Maksud Kata PO dalam Jual Beli Online



Ketika berbelanja secara online, seringkali kita menerima pesan dari penjual yang menggunakan istilah PO. Bagi yang sudah berkutat dengan dunia online, istilah PO memang sudah tak asing lagi. Namun bagaimana dengan yang baru mulai belanja online, tentunya bingung dengan arti PO kalau menerima pesan itu.

Pada dunia digital atau internet, arti PO sendiri mempunyai beragam arti, tergantung konteks atau isi dari pokok bahasannya. Namun  buat toko online sendiri, arti PO ialah singkatan dari pre-order. Istilah ini dipakai pada waktu produk yang hendak kita beli mesti dilakukan pemesanan lebih dahulu, sebab barang belum ready stock.

Jadi pada saat Anda menemui terdapat penjual yang menawarkan barang dagangan dengan menyebut kalimat contohnya “barangnya PO ya Sist..” hal itu punya arti kita memesan dan membayar barang yang kita kehendaki terlebih dahulu.

Mengapa terdapat penjual yang mempromosikan dan menjual produknya dengan cara PO? Hal ini berhubungan dengan stok produk yang biasanya cuma ada dalam jumlah terbatas atau eksklusif. Selain itu, penjualan barang dengan cara pre-order pun mempunyai berbagai kelebihan, antara lain:

Dengan cara PO, Sobat sebagai pembeli bakal digaransi memperoleh produk yang diinginkan dan tidak bakal kehabisan stock. Biasanya, pihak seller akan memprioritaskan untuk mengirimkan barang ke pembeli yang lebih dahulu melakukan PO.

Dalam berbagai kesempatan, biasanya seller akan membanderol harga produk dengan lebih murah dibanding harga dengan pembelian normal. Disamping itu, penjulaan dengan cara PO biasanya akan dikasih bonus-bonus tertentu, ini seringkali ditemui kalau ada produk-produk yang baru dirilis.

Walau mempunyai banyak kelebihan, pembelian dengan cara PO kurang cocok jika Sobat sangat membutuhkan produk itu dalam waktu dekat. Sebab hal ini berkaitan dengan estimasi pengiriman barang yang kadang-kadang lebih lama dari biasannya lama pengiriman.

Jadi, gimana dengan Anda? Sudah ngerti kan apa arti PO yang selama ini Anda kerap temui ketika berbelanja online, terutama pada waktu terdapat pihak yang menawarkan produk via medsos?

Walau banyak istilah PO yang ada di internet, misal Payout atau Purchase Order namun  sesuai dengan konteks bahasan kita kali ini, pengertian PO yang berhubungan dengan belanja online yang kerap ditemui di grup jual beli di media sosial adalah PO.

Sumber :
https://www.recode.id/arti-po-saat-belanja-di-online-shop/


Back To Top