Belanja online atau e-shopping (online shop) adalah suatu bentuk perdagangan elektronik yang memungkinkan konsumen untuk langsung membeli barang atau jasa dari penjual melalui internet menggunakan browser web. Nama lainnya adalah : e-webstore, e-shop, e-store, internet shop, web-shop, web-store, toko online dan toko virtual. Mobile commerce (m-commerce) menjelaskan pembelian dari ponsel situs online dioptimalkan pengecer online atau app.
Sebuah toko online membangkitkan analogi fisik membeli produk atau jasa di toko bata-dan-mortir atau pusat perbelanjaan; Proses ini disebut business-to-consumer (B2C) belanja online. Dalam kasus di mana bisnis membeli dari bisnis lain, proses ini disebut business-to-business (B2B) belanja online. Yang terbesar perusahaan ritel online Alibaba, Amazon.com, dan eBay. Sukses Ritel tidak lagi semua tentang toko fisik. Hal ini terbukti karena peningkatan pengecer kini menawarkan antarmuka toko online bagi konsumen. Dengan pertumbuhan belanja online, datang banyak kesempatan cakupan tapak pasar baru bagi toko-toko yang tepat dapat memenuhi permintaan pasar luar negeri dan persyaratan layanan.
Pada Maret 1980 ia melanjutkan untuk memulai Redifon Kantor Revolusi, yang memungkinkan konsumen, pelanggan, agen, distributor, pemasok dan perusahaan jasa yang akan terhubung on-line ke sistem perusahaan dan memungkinkan transaksi bisnis yang harus diselesaikan secara elektronik secara real-time.
Selama tahun 1980-an ia dirancang, diproduksi, dijual, dipasang, dirawat dan didukung banyak sistem belanja online, menggunakan teknologi videotex. Sistem ini yang juga memberikan respon suara dan pengolahan handprint pra-date Internet dan World Wide Web , IBM PC, dan Microsoft MS-DOS, dan dipasang terutama di Inggris oleh perusahaan-perusahaan besar.
Server pertama World Wide Web dan Browser, yang diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1990, dibuka untuk penggunaan komersial pada tahun 1991 Setelah itu, inovasi teknologi berikutnya muncul pada tahun 1994:. Perbankan online, pembukaan toko pizza online dengan Pizza Hut , standar Netscape SSL v2 enkripsi untuk transfer data yang aman, dan sistem belanja online Intershop itu. Segera setelah itu, Amazon.com meluncurkan situs belanja online pada tahun 1995 dan eBay juga diperkenalkan pada tahun 1995.
Statistik Internasional E-Commerce
Statistik menunjukkan bahwa pada tahun 2012, Asia-Pasifik meningkat penjualan internasional mereka lebih dari 30% memberi mereka lebih dari $ 433.000.000.000 pendapatan. Itulah perbedaan antara $ 69000000000 pendapatan AS $ 364.660.000.000. Diperkirakan bahwa Asia-Pasifik akan meningkat sebesar 30% pada tahun 2013 menempatkan mereka di depan lebih dari sepertiga dari seluruh penjualan e-commerce global.
Pelanggan
Pelanggan online harus memiliki akses ke Internet dan metode pembayaran yang valid untuk menyelesaikan transaksi.
Umumnya, tingkat pendidikan dan pendapatan pribadi sesuai dengan persepsi yang lebih menguntungkan dari belanja online. Peningkatan paparan teknologi juga meningkatkan kemungkinan mengembangkan sikap yang menguntungkan terhadap saluran belanja baru.
Dalam studi Desember 2011, Persamaan Penelitian disurvei 1.500 pembeli online dan menemukan bahwa 87% dari pemilik tablet membuat transaksi online dengan perangkat tablet mereka selama musim belanja Natal awal.
Logistik
Konsumen menemukan produk yang menarik dengan mengunjungi situs pengecer secara langsung atau dengan mencari alternatif antara vendor menggunakan mesin pencari belanja.
