Pembelian Online



Pembelian online adalah kegiatan memesan barang secara online atau kegiatan belanja yang dilakukan melalui media internet. Seiring dengan perkembangan teknologi terutama sejak diperkenalkannya internet sebagai media baru, penggunaan internet sebagai media jual beli telah meningkat.

Pembelian online atau belanja barang online sekarang menjadi gaya hidup masyarakat modern, di mana trennya meningkat. Banyaknya manfaat dan kemudahan adalah salah satu faktor yang memicu tren pembelian online atau belanja online.

Untuk melakukan transaksi online itu caranya sangat mudah. Kita hanya perlu menghidupkan internet dan mulai menjalankan browser untuk menemukan barang dan harga yang tepat di situs atau toko online. Setelah memilih barang yang ingin Anda beli, kita hanya perlu melakukan pembayaran.

Alat pembayaran yang bisa digunakan adalah menggunakan paypal, kartu kredit, trensfer bank, dompet digital, bitcoin dan lain sebagainya. Manfaat membeli secara online atau berbelanja online adalah :

Hemat waktu
Dengan menggunakan internet sebagai media untuk membeli barang atau menjalankannya secara online, maka bisa menghemat waktu yang signifikan, di mana kita tidak perlu datang ke tempat atau toko. Kita cukup memeriksa barang secara visual melalui media internet. Ini tentu saja sangat mudah bagi kita dan cukup menghemat waktu.

Hemat biaya
Pembelian online sangat hemat biaya. Penghematan ini terlihat dari kurangnya kebutuhan kita untuk menggunakan transportasi untuk datang ke tempat barang yang ingin kita beli. Terkadang barang yang dijual online di situs luar negeri yang terkenal juga memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga jual barang di tempat kita.

Efisien
Pembelian online sangat efisien karena kita dapat memotong banyak langkah biasa ketika membeli barang secara tradisional. Salah satu hal yang efisiensi adalah tidak perlu mengantri di kasir untuk membayar barang yang kita inginkan, tidak perlu bagi kita untuk membawa belanjaan kita karena dengan membeli atau berbelanja online, barang belanjaan kita akan dikirim ke rumah.

Lintas batas
Pembelian online tidak mengenali batas waktu dan tempat. Anda dapat membeli barang atau berbelanja kapan saja dan di mana saja. Jika barang yang Anda inginkan ada di luar negeri, dengan pembelian online atau belanja online, Anda tidak perlu datang dan mengunjungi luar negeri hanya untuk berbelanja barang yang Anda inginkan. Cukup jelajahi internet dan lakukan pembayaran sehingga barang yang Anda inginkan akan mudah diperoleh.

Ada banyak promo
Maraknya e-commerce membuat para pemain toko online memberikan banyak promo untuk menarik pelanggan. Berbagai promo yang ditawarkan oleh berbagai tempat belanja ini membuat banyak orang senang bertransaksi di dunia maya.

Jenis-jenis promo yang ditawarkan oleh bisnis online juga bervariasi, mulai dari diskon, poin hadiah yang dapat ditukar, hingga voucher belanja. Berbelanja online akan lebih ekonomis jika Anda pandai memaksimalkan kartu kredit. Karena, selalu ada promo, poin rewards, hingga cicilan 0% yang dapat membuat belanja online lebih ekonomis.

Banyak opsi pembayaran
Seperti disebutkan di atas, banyak pebisnis online bekerja dengan bank dan lembaga pembiayaan sebagai mitra pembayaran. Inilah yang membuat banyak toko online atau layanan e-commerce yang menyediakan angsuran, baik dengan kartu kredit, atau angsuran tanpa kartu kredit. Tanpa harus mengeluarkan uang besar, Anda dapat membeli barang yang diinginkan dengan membayarnya dengan mencicil.

Memiliki varian produk yang lebih lengkap
Anda mungkin pernah pergi ke pusat perbelanjaan untuk membeli sesuatu, tetapi pulang dengan tangan kosong karena barang yang Anda cari tidak ada di sana. Toko konvensional memang sering tidak selengkap toko online. Karena pebisnis online datang dari seluruh Indonesia, bahkan di seluruh dunia, Anda dapat mencari barang dari mana saja, meskipun di luar negeri.

Dapat membandingkan harga barang
Jika Anda berbelanja untuk produk yang diinginkan di toko konvensional, tentu akan sulit untuk membandingkan satu produk dengan produk lainnya. Tetapi di toko online, Anda hanya perlu membuka beberapa toko online sekaligus, mencari barang yang ingin Anda beli, lalu membandingkan harga satu per satu.

Saat ini ada banyak situs perbandingan e-commerce. Tidak hanya dalam hal harga jual, tetapi Anda juga dapat membandingkan promo yang sedang berlangsung di setiap e-commerce, sehingga Anda mendapatkan penawaran terbaik.

