Apa Arti PO dalam Jual Beli Online



Saat berbelanja dengan cara online, seringkali kita mendapatkan pesan dari seller yang memakai istilah PO. Untuk yang telah berkutat dengan dunia online, istilah PO memang telah tidak asing lagi. Tapi gimana dengan yang baru mulai belanja online, tentunya bingung dengan arti PO jika menerima pesan tersebut.

Dalam dunia digital atau internet, arti PO sendiri memiliki berbagai arti, tergantung konteks atau isi dari pokok bahasannya. Namun  bagi toko online sendiri, arti PO adalah singkatan dari pre-order. Istilah ini dipakai pada saat produk yang akan kita beli mesti dilakukan pemesanan lebih dahulu, sebab produk belum ready stock.


Jadi ketika Sobat menemui ada seller yang menawarkan barang dagangan dengan menyebut kalimat contohnya “barangnya PO ya Sist..” hal itu berarti kita memesan dan membayar produk yang kita inginkan terlebih dahulu.


Mengapa ada seller yang mempromosikan dan menjual barangnya dengan cara PO? Hal ini berhubungan dengan ketersedian barang yang umumnya hanya ada dalam jumlah terbatas atau eksklusif. Disamping itu, penjualan produk dengan cara pre-order juga mempunyai beberapa kelebihan, antara lain:


Dengan cara pre-order, Sobat sebagai pembeli bakal dijamin memperoleh produk yang dikehendaki serta tidak bakal kehabisan stock. Biasanya, pihak penjual bakal mengutamakan untuk mengirimkan barang ke pembeli yang lebih dahulu melakukan PO.


Dalam berbagai kesempatan, umumnya seller akan membanderol harga barang dengan lebih murah dibanding harga dengan pembelian normal. Disamping itu, penjulaan dengan cara pre-order biasanya akan diberikan bonus-bonus tertentu, ini kerapkali ditemui jika ada produk-produk yang baru dirilis.


Walau mempunyai banyak keuntungan, pembelian dengan cara PO kurang cocok jika Sobat sangat membutuhkan produk itu dalam waktu dekat. Karena hal ini berhubungan dengan tujuan pengiriman barang yang kadang-kadang lebih lama dari biasannya lama pengiriman.


Jadi, gimana dengan Anda? Telah ngerti kan apa arti PO yang selama ini Anda kerap temui pada waktu berbelanja online, terutama pada waktu ada yang mempromosikan barang melalui sosmed?


Meski banyak istilah PO yang terdapat di internet, misal Payout atau Purchase Order namun  sesuai dengan konteks bahasan kita saat ini, arti PO yang berkaitan dengan belanja online yang kerap ditemui di grup jual beli di sosmed ialah pre-order.


Sumber :



https://www.recode.id/arti-po-saat-belanja-di-online-shop/



Back To Top