Setelah produk tertentu telah ditemukan di situs penjual, kebanyakan pengecer online menggunakan keranjang belanja perangkat lunak untuk memungkinkan konsumen untuk mengumpulkan beberapa item dan untuk menyesuaikan jumlah, seperti mengisi keranjang belanja fisik atau keranjang di toko konvensional. A "checkout" proses berikut (melanjutkan fisik-toko analogi) di mana pembayaran dan pengiriman informasi yang dikumpulkan, jika perlu. Beberapa toko memungkinkan konsumen untuk mendaftar untuk account online permanen sehingga beberapa atau seluruh informasi ini hanya perlu dimasukkan sekali. Konsumen sering menerima e-mail konfirmasi setelah transaksi selesai.
Pembayaran
Pembeli online biasanya menggunakan kartu kredit atau account PayPal untuk melakukan pembayaran. Namun, beberapa sistem memungkinkan pengguna untuk membuat account dan membayar dengan cara alternatif, seperti:
Bagian keuangan dari transaksi dapat diproses secara real time (misalnya membiarkan konsumen tahu kartu kredit mereka ditolak sebelum mereka log off), atau dapat dilakukan nanti sebagai bagian dari proses pemenuhan.
Pengiriman produk
Setelah pembayaran telah diterima, barang atau jasa dapat disampaikan dengan cara berikut:
Sistem keranjang belanja
Toko hadiah online
Toko hadiah online adalah website yang memiliki tujuan utama dari menjual produk secara online yang akan diberikan kepada orang lain. Ini pengecer online mungkin atau mungkin tidak terkait dengan toko fisik.
Disain
Pelanggan yang tertarik untuk belanja online tidak hanya karena tingginya tingkat kenyamanan, tetapi juga karena pilihan yang lebih luas, harga yang kompetitif, dan akses yang lebih besar terhadap informasi. Organisasi bisnis berusaha untuk menawarkan belanja online bukan hanya karena itu adalah biaya yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan batu bata dan mortir toko, tetapi juga karena menawarkan akses ke pasar di seluruh dunia, meningkatkan nilai pelanggan, dan membangun kemampuan yang berkelanjutan.
Beban informasi
Desainer dari toko online prihatin dengan efek beban informasi. Beban informasi adalah produk dari pengaturan spasial dan temporal rangsangan di webstore. Dibandingkan dengan belanja ritel konvensional, lingkungan informasi dari belanja virtual ditingkatkan dengan menyediakan informasi produk tambahan seperti produk dan layanan komparatif, serta berbagai alternatif dan atribut dari masing-masing alternatif, dll
Dua dimensi utama beban informasi adalah kompleksitas dan kebaruan. Kompleksitas mengacu pada jumlah elemen atau fitur yang berbeda dari sebuah situs, seringkali merupakan hasil dari peningkatan keragaman informasi. Novelty melibatkan aspek tak terduga, ditekan, baru, atau asing dari situs. Dimensi baru dapat menjaga konsumen menjelajahi situs belanja, sedangkan dimensi kompleksitas dapat menyebabkan pembelian impuls.
Kebutuhan dan harapan konsumen
Sebuah webstore yang sukses tidak hanya tampan website dengan fitur-fitur teknis yang dinamis, yang tercantum dalam banyak mesin pencari. Selain menyebarkan informasi, juga tentang membangun hubungan dengan pelanggan dan menghasilkan uang.
Bisnis sering mencoba untuk mengadopsi teknik belanja online tanpa pemahaman mereka dan / atau tanpa model bisnis yang sehat; sering, bisnis menghasilkan webstores yang mendukung budaya dan merek nama organisasi 'tanpa memenuhi harapan konsumen. Desain User-berpusat sangat penting. Memahami keinginan dan kebutuhan pelanggan adalah penting. Hidup sampai dengan janji-janji perusahaan memberikan pelanggan sebuah alasan untuk datang kembali dan memenuhi harapan mereka memberi mereka alasan untuk tinggal. Adalah penting bahwa website berkomunikasi berapa banyak perusahaan nilai pelanggannya.
Kebutuhan pelanggan dan harapan yang tidak sama untuk semua pelanggan. Usia, jenis kelamin, pengalaman dan budaya merupakan faktor-faktor penting. Misalnya, norma-norma budaya Jepang dapat menyebabkan pengguna tidak merasa privasi ini sangat penting di situs belanja dan keterlibatan emosional sangat penting di situs pensiun keuangan. Pengguna dengan lebih pengalaman online lebih fokus pada variabel yang secara langsung mempengaruhi tugas, sementara pengguna pemula berfokus pada pemahaman informasi.
