Artinya PO dalam Online Shop



Pada waktu berbelanja dengan cara online, seringkali kita menerima pesan dari penjual yang menggunakan istilah PO. Buat yang telah berkutat dengan dunia online, istilah PO memang telah tak asing lagi. Tapi gimana dengan yang baru mulai belanja online, tentunya bingung dengan arti PO jika menerima pesan tersebut.

Dalam dunia digital atau internet, arti PO sendiri memiliki beragam arti, sesuai konteks atau isi dari pokok bahasannya. Tetapi  buat online shop sendiri, arti PO adalah kepanjangan dari pre-order. Istilah ini dipakai ketika barang yang ingin kita beli mesti dilakukan pemesanan lebih dahulu, karena produk belum ready stock.


Jadi pada saat Sobat menemui terdapat penjual yang menawarkan barang dagangan dengan menyebut kalimat contohnya “barangnya PO ya Sist..” hal itu berarti kita memesan serta membayar barang yang kita inginkan terlebih dahulu.


Kenapa terdapat seller yang menawarkan serta menjual produknya dengan cara PO? Hal ini berkaitan dengan stok barang yang umumnya hanya ada dalam jumlah terbatas atau eksklusif. Selain itu, penjualan barang secara PO pun mempunyai berbagai keuntungan, yaitu:


Dengan cara pre-order, Anda sebagai pembeli bakal dijamin mendapatkan produk yang diinginkan dan tidak akan kehabisan stock. Biasanya, pihak penjual bakal mengutamakan buat mengirimkan barang ke pembeli yang lebih dahulu melakukan pre-order.


Dalam berbagai kesempatan, umumnya seller bakal membanderol harga barang dengan lebih murah dibanding harga dengan pembelian normal. Disamping itu, penjulaan dengan cara pre-order biasanya akan dikasih bonus-bonus tertentu, ini seringkali ditemui jika ada produk-produk yang baru dirilis.


Walau mempunyai banyak kelebihan, pembelian dengan cara pre-order kurang cocok kalau Sobat amat membutuhkan produk tersebut dalam waktu dekat. Karena hal ini berkaitan dengan estimasi pengiriman produk yang kadang-kadang lebih lama dari umumnya lama pengiriman.


Jadi, bagaimana dengan Anda? Sudah paham kan apa arti PO yang selama ini Anda kerap temui pada waktu berbelanja online, khususnya ketika terdapat pihak yang menawarkan barang lewat sosial media?


Walau banyak istilah PO yang terdapat di internet, misal Payout atau Purchase Order tetapi  sesuai dengan konteks bahasan kita kali ini, arti PO yang berkaitan dengan belanja online yang sering ditemui di grup jual beli di sosial media ialah PO.


Sumber :



https://www.recode.id/arti-po-saat-belanja-di-online-shop/



Back To Top