Situs Belanja Online Terbesar di Indonesia



E-commerce Indonesia saat ini bisa dikatakan sudah bisa berbicara di Asia Tenggara dalam hal teknilogi star up. Pemain seperti Lippo Group, Internet Rocket, Sequoia Capital, SoftBank, dan yang lainnya sudah lama berkecimpung dalam bisnis ritel online ini secara serius. Namun demikian, penjualan online masih mencapai kurang dari satu persen dari seluruh sektor ritel di negera kita.

Saya sudah menyusun daftar situs belanja online terbesar di Indonesia yang bisa menjadi acuan buat Anda untuk berbelanja online. Dalam menyusun daftar ini Saya punya beberapa aturan sendiri dengan menetapkan batas minimum lalu lintas websitu adalah 80.000 kunjungan per hari serta mengelompokkannya berdasarkan kategori website.

Inilah daftar situs belanja online paling populer di Indonesia saat ini (2106).

Kategori jual langsung

Lazada Indonesia
Lazada adalah sebuah mal online, menawarkan pilihan barang berbagai merek dunia yang paling populer. Saat ini, Lazada Indonesia merupakan situs e-commerce terkemuka di Indonesia. Pada mulanya, Lazada adalah startup internasional yang lahir dari perusahaan Jerman pembangun Rocket Internet. Saat ini, perusahaan mengklaim bahwa Rocket hanyalah pemegang saham.

MatahariMall
MatahariMall adalah sebuah usaha e-commerce dari Grup Lippo, merupakan salah satu pasar terbesar dan terlengkap di Indonesia yang mencakup produk fashion, kesehatan dan kecantikan, elektronik, rumah, bahan makanan, buku, dan hiburan. MatahariMall sangat kontroversial karena mengklaim memiliki dana US $ 500 juta di awal tahun ini. Perusahaan itu masih mendapat sebagian besar modal dari dua bank yang berbeda. MatahariMall memiliki kepemimpinan yang kuat dengan CEO bernama Hadi Wenas. Dan semenjak situs ini diluncurkan, persaingan antara Lazada Indonesia dan MatahariMall akanterlihat begitu sengit.

Bhinneka
Bhinneka menjual komputer, server, perangkat lunak, fotografi dan aksesoris, peripheral, aksesoris komputer, dan elektronik. Bhinneka adalah salah satu pemain pertama yang muncul sebagai e-commerce Indonesia dengan gadget sebagai produk utamanya. Perusahaan ini telah bertahan selama lebih dari 14 tahun dan telah memperluas kategori produknya termasuk alat musik dan mainan.

BliBli
Sejak 2011, Blibli telah sebagai salah satu mal belanja online pelopor di Indonesia. Platform e-commerce lahir dari Grup Djarum. Selama beberapa tahun, telah dianggap sebagai pesaing yang layak di Jakarta.

Zalora Indonesia
Zalora adalah situs yang menawarkan fashion dan produk sepatu atau sendal. Situs ini mulanya adalah sebuah startup internasional lahir dari perusahaan Jerman pembangun Rocket Internet. Namun, mirip dengan Lazada Group, kemungkinan bahwa Internet Rocket tetap sebagai pemegang saham saja.

BerryBenka
Berrybenka adalah  toko online fashion dan kecantikan di Indonesia. Berrybenka menjual lebih dari 1.000 merek lokal dan internasional, termasuk label sendiri.

Tiket
Tiket.com adalah website pemesanan tiket online untuk perjalanan dan hiburan. Tiket yang dijual adalah tiket penerbangan, kereta api, hotel, penyewaan mobil, dan event.

Traveloka
Traveloka adalah portal online terbesar untuk pemesanan pesawat dan hotel di Indonesia.


Kategori pasar online

Tokopedia
Tokopedia adalah sebuah pasar online yang memungkinkan individu dan pemilik usaha di Indonesia untuk membuka dan mengelola toko online mereka secara gratis.