Untuk meningkatkan pembelian online, bisnis harus menggunakan waktu dan uang untuk mendefinisikan, desain, mengembangkan, menguji, mengimplementasikan, dan memelihara webstore. Sesungguhnya mengatakan, lebih mudah untuk kehilangan pelanggan daripada untuk mendapatkan satu. Bahkan "top-rated" website tidak akan berhasil jika organisasi gagal untuk berlatih etiket umum seperti menanggapi e-mail secara tepat waktu, memberitahu pelanggan masalah, bersikap jujur, dan menjadi pelayan yang baik dari data pelanggan. Karena itu sangat penting untuk menghilangkan kesalahan dan menjadi lebih menarik bagi pembeli online, banyak desainer webshop studi penelitian tentang harapan konsumen.
User interface
Seorang asisten secara online otomatis, dengan potensi untuk meningkatkan antarmuka pengguna di situs belanja.
Faktor yang paling penting yang menentukan apakah pelanggan kembali ke situs web adalah kemudahan penggunaan dan hadirnya fitur user-friendly. Usability testing adalah penting untuk menemukan masalah dan perbaikan dalam sebuah situs web. Metode untuk mengevaluasi kegunaan mencakup evaluasi heuristik, walkthrough kognitif, dan pengujian pengguna. Setiap teknik memiliki karakteristik sendiri dan menekankan aspek yang berbeda dari pengalaman pengguna.
Pangsa pasar
Penjualan E-commerce produk B2C mencapai $ 142.500.000.000, [8] yang mewakili sekitar 8% dari penjualan produk ritel di Amerika Serikat. The senilai $ 26 milyar pakaian yang dijual secara online mewakili sekitar 13% dari pasar domestik, dan dengan 72% wanita mencari online untuk pakaian, telah menjadi salah satu kategori cross-belanja yang paling populer. Forrester Research memperkirakan bahwa Amerika Serikat industri ritel online akan bernilai $ 279.000.000.000 pada tahun 2015. Ada 242 juta orang berbelanja on-line di Cina pada tahun 2012.
Untuk negara-negara berkembang dan rumah tangga berpenghasilan rendah di negara-negara maju, penerapan e-commerce di tempat atau di samping metode konvensional dibatasi oleh kurangnya akses internet yang terjangkau.
Keuntungan
Kenyamanan
Toko online biasanya tersedia 24 jam sehari, dan banyak konsumen memiliki akses internet baik di kantor maupun di rumah. Instansi lain seperti kafe internet dan sekolah menyediakan akses internet juga. Sebaliknya, mengunjungi toko ritel konvensional memerlukan perjalanan dan harus berlangsung selama jam kerja.
Dalam hal terjadi masalah dengan item (misalnya, produk itu tidak apa yang diperintahkan konsumen, produk tersebut tidak memuaskan), konsumen prihatin dengan kemudahan kembali item dalam pertukaran untuk baik produk yang benar atau pengembalian dana. Konsumen mungkin perlu menghubungi pengecer, mengunjungi kantor pos dan membayar pengiriman kembali, dan kemudian menunggu untuk penggantian atau pengembalian dana. Beberapa perusahaan online memiliki kebijakan pengembalian lebih murah hati untuk mengimbangi keuntungan tradisional toko fisik. Sebagai contoh, pengecer sepatu secara online Zappos.com termasuk label gratis pengiriman kembali, dan tidak mengenakan biaya Restocking, bahkan untuk pengembalian yang bukan hasil dari merchant kesalahan. (Catatan: Di Inggris, toko online dilarang pengisian biaya Restocking jika konsumen membatalkan pesanan mereka sesuai dengan Perlindungan Konsumen (Jarak Selling) Act 2000) .
Informasi dan ulasan
Toko online harus menjelaskan produk untuk dijual dengan teks, foto, dan file multimedia, sedangkan di toko ritel fisik, produk aktual dan kemasan pabrik akan tersedia untuk inspeksi langsung (yang mungkin melibatkan test drive, pas, atau eksperimen lain) .
Beberapa toko online menyediakan atau link ke informasi produk tambahan, seperti instruksi, prosedur keselamatan, demonstrasi, atau spesifikasi pabrik. Beberapa menyediakan informasi latar belakang, saran, atau bagaimana-untuk panduan yang dirancang untuk membantu konsumen memutuskan untuk membeli produk.
