Review Aplikasi Belanja Online



Belanja adalah salah satu aktifitas yang biasa dilakukan oleh manusia, mulai dari kebutuhan pokok sampai kebutuhan tersier maupun produk-produk hobi. Dulu, aktifitas ini mewajibkan kita keluar rumah kalau ingin membeli sesuatu.


Seiring dengan kemajuan teknologi yang sangat cepat, saat ini banyak toko online yang memperingan kegiatan belanja kita. Apalagi, toko online tersebut menyediakan aplikasi yang membuat kita lebih nyaman dalam berbelanja online. Ditambah dengan adanya Hari Belanja Online Nasional atau biasa populer dengan Harbolnas, kegiatan belanja online semakin tak terbendung.


Nah, barangkali Anda telah familiar dengan beberapa online shop yang ada di Indonesia. Diantara Sobat pasti pernah memakai aplikasi toko online itu, apakah itu untuk membeli produk atau hanya melihat-lihat saja. Inilah berbagai aplikasi belanja online terbaik yang bisa Sobat pakai melalui smartphone.


1. Lazada

Lazada telah ada di Indonesia sejak tahun 2014, yang ialah anak perusahaan dari Alibaba Group. Selain di Indonesia, ternyata Lazada pun mempunyai cabang area Asia Tenggara misalnya di Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, hingga Vietnam.


Lazada memiliki kemitraan eksklusif dengan beberapa merk ternama dunia, seperti Apple, Casio, Phillips, sampai Ray Ban. Tentu saja dengan penawaran serta diskon yang menarik. Aplikasi Lazada sendiri memiliki beberapa fitur andalan, mulai dari Chat Now, rekomendasi personal, pencarian menyeluruh, sampai ulasan  dan rating pengguna buat setiap produk.


2. Shopee

Buat aplikasi yang ini Anda pasti sering dengar atau lihat iklannya? Ya, Shopee pun mempromosikan bermacam macam barang dengan harga murah. Disamping itu, packingnya rapi! Penawarannya juga banyak, kerapkali terdapat penawaran gratis ongkir hingga diskon lain yang tentu menggiurkan.


Buat pembayaran, Sobat dapat membayar barang belanjaan dengan cara bank transfer, kartu kredit, serta internet banking. Shopee pun menyiapkan cara pembayaran bayar di tempat alias COD.


3. Bukalapak

Aplikasi belanja online yang selanjutnya tak hanya terkenal di Indonesia sebagai aplikasi toko online paling terpercaya serta terbaik, tetapi pula populer sebagai salah satu kompetitor dari Tokopedia. Aplikasi ini adalah Bukalapak yang dibangun oleh Achmad Zacky pada tahun 2010.


Walaupun berjarak satu tahun dengan Tokopedia, tetapi Bukalapak bisa mengejar dari segi mutu, jumlah pasar, serta banyaknya fitur yang ada di sini. Bahkan kini keduanya menjadi salah satu Unicorn terbesar dan paling berpengaruh di Asia.


Salah satu keunggulan dari Bukalapak ialah Sobat bisa menggunakan pembayaran melalui aplikasi dompet digital DANA yang masih menyediakan layanan gratis biaya transaksi kemanapun serta terdapat juga fitur tawar dalam aplikasi belanja online yang tentu sangat bermanfaat untuk pembeli yang suka tawar-menawar. Amat menarik bukan?


4. Tokopedia

Tokopedia ialah salah satu aplikasi belanja online terbaik yang ada sekarang ini. Tidak hanya menjadi pembeli barang saja, di sini Anda pun bisa menjadi seller alias pelapak. Disamping itu, Tokopedia juga memiliki banyak akun official dari seller terpercaya. Akun official itu antara lain ada Sony, Mi Indonesia, Samsung Mobile, dan masih ada lagi!


Terbaru, Tokopedia dan OVO menyediakan metode pembayaran bernama OVO Pay Later. Nah, Sobat dapat berbelanja dan membayarnya nanti alias kredit. Selain itu, cara pembayaran lainnya adalah ATM transfer, internet banking, mobile banking, OVO, kartu kredit, aplikasi kredit online, serta lainnya.


5. JD.id

JD.ID merupakan aplikasi belanja online yang berasal dari Tiongkok. Nah, Jika di Tiongkok nama websitenya ialah JD.com. Karena di Indonesia, maka namanya juga berubah menjadi JD.ID. Di sini Anda bisa menemukan berbagai barang mulai dari hp, tablet, earphone, charger, laptop, pakaian, aksesoris elektronik, sampai makanan dan minuman dengan harga yang murah.


