PO dalam Online Shop



Saat berbelanja dengan cara online, kerapkali kita menerima pesan dari penjual yang menggunakan istilah PO. Untuk yang sudah berkutat dengan dunia online, istilah PO memang telah tidak asing lagi. Namun gimana dengan yang baru mengawali belanja online, tentunya bingung dengan arti PO kalau menerima pesan tersebut.

Dalam dunia digital atau internet, arti PO sendiri memiliki beragam arti, sesuai konteks atau isi dari pokok bahasannya. Tetapi  untuk toko online sendiri, arti PO adalah kepanjangan dari pre-order. Istilah ini dipakai pada waktu barang yang akan kita beli harus dilakukan pemesanan lebih dahulu, sebab produk belum ready stock.


Jadi ketika Anda menemui ada seller yang mempromosikan barang dagangan dengan menyebut kalimat misalnya “barangnya PO ya Sist..” hal itu punya arti kita memesan serta membayar barang yang kita kehendaki terlebih dahulu.


Kenapa ada penjual yang menawarkan serta menjual barangnya dengan cara PO? Hal ini berhubungan dengan stok barang yang biasanya hanya ada dalam jumlah terbatas atau eksklusif. Disamping itu, penjualan produk secara pre-order juga memiliki berbagai keuntungan, antara lain:


Dengan cara PO, Sobat sebagai pembeli akan digaransi mendapatkan produk yang diinginkan dan tak akan kehabisan stock. Umumnya, pihak seller akan mengutamakan untuk mengirimkan produk ke pembeli yang lebih dahulu melakukan PO.


Dalam beberapa kesempatan, umumnya penjual bakal membanderol harga produk dengan lebih murah dibanding harga dengan pembelian normal. Selain itu, penjulaan dengan cara PO biasanya akan diberikan bonus-bonus tertentu, ini seringkali ditemui apabila ada produk-produk yang baru dirilis.


Walau mempunyai banyak kelebihan, pembelian dengan cara PO kurang cocok kalau Sobat amat membutuhkan produk itu dalam waktu dekat. Karena hal ini berhubungan dengan estimasi pengiriman produk yang terkadang lebih lama dari umumnya lama pengiriman.


Jadi, bagaimana dengan Anda? Telah paham kan apa arti PO yang selama ini Anda kerap temui saat berbelanja online, khususnya pada saat terdapat pihak yang menawarkan barang lewat sosial media?


Meski banyak istilah PO yang terdapat di internet, misal Payout atau Purchase Order namun  sesuai dengan konteks bahasan kita kali ini, arti PO yang berkaitan dengan belanja online yang kerap ditemui di grup jual beli di media sosial adalah pre-order.


Sumber :



https://www.recode.id/arti-po-saat-belanja-di-online-shop/



Back To Top