Beberapa toko bahkan memungkinkan pelanggan untuk komentar atau menilai barang-barang mereka. Ada juga meninjau situs khusus yang ulasan pengguna host untuk produk yang berbeda. Ulasan dan bahkan beberapa blog memberikan pelanggan pilihan belanja untuk pembelian lebih murah dari seluruh dunia tanpa harus bergantung pada pengecer lokal.
Di toko ritel konvensional, panitera umumnya tersedia untuk menjawab pertanyaan. Beberapa toko online memiliki real-time fitur chatting, tetapi kebanyakan mengandalkan e-mail atau telepon untuk menangani pertanyaan pelanggan.
Harga dan seleksi
Salah satu keuntungan dari belanja online adalah mampu dengan cepat mencari penawaran barang atau jasa yang disediakan oleh banyak vendor yang berbeda (meskipun beberapa mesin pencari lokal memang ada untuk membantu konsumen menemukan produk yang dijual di toko-toko di dekatnya). Search engine, jasa perbandingan harga online dan mesin penemuan belanja dapat digunakan untuk mencari penjual produk atau jasa tertentu.
Biaya pengiriman (jika berlaku) mengurangi keuntungan harga barang dagangan online, meskipun tergantung pada yurisdiksi, kurangnya pajak penjualan dapat mengkompensasi hal ini.
Pengiriman sejumlah kecil item, terutama dari negara lain, jauh lebih mahal daripada membuat pengiriman lebih besar pengecer bata-dan-mortir order. Beberapa pengecer (terutama yang menjual kecil, bernilai tinggi barang seperti elektronik) menawarkan pengiriman gratis pada pesanan cukup besar.
Keuntungan lain utama untuk pengecer adalah kemampuan untuk beralih cepat pemasok dan vendor tanpa mengganggu pengalaman belanja pengguna.
Kekurangan
Penipuan dan keamanan
Mengingat kurangnya kemampuan untuk memeriksa barang sebelum membeli, konsumen berada pada risiko tinggi penipuan dari transaksi tatap muka. Pedagang juga risiko penipuan pembelian menggunakan kartu kredit curian atau penolakan penipuan pembelian online. Namun, pedagang menghadapi risiko lebih kecil dari pencurian fisik dengan menggunakan sebuah gudang bukan sebuah toko ritel.
Secure Sockets Layer (SSL) enkripsi umumnya memecahkan masalah nomor kartu kredit yang dicegat dalam perjalanan antara konsumen dan pedagang. Namun, kita masih harus percaya pedagang (dan karyawan) untuk tidak menggunakan informasi kartu kredit selanjutnya untuk pembelian mereka sendiri, dan tidak untuk menyampaikan informasi kepada orang lain. Selain itu, hacker bisa masuk ke situs web merchant dan mencuri nama, alamat dan nomor kartu kredit, meskipun Data Industri Kartu Pembayaran Standar Keamanan dimaksudkan untuk meminimalkan dampak dari pelanggaran tersebut. Pencurian identitas masih menjadi perhatian bagi konsumen. Sejumlah profil tinggi break-in di tahun 2000-an telah mendorong beberapa negara bagian AS untuk meminta pengungkapan kepada konsumen ketika hal ini terjadi. Keamanan komputer telah demikian menjadi perhatian utama bagi pedagang dan penyedia layanan e-commerce, yang menyebarkan penanggulangan seperti firewall dan perangkat lunak anti-virus untuk melindungi jaringan mereka.
Phishing adalah bahaya lain, di mana konsumen tertipu untuk berpikir bahwa mereka berhadapan dengan peritel terkemuka, ketika mereka benar-benar telah dimanipulasi untuk memberi informasi pribadi ke sistem yang dioperasikan oleh pihak jahat. Serangan Denial of service adalah risiko kecil bagi pedagang, seperti server dan jaringan padam.
