Cara Aman Belanja Online dengan Menggunakan Kartu Kredit



Berbelanja online semakin membudaya saja, mungkin karena kemudahan dalam bertransaksi, hanya dengan klik dari kamar, kita sudah bisa berbelanja dan barang pun datang sendiri ke rumah, nggak usah cape-cape muter-muter di mall. Beragamnya toko online, maka beragam pula cara pembayaran transaksi online tersebut, mulai dari transfer bank, paypal dan jua kartu kredit. Kali ini Saya akan membahas bagaimana cara belanja online dengan menggunakan kartu kredit yang Anda punya baik itu kartu kredit Mandiri, BCA ataupun cara belanja dengan kartu kredit BNI. Yang jelas jangan belanja online dengan kartu kredit orang lain tanpa izin ya, itu namanya maling.

Hal ini perlu diketahui, soalnya masih ada juga orang yang berbelanja online yang cara bayarnya pake kartu kredit namun tahu-tahu tertipu juga. Nah, ketika Anda berbelanja dengan memakai kartu kredit, maka akan diminta :
- Nama pada kartu kredit
- Nomor kartu kredit
- Masa berlaku
- Kode verifikasi (CVV/CVC)
- Alamat pengiriman

Kode verifikasi adalah 3 digit terakhir dari nomor yang ada di belakang kartu, adalah angka rahasia bagi pemilik kartu kredit. Nomor, nama dan masa berlaku pun sebaiknya jangan sampai diketahui oleh orang lain. Tiap kartu kredit punya nomor ini atau dikenal juga kode keamanan kartu kredit Mandiri, BCA, BNI dan lain-lain.

Agar terhindar dari penipuan, usahakan berbelanja di toko online yang sudah terpercaya baik itu di Indonesia maupun di luar negeri. Rekomendasi Saya, untuk memilih tempat belanja online terpercaya di Indonesia, silahkan bisa dilihat di artikel tentang daftar tempat belanja online termurah dan terpercaya. Begitu juga jika Anda mau berbelanja barang dari luar negeri, cek dulu tingkat kepercayaan konsumen terhadap situs tersebut.


Cara Belanja Online dengan Kartu Kredit



Hati-hati juga dalam menulis alamat url dari toko online tersebut. Beda akhiran domain walau nama domainnya sama, pasti beda websitenya. Pastikan juga, alamatnya diawali dengan https: karena dengan alamat tersebut berarti toko online itu menggunakan sistem keamanan yang bagus.

Pastikan juga ketika bertransaksi dengan kartu kredit, menggunakan komputer atau laptop pribadi, jangan bertransaksi dengan karu kredit di warnet atau pinjem laptop orang lain karena data kita rentan dicuri orang. Begitu juga hindari bertransaksi pakai kartu kredit dengan menggunakan ponsel cerdas.

Setelah checkout, sebaiknya simpan bukti pembayaran tadi untuk nanti dibandingkan dengan lembaran tagihan kartu kredit, agar jika ada masalah di kemudian hari, data tersebut bisa dijadikan bukti.

Setelah Anda berbelanja dengan kartu kredit, pastikan tidak memberi data selain data yang diminta di atas, misalnya diminta menuliskan lagi kartu kredit data pada kolom keterangan. Jika ada, dipastikan toko online tersebut akan berbuat curang pada pengguna kartu kredit tersebut. Atau jika di kemudian hari Anda menerima email yang menyatakan ada masalah dengan pesanan dan meminta Anda mengirimkan nomor kartu kredit melalui email, abaikan email tersebut karena kemungkinan besar itu merupakan penipuan. Jadi hati-hatilah dalam memberi informasi seputar kartu kredit.

Itulah beberapa informasi penting tentang cara aman belanja online pakai kartu kredit yang harus Anda perhatikan ketika berbelanja online dengan menggunakan kartu kredit serta info yang berkaitan dengan cara transaksi online dengan kartu kredit.

Lalu seberapa aman transaksi kartu kredit online ? Nantikan jawabannya di artikel selanjutnya termasuk artikel tentang toko online yang bisa kredit tanpa kartu kredit.


Back To Top