Arti Kata PO dalam Jual Beli Online



Pada waktu berbelanja dengan cara online, seringkali kita menerima pesan dari seller yang menggunakan istilah PO. Bagi yang sudah berkutat dengan dunia online, istilah PO memang sudah tidak asing lagi. Namun bagaimana dengan yang baru mengawali belanja online, pasti bingung dengan arti PO jika mendapat pesan itu.

Dalam dunia digital atau internet, arti PO sendiri memiliki berbagai makna, sesuai konteks atau isi dari pokok bahasannya. Namun  buat online shop sendiri, arti PO ialah kepanjangan dari pre-order. Istilah ini digunakan pada waktu barang yang ingin kita beli harus dilakukan pemesanan lebih dahulu, sebab barang belum ready stock.


Jadi ketika Sobat menemui terdapat penjual yang menawarkan produk dagangan dengan menyebut kalimat misalnya “barangnya PO ya Sist..” hal itu berarti kita memesan dan membayar produk yang kita inginkan terlebih dahulu.


Kenapa terdapat seller yang menawarkan serta menjual barangnya dengan cara PO? Hal ini berhubungan dengan stok barang yang biasanya hanya ada dalam jumlah terbatas atau eksklusif. Disamping itu, penjualan barang dengan cara PO pun memiliki beberapa keuntungan, yaitu:


Dengan cara PO, Anda sebagai pembeli bakal dijamin memperoleh barang yang dikehendaki serta tidak akan kehabisan stock. Biasanya, pihak seller akan memprioritaskan buat mengirimkan barang ke pembeli yang lebih dahulu melakukan PO.


Dalam beberapa kesempatan, umumnya seller bakal membanderol harga produk dengan lebih murah dibanding harga dengan pembelian normal. Selain itu, penjulaan dengan cara pre-order umumnya akan diberikan bonus-bonus tertentu, ini kerapkali ditemui jika ada produk-produk yang baru dirilis.


Walau mempunyai berbagai kelebihan, pembelian dengan cara PO kurang cocok kalau Anda sangat memerlukan barang tersebut dalam waktu dekat. Sebab hal ini berkaitan dengan tujuan pengiriman produk yang terkadang lebih lama dari umumnya lama pengiriman.


Jadi, gimana dengan Sobat? Telah ngerti kan apa arti PO yang selama ini Anda kerap temui pada waktu berbelanja online, khususnya pada waktu ada yang menawarkan barang lewat medsos?


Meski banyak istilah PO yang ada di internet, contohnya Payout atau Purchase Order namun  sesuai dengan konteks bahasan kita saat ini, arti PO yang berkaitan dengan belanja online yang sering ditemui di grup jual beli di sosial media ialah pre-order.


Sumber :



https://www.recode.id/arti-po-saat-belanja-di-online-shop/



Back To Top