Arti Open PO Dalam Olshop


PRODUK TERLARIS
Rice Cooker Miyako terlaris
Ayam Potong So Good
Nasi Kuning Tumpeng
Kemeja Flanel Impor Pria
Celana Panjang Kulot Wanita
Sendal Impor Korea
Pelancar BAB


Ada banyak kata-kata asing menurut para pembelanja baru di pasar during. Salah satu diantaranya adalah istilah PO dalam olshop. Buat kamu yang sering mendengar istilah di olshop dan masih bingung artinya, berikut penjelasannya.

Pre Order (PO)

Arti Pre Order, barang yang kita pesan belum ada, karena barang masih diproduksi, atau barang masih di supplier. Jika item tertulis Open PO, arti open PO di sini kita harus pesan dulu dan menunggu beberapa saat barang sampai baru bisa dikirim. Jadi jangan meminta penjual untuk mengirimkannya dengan cepat.

Ada juga PO Kustom. Artinya kita bisa memesan barang disana sesuai kebutuhan dan keinginan kita. Misalnya Garskin, Kue Ulang Tahun, Suvenir Nikah, Undangan Nikah. Selain itu, ada pernyataan Made by Order. Artinya barang baru akan diproduksi jika calon pembeli memesan. Misalnya hijab, tas, dll.

Untuk barang Pre Order, kita akan diminta untuk membayar di muka. Ada yang harus membayar penuh (lunas), ada yang mencukupi dengan DP (uang muka). Untuk pembayaran DP biasanya jika kita membatalkan pesanan maka uang DP kita akan hangus alias tidak bisa dikembalikan. Jadi, pikirkan baik-baik sebelum memesan.

Jika kita adalah pembeli, sebelum memesan barang sebaiknya kita tanyakan kepada penjual kapan perkiraan tanggal barang jadi dan tanggal pengiriman barang.

Purchase Order (PO)

Menurut Jurna.id, Purchase Order (PO) adalah dokumen yang dibuat oleh pembeli untuk menunjukkan barang yang ingin mereka beli dari penjual. Purchase order juga merupakan kontrak yang membentuk kesepakatan antara pembeli dan penjual mengenai barang yang ingin dibeli pembeli.

Berbeda dengan invoice yang dibuat oleh penjual dan dikirim ke pembeli, Purchase Order (PO) berasal dari pembeli dan dikirim ke penjual.

Pay Out (PO)

Pahlevi menambahkan, Pay Out adalah istilah yang digunakan dalam bisnis online yang berfokus pada program periklanan, bisnis afiliasi, dll. Secara sederhana yang dimaksud dengan PO (Pay Out) adalah pembayaran dana komisi yang diperoleh member dari hasil pemasarannya.

Contoh, seseorang bergabung dengan program afiliasi di perusahaan A dan dia melakukan pemasaran tautan afiliasi di situs webnya.

Beberapa hari kemudian ada pembelian melalui link afiliasinya dan komisi yang didapat telah mencapai jumlah minimum Pay Out. Oleh karena itu perusahaan akan membayar kepada orang tersebut. Jadi Pay Out bisa diartikan sebagai pembayaran komisi.

Istilah PO Dalam Olshop

Selain istilah PO, banyak istilah lain yang muncul dalam dunia toko online yakni :

Ready Stock

Berbeda dengan Pre Order, Ready disini berarti barang tersebut sudah ada. Jika kita membeli barang yang ready stock, berarti barang tersebut dapat segera dikirim.

Sold Out

Jika tertulis Sold Out, berarti barang sudah terjual dan stok tidak ada lagi. Kita tidak bisa membeli barang yang sudah terjual, kecuali penjual akan menyetoknya kembali.

Restock

Restock atau stock retur, artinya persediaan yang sudah habis akan diproduksi kembali.

Fix Order

Dalam sebuah toko online, biasanya sebelum melakukan transaksi calon pembeli akan bertanya kepada penjual terlebih dahulu. Bisa ditanya tentang spesifikasi barang, alamat toko, hingga harga nego.

