Apa Arti Kata PO dalam Online Shop



Pada waktu berbelanja dengan cara online, seringkali kita mendapatkan pesan dari seller yang memakai istilah PO. Untuk yang telah berkutat dengan dunia online, istilah PO memang sudah tak asing lagi. Tapi bagaimana dengan yang baru mengawali belanja online, tentunya bingung dengan arti PO kalau mendapat pesan itu.

Pada dunia digital atau internet, arti PO sendiri memiliki berbagai makna, tergantung konteks atau isi dari pokok bahasannya. Tetapi  bagi toko online sendiri, arti PO ialah singkatan dari pre-order. Istilah ini digunakan ketika barang yang hendak kita beli harus dilakukan pemesanan lebih dahulu, sebab produk belum ready stock.


Jadi pada waktu Anda menemui ada seller yang mempromosikan barang dagangan dengan menyebut kalimat misalnya “barangnya PO ya Sist..” hal itu berarti kita memesan serta membayar produk yang kita inginkan terlebih dahulu.


Kenapa ada penjual yang mempromosikan dan menjual barangnya dengan cara PO? Hal ini berkaitan dengan stok produk yang biasanya hanya ada dalam jumlah terbatas atau eksklusif. Selain itu, penjualan produk dengan cara PO pun mempunyai beberapa keuntungan, antara lain:


Dengan cara PO, Sobat sebagai pembeli akan dijamin mendapatkan barang yang dikehendaki serta tidak bakal kehabisan stock. Biasanya, pihak penjual bakal mengutamakan buat mengirimkan barang ke pembeli yang lebih dahulu melakukan PO.


Dalam berbagai kesempatan, biasanya seller akan membanderol harga barang dengan lebih murah dibanding harga dengan pembelian normal. Selain itu, penjulaan dengan cara pre-order umumnya bakal dikasih bonus-bonus tertentu, ini seringkali ditemui kalau ada produk-produk yang baru dirilis.


Meski mempunyai banyak kelebihan, pembelian dengan cara pre-order kurang cocok jika Sobat amat memerlukan barang tersebut dalam waktu dekat. Sebab hal ini berkaitan dengan tujuan pengiriman produk yang kadang-kadang lebih lama dari umumnya lama pengiriman.


Jadi, bagaimana dengan Anda? Telah paham kan apa arti PO yang selama ini Sobat kerap temui saat berbelanja online, terutama ketika terdapat pihak yang menawarkan produk lewat medsos?


Walau banyak istilah PO yang terdapat di internet, misal Payout atau Purchase Order namun  sesuai dengan konteks bahasan kita kali ini, arti PO yang berkaitan dengan belanja online yang kerap ditemui di grup jual beli di media sosial adalah PO.


Sumber :



https://www.recode.id/arti-po-saat-belanja-di-online-shop/



Back To Top