Segel kualitas dapat ditempatkan pada halaman web toko jika telah menjalani penilaian independen dan memenuhi semua persyaratan dari perusahaan penerbit segel. Tujuan dari segel ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan pembeli online. Namun, keberadaan banyak stempel yang berbeda, atau segel asing bagi konsumen, dapat menggagalkan upaya ini sampai batas tertentu. Sejumlah sumber daya menawarkan nasihat tentang bagaimana konsumen dapat melindungi diri mereka sendiri ketika menggunakan layanan toko online. Ini termasuk:
Menempel dengan toko yang dikenal, atau mencoba untuk menemukan ulasan konsumen independen pengalaman mereka; juga memastikan bahwa ada informasi kontak yang komprehensif pada website sebelum menggunakan layanan ini, dan mencatat jika pengecer telah terdaftar dalam program pengawasan industri seperti tanda kepercayaan atau segel kepercayaan.
Sebelum membeli dari perusahaan baru, mengevaluasi situs web dengan mempertimbangkan isu-isu seperti: profesionalisme dan keramahan-pengguna dari situs; apakah atau tidak perusahaan daftar nomor telepon dan / atau alamat jalan bersama dengan informasi e-kontak; apakah pengembalian yang adil dan wajar dan kebijakan pengembalian jelas dinyatakan; dan apakah ada inflators harga tersembunyi, seperti berlebihan pengiriman dan biaya penanganan.
Memastikan bahwa pengecer memiliki kebijakan privasi yang dapat diterima diposting. Misalnya catatan jika pengecer tidak secara eksplisit menyatakan bahwa hal itu tidak akan berbagi informasi pribadi dengan orang lain tanpa persetujuan.
Memastikan bahwa alamat penjual dilindungi dengan SSL (lihat di atas) saat memasukkan informasi kartu kredit. Jika tidak alamat pada layar entri informasi kartu kredit akan mulai dengan "HTTPS".
Menggunakan password yang kuat, tanpa informasi pribadi. Pilihan lainnya adalah "kalimat sandi," yang mungkin sesuatu di sepanjang baris: "! Saya berbelanja 4 baik beli" Ini sulit untuk hack, dan menyediakan berbagai bagian atas, bawah, dan karakter khusus dan bisa menjadi situs tertentu dan mudah diingat.
Meskipun manfaat dari belanja online cukup besar, ketika proses berjalan buruk itu dapat menciptakan situasi berduri. Beberapa masalah yang dihadapi pembeli potensial termasuk pencurian identitas, produk rusak, dan akumulasi spyware. Jika pengguna diharuskan untuk memasukkan informasi kartu kredit mereka dan penagihan / alamat pengiriman dan website ini tidak aman, informasi pelanggan dapat diakses oleh siapa saja yang mengetahui bagaimana cara mendapatkannya.
Sebagian besar perusahaan online yang besar yang menemukan cara baru untuk membuat penipuan lebih sulit. Namun, penjahat selalu merespon perkembangan ini dengan cara-cara baru untuk memanipulasi sistem. Meskipun pengecer online membuat upaya untuk melindungi informasi konsumen, itu adalah perjuangan konstan untuk mempertahankan memimpin. Dianjurkan untuk menyadari teknologi terbaru dan penipuan melindungi identitas konsumen dan keuangan.
Pengiriman produk juga menjadi perhatian utama belanja online. Sebagian besar perusahaan menawarkan asuransi pengiriman dalam kasus produk hilang atau rusak. Beberapa perusahaan pelayaran akan menawarkan pengembalian uang atau kompensasi untuk kerusakan, tapi ini terserah kebijaksanaan mereka.
Kurangnya keterbukaan biaya penuh
Kurangnya keterbukaan biaya penuh juga mungkin bermasalah. Meskipun mungkin mudah untuk membandingkan harga dasar item online, hal itu mungkin tidak mudah untuk melihat total biaya di depan. Biaya tambahan seperti pengiriman sering tidak terlihat sampai langkah terakhir dalam proses checkout. Masalahnya adalah terutama jelas dengan pembelian lintas batas, di mana biaya ditunjukkan di layar checkout akhir mungkin tidak termasuk biaya tambahan yang harus dibayarkan pada saat pengiriman seperti tugas dan broker. Beberapa layanan seperti berbasis Wishabi Kanada mencoba untuk mencakup perkiraan biaya tambahan ini, [29] namun demikian, kurangnya pengungkapan biaya penuh umum masih menjadi perhatian.
