PO dalam Online Shop Artinya



Ketika berbelanja secara online, kerapkali kita menerima pesan dari penjual yang menggunakan istilah PO. Untuk yang sudah berkutat dengan dunia online, istilah PO memang sudah tak asing lagi. Tapi gimana dengan yang baru mulai belanja online, pasti bingung dengan arti PO jika menerima pesan tersebut.

Pada dunia digital atau internet, arti PO sendiri mempunyai berbagai arti, sesuai konteks atau isi dari pokok bahasannya. Namun  bagi online shop sendiri, arti PO adalah kepanjangan dari pre-order. Istilah ini digunakan pada saat barang yang akan kita beli harus dilakukan pemesanan lebih dahulu, karena produk belum ready stock.


Jadi ketika Sobat menemui ada seller yang menawarkan produk dagangan dengan menyebut kalimat contohnya “barangnya PO ya Sist..” hal itu berarti kita memesan serta membayar produk yang kita inginkan terlebih dahulu.


Kenapa terdapat seller yang menawarkan dan menjual produknya dengan cara PO? Hal ini berkaitan dengan ketersedian barang yang umumnya hanya ada dalam jumlah terbatas atau eksklusif. Selain itu, penjualan barang secara PO pun memiliki beberapa kelebihan, yakni:


Dengan cara pre-order, Anda sebagai pembeli bakal dijamin mendapatkan barang yang dikehendaki serta tak akan kehabisan stock. Umumnya, pihak seller akan mengutamakan buat mengirimkan barang ke pembeli yang lebih dahulu melakukan PO.


Dalam berbagai kesempatan, biasanya penjual akan membanderol harga barang dengan lebih murah dibanding harga dengan pembelian normal. Selain itu, penjulaan dengan cara PO umumnya bakal dikasih bonus-bonus tertentu, ini seringkali ditemui apabila terdapat barang-barang yang baru dirilis.


Meski memiliki berbagai kelebihan, pembelian dengan cara PO kurang cocok jika Anda amat membutuhkan produk itu dalam waktu dekat. Karena hal ini berhubungan dengan estimasi pengiriman barang yang kadang-kadang lebih lama dari umumnya lama pengiriman.


Jadi, gimana dengan Anda? Telah ngerti kan apa arti PO yang selama ini Sobat sering temui pada waktu berbelanja online, khususnya pada saat terdapat pihak yang menawarkan produk melalui sosmed?


Meski banyak istilah PO yang terdapat di internet, misal Payout atau Purchase Order tetapi  sesuai dengan konteks bahasan kita saat ini, arti PO yang berhubungan dengan belanja online yang kerap ditemui di grup jual beli di media sosial ialah pre-order.


Sumber :



https://www.recode.id/arti-po-saat-belanja-di-online-shop/



Back To Top