibayar.


Jika mau dibayar di Blibli, silahkan tekan tombol Bayar Sekarang, nantinya Anda akan diarahkan ke halaman pembayaran.



Sumber :
https://www.tribunnews.com/techno/
https://jalantikus.com/
https://www.payfazz.com/


Back To Top