Cara Belanja Gadget Aman di Toko Online



Mungkin sebagian sobat masih ada yang ogah belanja gadget berupa smartphone dan tablet atau bahkan laptop. Mungkin karena harganya lumayan mahal, takut tertipu takut barang nggak dikirim, maka orang nggak mau berbelanja gadget secara online.

Beda lagi kalau orang yang hobinya berbelanja online, maka biarpun harga barangnya mahal, maka dia pasti beli produk gadget tersebut secara online, namun tentunya dia pasti sudah tahu trik atau cara belanja gadget aman di toko online.

Selain itu, orang lebih cenderung berbelanja online karena kemudahan yang ditawarkan dari toko online serta selisih harga yang murah jika dibandingkan toko konvensional. Belum lagi jika ada promo besar-besaran seperti diskon yang lumayan gede serta promo ongkos kirim gratis karena toko online tersebut bekerja sama dengan produsennya serta jasa kurir.

Nah bagi sobat semua yang biasa berbelanja online khususnya yang mau berbelanja gadget dari toko online, simak beberapa tips berikut ini berupa trik berbelanja gadget secara aman dari toko online. Dengan demikian, Anda sebagai pembeli bisa terbebas dari penipuan yang dilakukan toko online abal-abal.

Berbelanja di toko online ternama
Banyak sekali toko online yang sudah memiliki reputasi yang baik yang ditandai dengan membludaknya pengunjung ke toko online tersebut. Sebut saja Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Elevania, Blibli, Bhinneka dan lain sebagainya. Toko-toko tersebut biasanya memiliki keamanan tingkat tinggi yang lebih mengutamakan kepuasan pembeli. Tokopedia misalnya, pihak Toped selalu menahan uang transferan dari konsumen sebelum barang yang dipesan nyampai ke pembeli. Jika ada kejadian Anda beli gadget, namun barangnya tidak dikirim, maka uang yang Anda transfer secara otomatis akan kembali lagi.

Lihat feedback pembeli
Sebuah toko online layak mendapat predikat bagus dan aman jika mendapatkan feedback positif atau review atau testimoni dan rating yang baik dari pelanggannya. Biasanya pelanggan akan menilai kesesuaian produk yang digambar dan yang dikirim, pelayanan dari penjual, kecepatan dalam pengiriman dan lain sebagainya. Jika sebuah toko online mendapat banyak feedback positif, itu artinya Anda aman bertransaksi di sana termasuk dalam hal membeli gadget.

Penilaian penjual
Biasanya pada marketplace akan terlihat penilaian dari sebuah toko online, misalnya keaktifan online, penilaian kecepatan pengiriman, penilaian kecepatan respon, tingkatan toko online dan lain sebagainya. Semuanya bisa dilihat dan sebagai pembeli, Anda bisa menilainya.

Ada garansi
Kita tahu bahwa membeli gadget berbeda dengan membeli fashion, soalnya gadget adalah barang yang rentan bermasalah atau error, misalnya jika mengalami jatuh. Sebuah toko online yang bagus yang menjual gadget, akan memberikan masa garansi baik garansi distributor maupun garansi resmi atau garansi ganti jika mengalami cacat.


Cara Belanja Gadget Aman di Toko Online


Cek harga
Cek semua harga gadget yang akan Anda beli beserta ongkirnya dari toko online yang terpercaya, bandingkan satu persatu lalu pilih yang paling murah.

Cek spesifikasi produk
Anda harus membandingkan fitur produk yang Anda beli dari berbagai toko online, karena kemungkinan ada perbedaan walaupun sedikit. Pilih toko online yang menawarkan fitur yang lebih lengkap dan deskripsi yang jelas.

Pilih jasa pengiriman terpercaya
Karena gadget lumayan mahal dan rentan rusak, maka pilihlah jasa pengiriman yang memperhatikan keamanan barang yang dikirim. Sebaiknya pilihlah jasa pengiriman yang menyediakan layanan asuransi barang elektronik.

Toko online SSL
Pilih toko online yang telah menerapkan standar enskripsi SSL yang merupakan fitur keamanan bagi konsumen yang melindungi data-data pribadi sehingga tidak bisa diketahui orang lain. Tanda toko online sudah menerapkan SSL adalah alamat url website toko online tersebut diawali dengan https://

Itulah beberapa trik atau cara belanja gadget yang aman di toko online agar terhindar dari penipuan. Artikel lain yang sering dibaca adalah tentang :
- beli hp online kredit
- pengalaman beli hp online
- cara membeli barang di lazada bayar ditempat
- beli hp online bayar ditempat
- toko hp online terpercaya
- amankah beli hp di lazada
- tips membeli hp samsung asli
- beli hp online terpercaya


Back To Top