Pribadi
Privasi informasi pribadi adalah masalah yang signifikan bagi beberapa konsumen. Banyak konsumen ingin menghindari spam dan telemarketing yang dapat terjadi akibat memasok informasi kontak untuk pedagang online. Sebagai tanggapan, banyak pedagang berjanji untuk tidak menggunakan informasi konsumen untuk tujuan ini,
Banyak situs melacak kebiasaan belanja konsumen untuk menyarankan item dan situs-situs lain untuk melihat. Toko bata-dan-mortir juga mengumpulkan informasi konsumen. Beberapa meminta alamat pembelanja dan nomor telepon di checkout, meskipun konsumen dapat menolak untuk memberikan itu. Banyak toko yang lebih besar menggunakan informasi alamat dikodekan pada kartu kredit konsumen (sering tanpa sepengetahuan mereka) untuk menambahkannya ke katalog mailing list. Informasi ini jelas tidak dapat diakses oleh pedagang ketika membayar secara tunai atau melalui bank (transfer uang, dalam hal ini ada juga bukti pembayaran).
Kesesuaian produk
Banyak perusahaan yang sukses murni maya berurusan dengan produk digital, (termasuk penyimpanan informasi, pengambilan, dan modifikasi), musik, film, perlengkapan kantor, pendidikan, komunikasi, perangkat lunak, fotografi, dan transaksi keuangan. Marketer sukses lain menggunakan drop shipping atau pemasaran afiliasi teknik untuk memfasilitasi transaksi dari barang berwujud tanpa mempertahankan persediaan nyata.
Beberapa produk non-digital telah lebih berhasil dari yang lain untuk toko online. Item Menguntungkan sering memiliki tinggi nilai rasio-to-weight, mereka mungkin melibatkan pembelian memalukan, mereka mungkin biasanya pergi ke orang-orang di lokasi terpencil, dan mereka mungkin memiliki menutup-ins sebagai pembeli khas mereka. Barang-barang yang dapat disimpan dalam standar-kotak seperti CD musik, DVD dan buku-sangat cocok untuk marketer virtual.
Produk-produk seperti suku cadang, baik untuk barang-barang konsumen seperti mesin cuci dan peralatan industri seperti pompa sentrifugal, juga tampak kandidat yang tepat untuk menjual secara online. Pengecer sering perlu untuk memesan suku cadang khusus, karena mereka biasanya tidak saham mereka di outlet-in konsumen kasus tersebut, solusi e-commerce dalam suku cadang tidak bersaing dengan toko-toko ritel, hanya dengan sistem pemesanan lain. Faktor untuk sukses di ceruk ini dapat terdiri dari menyediakan pelanggan dengan tepat, informasi yang dapat dipercaya tentang yang nomor bagian versi khusus mereka dari kebutuhan produk, misalnya dengan memberikan daftar komponen mengetik dengan nomor seri.
Produk kurang cocok untuk e-commerce termasuk produk yang memiliki nilai rasio-to-weight rendah, produk yang memiliki bau, rasa, atau komponen sentuh, produk yang perlu trial fitting-terutama pakaian dan produk-mana integritas warna muncul penting. Meskipun demikian, beberapa situs web telah sukses memberikan bahan makanan dan pakaian dijual melalui internet adalah bisnis besar di Amerika Serikat
Pengumpulan
Website volume tinggi, seperti Yahoo!, Amazon.com, dan eBay, menawarkan layanan hosting untuk toko online untuk semua pengecer ukuran. Toko-toko ini disajikan dalam kerangka navigasi terpadu, kadang-kadang dikenal sebagai pusat perbelanjaan virtual atau pasar online.
Dampak ulasan pada perilaku konsumen
Salah satu manfaat besar dari belanja online adalah kemampuan untuk membaca ulasan produk, baik yang ditulis oleh para ahli atau sesama pembeli online.