Anda juga dapat belanja barang dari luar negeri pada pilihan Global. Buat pengirimannya pun tak terlalu lama.


6. Blibli.com

Dengan lebih dari 3.2 juta barang yang terbagi menjadi 15 kategori, Blibli.com bisa dibilang termasuk salah satu toko online paling besar yang beroperasi di Indonesia pada saat ini. Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Blibli.com adalah Sobat dapat memilih cicilan 0% buat membeli produk-produk favorit. Blibli.com pun telah melakukan kerjasama dengan 16 bank.


Selain itu, Sobat juga dapat memilih cara pembayaran yang lain misalnya cicilan tanpa kartu kredit dengan memakai Home Credit, Akulaku atau Kredivo.


7. Zalora

Bagi Sobat yang ingin tampil dengan fashion yang sedang nge-trend Anda bisa belanja baju, celana, rok, tas, serta sepatu tanpa mesti muter-muter pusat perbelanjaan dengan memakai aplikasi belanja online Zalora.


Produk-produknya pun asli! Tentu dengan harga yang ramah kantong. Zalora pun terkadang mempromosikan diskon spesial kepada para pelanggannya dengan menggunakan kode promo.


8. Akulaku

Merupakan aplikasi mobile ecommerce yang memudahkan Sobat berbelanja dengan cepat. Aplikasi ini Anda dapat melakukan pembelian dengan cara cicilan tanpa kartu kredit. Aplikasi Akulaku memastikan bahwa uang Sobat akan dikasihkan  kepada seller bila Anda sudah menerima pesanan Anda dengan baik.


9. OLX

OLX ialah aplikasi yang tepat untuk  Sobat buat jual-beli barang dan jenis apapun. Aplikasi OLX ini dibuat demi satu tujuan utama, yakni mempermudah proses jual-beli yang cepat serta ringkas buat para pemakai di seluruh Indonesia. Produk yang dijual oleh aplikasi ini beragam mulai dari motor, ponsel pintar, Asesoris dan lain-lain.


10. AliExpress

Jika Anda ingin beli produk luar negeri, AliExpress ialah aplikasi belanja online yang dapat Anda coba. Aplikasi yang berkantor pusat di Tiongkok ini mempromosikan bermacam macam jenis produk kepada pembeli khususnya yang dari Indonesia.


Aplikasi yang diluncurkan oleh Alibaba itu juga mempromosikan diskon dan penawaran gratis ongkir. Buat metode pembayaran pun, Sobat dapat melaksanakan pembayaran lewat toko ritel, seperti Alfamart.


11. Alibaba

Alibaba ialah aplikasi jual-beli online global. Dengan kata lain, aktivitas belanja online-nya antar negara. Sobat dapat membeli bermacam macam produk dari suppliers yang ada diberbagai macam belahan dunia.


Untuk pembayarannya, Sobat harus memakai kartu kredit atau kartu debit berlogo VISA atau MasterCard.


12. Amazon

Pastinya Sobat sering mendengar aplikasi yang satu ini! Ya, Amazon merupakan aplikasi belanja online yang amat populer di dunia. Tidak cuma di luar negeri saja, Anda yang tinggal di Indonesia juga bisa berbelanja di Amazon.


Barang-barang yang dijual di Amazon pun bervariasi dan buat metode pembayarannya sendiri dapat via PayPal, atau kartu kredit/kartu debit.


13. Carousell

Tak cuma belanja barang saja, di aplikasi Carousell Sobat bisa menjadi pelapak pula. Barang-barang yang ditawarkan di aplikasi belanja online ini mulai dari fesyen, pakaian, aksesoris, produk kecantikan, produk elektronik, furnitur, buku, mobil, sepeda, serta yang lainnya.


Demikianlah aplikasi belanja online terbaik dan terpercaya di Indonesia. Bila Sobat mau merasakan belanja daring yang aman dan nyaman, silahkan gunakanlah satu dari aplikasi yang sudah kita jelaskan di atas supaya Sobat tetap nyaman berbelanja online, tak takut ditipu dan barang sampai ditangan Sobat tanpa pergi keluar rumah.


Referensi :

https://www.idntimes.com/tech/trend/aswar-riki/awas-bikin-ketagihan-ini-7-aplikasi-belanja-online-terbaik-di-android-c1c2/7

https://teknobos.com/aplikasi-belanja-online-android/

https://www.centerklik.com/aplikasi-belanja-online-terbaik-terpercaya-indonesia/

https://sushi.id/aplikasi-belanja-online/


Back To Top