Fix Order berarti pembeli pasti membeli barang tertentu. Untuk membuat pesanan, pembeli akan diminta untuk mengirimkan format pesanan

Format Order

Format pesanan adalah format pembelian yang menunjukkan bahwa pembeli telah fix order. Format pesanan digunakan untuk memudahkan penjual dalam mengelola pembukuan dan pengiriman barang. Biasanya format pemesanan yang harus diisi oleh calon pembeli adalah sebagai berikut

Keep

Artinya barang yang telah dipesan oleh calon pembeli tidak akan dijual kepada orang lain sampai pembeli telah melunasi pembayarannya. Meski begitu, ada syarat dan ketentuan yang mengikuti sistem keep.

Contoh ketentuan seperti: simpan maksimal hanya 1x24 jam atau 2x24 jam, setelah itu order dianggap batal. Ada juga penjual yang menerapkan sistem "No Keep, Who's Fast He Get".

Blacklist

Blacklist (daftar hitam) dapat diartikan sebagai penjual atau pembeli yang tidak dipercaya. Seperti pada umumnya, jika kita masuk daftar hitam, kita tidak dapat melakukan transaksi lagi.

Supplier

Pemasok bisa dibilang penjual tangan pertama. Ia menjual barang yang diproduksi / merek sendiri, atau penjual secara besar-besaran.

Reseller

Reseller adalah pihak ketiga yang menjual barang milik pemasok. Jika tertulis "Open Reseller" atau "Reseller are Welcome", itu berarti penjual telah mengizinkan orang lain untuk menjual kembali propertinya.

Reseller akan mendapatkan harga spesial setelah memenuhi ketentuan tertentu, seperti: pembelian awal minimal 4 item, transaksi awal minimal 200.000, pengiriman data, dll.

Dropship

Dropshippers hampir sama dengan reseller, sama-sama menjual barang dari supplier. Bedanya, dropshipper artinya barang dikirim langsung dari supplier ke pembeli, tapi pengirimnya atas nama dropshipper. Dropshipper menjadi semacam perantara antara pemasok dan pembeli.

Cash On Delivery (COD)

COD artinya penjual dan pembeli bertemu untuk melakukan transaksi secara langsung. Antara penjual dan pembeli terlebih dahulu dapat membuat kesepakatan tentang tempat dan waktu pertemuan. Ada juga penjual yang bersedia mengantarkan barang ke tempat pembeli.

COD sangat menguntungkan bagi pembeli, karena pembeli dapat menghemat biaya pengiriman dan mengecek barang secara langsung sehingga terhindar dari penipuan.

Tapi sekarang, banyak penjual yang membatasi COD. Biasanya penjual membuat aturan COD yang hanya bisa dilakukan di tempat-tempat tertentu pada jam-jam tertentu. Bahkan ada yang tidak menerima COD (No COD). Bukan berarti penjual akan melakukan penipuan. Ini biasanya dilakukan untuk efektivitas.

Ekspedisi

Ekspedisi mengacu pada layanan barang, seperti JNE, POS, TIKI, Wahana, SiCepat, ESL, NHL, Pahala, dll.

Ebdorse

Endorse adalah salah satu cara toko online untuk mempromosikan barang dengan menggunakan layanan selebriti atau yang punya banyak akun follower. Onlineshop akan menyediakan produk dan bahkan membayar selebriti untuk menggunakan produk mereka dan mengiklankannya di akun media sosial mereka.

Promosi Berbayar (PP)

PP hampir sama dengan endorse, cara promosi onlineshop sama-sama bekerja sama dengan akun lain. Perbedaan antara promosi berbayar dan endorse yaitu jika endorse maka onlineshop memberikan produk mereka untuk dipakai dan diiklankan, sedangkan pada promosi berbayar onlineshop mengiklankan produk mereka saja di akun seleb / akun berfollower banyak tersebut.

SFS

SFS adalah salah satu cara onlineshop untuk meningkatkan pengikut. Caranya dengan mempromosikan sesama toko di akun media sosial tersebut.

Preloved

Preloved artinya sama dengan barang second atau bekas pakai.

Demikian penjelasan beberapa istilah dalam online shop. Mengenai arti open order, apa arti po dalam bahasa gaul dan contoh open po akan Kami tulis di artikel lainnya.



Tag : Olshop, po
Back To Top