Situs Belanja Online Terbesar di Indonesia


Bukalapak
Bukalapak situs e-commerce lain yang berfokus dalam membantu usaha mikro, kecil, dan menengah yang menjual secara online. Dalam beberapa tahun terakhir, Bukalapak telah dikenal sebagai pesaing Tokopedia.

Qoo10 Indonesia
Qoo10 merupakan proyek patungan antara eBay dan pasar Korea Selatan Gmarket. Qoo10 mengklaim menawarkan sebuah platform e-commerce yang mulus untuk penjual, serta solusi one-stop shopping untuk pembeli lokal dan global.

Elevania
Elevenia memungkinkan pengguna membeli dan menjual berbagai produk dalam kategori yang berbeda, termasuk fashion, kecantikan dan kesehatan, bayi dan anak-anak, rumah dan kebun, gadget dan komputer, elektronik, olahraga, dan lain-lain. Elevenia adalah perusahaan patungan antara telco XL Axiata dan perusahaan jasa Korea Selatan SK Planet.

Blanja
Blanja adalah perusahaan patungan antara eBay dan Telkom Indonesia yang  menyediakan berbagai produk dan promosi.

Rakuten Indonesia
Rakuten adalah perusahaan teknologi yang menyediakan layanan bisnis yang berfokus pada e-commerce, e-reading, travel, perbankan, sekuritas, dan banyak lagi. Situs ini telah bermitra dengan konglomerat media Indonesia MNC, tetapi memisahkan diri dari perusahaan patungan. Saat ini, Rakuten adalah anak perusahaan yang berdiri sendiri dari induknya di Jepang.


Kategori forum dan website iklan

Kaskus
Kaskus adalah komunitas online terbesar di Indonesia. Dibuat pertama kali sebagai forum online, tapi sekarang tumbuh menjadi salah satu platform e-commerce terpanas Indonesia. Pengguna dapat memposting artikel di dalam platform serta membeli dan menjual barang-barang di sini.

OLX Indonesia
OLX adalah platform iklan baris online yang memungkinkan pengguna untuk membuat iklan dan menampilkannya di jejaring sosial. Situs ini dibangun pada tahun 2003 dengan nama Tokobagus. Pada tahun 2014, berubah nama menjadi OLX Indonesia, dan kemudian bergabung dengan pesaingnya Berniaga.

Jualo
Merupakan website berplatform iklan baris yang mendorong pengguna untuk tawar-menawar, negosiasi, atau bahkan hanya bertukar barang dan jasa tanpa pembayaran.

Lamudi
Lamudi adalah situs yang menghubungkan penjual, pembeli, dan penyewa rumah, tanah, dan properti komersial. Ini adalah startup internasional yang lahir dari perusahaan Jerman pembangun Rocket Internet.

Rumah123
Rumah123 adalah situs properti yang melayani orang Indonesia dalam mencari rumah, apartemen, toko, tanah, dan properti lainnya. Rumah123 ini cabang dari Malaysia iProperty Group, yang terdaftar di Bursa Efek Australia.

Rumah
Rumah.com menyediakan fitur pencarian untuk berbagai jenis properti: perumahan, komersial, dan industri. Rumah.com diakuisisi oleh Singapore's PropertyGuru kembal pada tahun 2011. Saat ini, situs ini juga sebagian dimiliki dan dijalankan oleh Emtek KMK online di Indonesia.

Carmudi
Carmudi adalah pasar kendaraan di mana pengguna dapat membeli dan menjual mobil, sepeda motor, dan kendaraan komersial. Ini adalah startup internasional yang lahir dari perusahaan Jerman pembangun Rocket Internet.

Mobi1123
Mobil123 ini bisa dibilang situs iklan baris mobil paling populer di Nusantara. Perusahaannya adalah bagian dari iProperty Group, yang dijual ke iCar Asia pada tahun 2012.

Itulah beberapa situs belanja online yang bisa masuk kategori terbesar di Indonesia saat ini.


Back To Top