The Nielsen Company melakukan survei pada Maret 2010 dan disurvei lebih dari 27.000 pengguna Internet di 55 pasar dari Asia-Pasifik, Eropa, Timur Tengah, Amerika Utara, dan Amerika Selatan untuk melihat pertanyaan seperti "Bagaimana konsumen berbelanja online?" , "Apa yang mereka berniat untuk membeli?", "bagaimana mereka menggunakan berbagai belanja halaman web online?", dan dampak media sosial dan faktor-faktor lain yang ikut bermain ketika konsumen mencoba untuk memutuskan bagaimana membelanjakan uang mereka yang produk atau jasa. Menurut penelitian, review elektronik (57%) seperti pemutar DVD, ponsel, atau PlayStations, dan sebagainya, review mobil (45%), dan review perangkat lunak (37%) memainkan peran penting dalam mempengaruhi konsumen yang cenderung melakukan pembelian secara online. Selain itu, 40% dari pembeli online menunjukkan bahwa mereka bahkan tidak akan membeli elektronik tanpa berkonsultasi ulasan online.
Selain review online, rekomendasi peer pada halaman belanja online atau situs media sosial memainkan peran kunci untuk pembeli online ketika mereka meneliti pembelian di masa depan. 90% dari semua pembelian yang dilakukan dipengaruhi oleh media sosial. Setiap hari, lebih dari dua juta pembeli belanja online untuk perhiasan.
Baca juga :
- pembelian online
- e commerce adalah
- sejarah bisnis online di indonesia
(Sumber : Wikipedia)
Sebuah toko online membangkitkan analogi fisik membeli produk atau jasa di toko bata-dan-mortir atau pusat perbelanjaan; Proses ini disebut business-to-consumer (B2C) belanja online. Dalam kasus di mana bisnis membeli dari bisnis lain, proses ini disebut business-to-business (B2B) belanja online. Yang terbesar perusahaan ritel online Alibaba, Amazon.com, dan eBay. Sukses Ritel tidak lagi semua tentang toko fisik. Hal ini terbukti karena peningkatan pengecer kini menawarkan antarmuka toko online bagi konsumen. Dengan pertumbuhan belanja online, datang banyak kesempatan cakupan tapak pasar baru bagi toko-toko yang tepat dapat memenuhi permintaan pasar luar negeri dan persyaratan layanan.
Sejarah Online Shop
Pengusaha Inggris Michael Aldrich menemukan belanja online pada tahun 1979. Sistem Nya menghubungkan TV domestik dimodifikasi untuk real-time komputer proses transaksi perbankan melalui saluran telepon domestik. Dia percaya bahwa videotex, teknologi TV domestik dimodifikasi dengan antarmuka manusia-komputer berbasis menu sederhana, adalah 'baru, berlaku universal, media komunikasi partisipatif -. Yang pertama sejak penemuan telepon' Hal ini memungkinkan 'ditutup' sistem informasi perusahaan yang akan dibuka untuk 'luar' koresponden bukan hanya untuk proses transaksi tetapi juga untuk e-messaging dan informasi pengambilan dan penyebaran, kemudian dikenal sebagai e-bisnis. definisi Nya dari komunikasi massa baru media sebagai 'partisipatif' [interaktif, banyak-ke-banyak] secara fundamental berbeda dari definisi tradisional komunikasi massa dan media massa dan prekursor ke jejaring sosial di internet 25 tahun kemudian.Pada Maret 1980 ia melanjutkan untuk memulai Redifon Kantor Revolusi, yang memungkinkan konsumen, pelanggan, agen, distributor, pemasok dan perusahaan jasa yang akan terhubung on-line ke sistem perusahaan dan memungkinkan transaksi bisnis yang harus diselesaikan secara elektronik secara real-time.
Selama tahun 1980-an ia dirancang, diproduksi, dijual, dipasang, dirawat dan didukung banyak sistem belanja online, menggunakan teknologi videotex. Sistem ini yang juga memberikan respon suara dan pengolahan handprint pra-date Internet dan World Wide Web , IBM PC, dan Microsoft MS-DOS, dan dipasang terutama di Inggris oleh perusahaan-perusahaan besar.
Server pertama World Wide Web dan Browser, yang diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1990, dibuka untuk penggunaan komersial pada tahun 1991 Setelah itu, inovasi teknologi berikutnya muncul pada tahun 1994:. Perbankan online, pembukaan toko pizza online dengan Pizza Hut , standar Netscape SSL v2 enkripsi untuk transfer data yang aman, dan sistem belanja online Intershop itu. Segera setelah itu, Amazon.com meluncurkan situs belanja online pada tahun 1995 dan eBay juga diperkenalkan pada tahun 1995.