Ada manfaat, ada juga kelemahannya. Kelemahan berbelanja online diantaranya adalah :

  • Kualitas barang yang diinginkan kadang-kadang memiliki kualitas yang berbeda dari yang terdaftar di situs web.
  • Rentan terhadap tindakan penipuan dalam banyak kasus ketika pembeli telah mengirim sejumlah uang yang disepakati, barang yang dibeli tidak terkirim
  • Rentan rusak atau pecah karena media pengirimannya adalah kurir
  • Rentan terhadap tindakan peretasan akun karena pembayaran dilakukan melalui internet
  • Spamming yang berlebihan, karena setelah pembeli mendaftar, penjual cenderung selalu mengirim katalog online melalui email pembeli dan ini hal yang cukup mengganggu.
Nah, supaya Anda tidak tertipu, maka harus ada langkah preventif yang harus Anda lakukan. Inilah beberapa tips aman berbelanja online.


Pembelian Online



Teliti situs belanja online
Kiat-kiat ini harus Anda lakukan jika berbelanja online di situs web yang jarang Anda gunakan. Periksa nomor telepon penjual dan hubungi mereka. Jika tidak meyakinkan, kunjungi mesin pencari Google lalu masukkan nama situs web. Cari ulasan dari konsumen yang berbelanja di situ.

Jika banyak konsumen mengeluh tentang layanan situs itu, Anda harus meninggalkan situs tersebut. Pilih situs belanja yang mendapat apresiasi positif, dan hindari situs belanja yang mendapat bintang satu atau mendapat keluhan dan kekecewaan dari konsumen di akun media sosial mereka dan di situsnya.

Lihat kebijakan situs untuk data pribadi
Jangan sampai ada poin yang menyatakan bahwa pengelola situs web dapat memberikan data pribadi konsumen kepada pihak lain. Baca juga kebijakan pengembalian uang barang. Karena barang yang dibeli tidak dapat dilihat secara fisik, harus ada jaminan jika barang yang Anda terima teryata rusak.

Pastikan Anda dapat mengembalikan barang yang rusak dan tentu saja diganti dengan barang baru atau uang Anda akan dikembalikan. Harap periksa juga siapa yang membayar pengembalian barang. 

Periksa paket barang dengan membaca deskripsi produk
Tips aman selanjutnya adalah memeriksa paket produk dan membaca deskripsi produk dengan cermat. Waspadalah terhadap barang-barang bermerek yang dijual dengan diskon sangat besar. Bisa jadi barang palsu, atau penjual hanya ingin mendapatkan uang Anda.

Jangan mudah tergoda oleh barang murah
Jangan terburu-buru jatuh cinta dengan penawaran barang dengan harga murah yang berasal dari email, apalagi meminta ID dan kata sandi tanpa izin dari pemilik email. Itu biasanya pekerjaan spammer. Pokoknya jangan memasuki situs belanja online melalui email.

Cari tanda-tanda bahwa situs tersebut aman
Tandannya biasanya ada logo kecil berbentuk gembok di bilah status browser. Sebelum memasukkan informasi pribadi, periksa tanda keamanan di situs itu. Ketika Anda diminta untuk memasukkan informasi pendaftaran untuk nomor kartu kredit, lihat alamat situs itu. Alamat situs web harus berubah dari http ke 'https'. Ini berarti bahwa informasi pembayaran telah dilindungi, lebih aman.

Mengamankan PC
Minimal PC Anda harus memiliki perangkat anti-virus. Lebih baik lagi jika Anda menginstal anti spyware dan firewall pada PC Anda. Ingat, perangkat lunak keamanan harus diperbarui secara teratur agar PC terlindung dari ancaman terbaru. Nah, cukup atur proses pembaruan secara otomatis.

Pertimbangkan metode pembayaran
Pembayaran biasanya dilakukan dengan kartu kredit, melalui ATM, atau melalui gerai ritel modern. Dengan kartu kredit, Anda memiliki bukti kuat bahwa Anda telah melakukan transaksi jika barang tidak terkirim atau tidak sesuai pesanan.

Tetapi, karena banyaknya pencurian nomor kartu kredit, pembayaran yang menggunakan sistem seperti PayPal, kirim transfer, atau pengiriman tunai (COD), juga dapat dipertimbangkan.

Simpan bukti transaksi
Termasuk deskripsi dan harga produk, kwitansi digital, dan juga salinan email yang telah dikirim antara Anda dan penjual.

Matikan PC setelah transaksi
Jika PC dihidupkan, mungkin ada pencuri yang telah menanam malware dan mengambil kendali PC dan melakukan transaksi. Anda harus mematikan PC setelah Anda bertransaksi.

Itulah sekelumit informasi tentang pembelian online termasuk beberapa tips belanja online agar tidak tertipu. Kita tahu bahwa tanggapan masyarakat tentang belanja online ini semakin bagus, sehingga banyak pebisnis online yang berusaha mempunyai situs belanja online termurah dan terpercaya dengan berbagai kemudahan seperti belanja online bayar ditempat dan lainnya.

Di pihak lain, pembeli harus cerdas dan harus ngerti bagaimana tata cara belanja online yang baik dan benar sehingga tidak kena tipu.

Sumber :
https://ayukemala.wordpress.com/2012/12/14/pembelian-online/
https://www.cermati.com/artikel/5-alasan-kenapa-banyak-orang-beralih-ke-belanja-online
https://www.liputan6.com/bisnis/read/3218022/biar-tak-tertipu-ini-kiat-aman-belanja-online


Back To Top