Statistik Internasional E-Commerce
Statistik menunjukkan bahwa pada tahun 2012, Asia-Pasifik meningkat penjualan internasional mereka lebih dari 30% memberi mereka lebih dari $ 433.000.000.000 pendapatan. Itulah perbedaan antara $ 69000000000 pendapatan AS $ 364.660.000.000. Diperkirakan bahwa Asia-Pasifik akan meningkat sebesar 30% pada tahun 2013 menempatkan mereka di depan lebih dari sepertiga dari seluruh penjualan e-commerce global.
Pelanggan
Pelanggan online harus memiliki akses ke Internet dan metode pembayaran yang valid untuk menyelesaikan transaksi.
Umumnya, tingkat pendidikan dan pendapatan pribadi sesuai dengan persepsi yang lebih menguntungkan dari belanja online. Peningkatan paparan teknologi juga meningkatkan kemungkinan mengembangkan sikap yang menguntungkan terhadap saluran belanja baru.
Dalam studi Desember 2011, Persamaan Penelitian disurvei 1.500 pembeli online dan menemukan bahwa 87% dari pemilik tablet membuat transaksi online dengan perangkat tablet mereka selama musim belanja Natal awal.
Logistik
Konsumen menemukan produk yang menarik dengan mengunjungi situs pengecer secara langsung atau dengan mencari alternatif antara vendor menggunakan mesin pencari belanja.
Setelah produk tertentu telah ditemukan di situs penjual, kebanyakan pengecer online menggunakan keranjang belanja perangkat lunak untuk memungkinkan konsumen untuk mengumpulkan beberapa item dan untuk menyesuaikan jumlah, seperti mengisi keranjang belanja fisik atau keranjang di toko konvensional. A "checkout" proses berikut (melanjutkan fisik-toko analogi) di mana pembayaran dan pengiriman informasi yang dikumpulkan, jika perlu. Beberapa toko memungkinkan konsumen untuk mendaftar untuk account online permanen sehingga beberapa atau seluruh informasi ini hanya perlu dimasukkan sekali. Konsumen sering menerima e-mail konfirmasi setelah transaksi selesai.
Pembayaran
Pembeli online biasanya menggunakan kartu kredit atau account PayPal untuk melakukan pembayaran. Namun, beberapa sistem memungkinkan pengguna untuk membuat account dan membayar dengan cara alternatif, seperti:
- Penagihan ke ponsel dan sambungan telepon rumah
- Cash on delivery (C.O.D.)
- Cek / Periksa
- kartu debit
- Debit langsung di beberapa negara
- Uang elektronik dari berbagai jenis
- Hadiah kartu
- Wesel pos
- Wire transfer / pengiriman pembayaran
- Faktur, sangat populer di beberapa pasar / negara, seperti Swiss
- Bitcoin atau cryptocurrencies lainnya
Bagian keuangan dari transaksi dapat diproses secara real time (misalnya membiarkan konsumen tahu kartu kredit mereka ditolak sebelum mereka log off), atau dapat dilakukan nanti sebagai bagian dari proses pemenuhan.
Pengiriman produk
Setelah pembayaran telah diterima, barang atau jasa dapat disampaikan dengan cara berikut:
- Download / distribusi Digital: metode yang sering digunakan untuk produk media digital seperti software, musik, film, atau gambar.
- Drop pengiriman: Pesanan akan diteruskan ke produsen atau distributor pihak ketiga, yang kemudian kapal barang langsung kepada konsumen, melewati lokasi fisik pengecer untuk menghemat waktu, uang, dan ruang.
- Di toko pick-up: Pelanggan memilih toko lokal menggunakan perangkat lunak pelacak dan mengambil produk yang disampaikan di lokasi yang dipilih. Ini adalah metode yang sering digunakan dalam batu bata dan klik model bisnis.
- Mencetak, pemberian kode untuk, atau e-mail dari barang-barang seperti tiket masuk dan scrip (misalnya, sertifikat hadiah dan kupon). Tiket, kode, atau kupon dapat dilunasi tempat fisik atau online yang sesuai dan konten mereka terakhir untuk memverifikasi kelayakan mereka (misalnya, jaminan bahwa hak penerimaan atau penggunaan ditebus pada waktu yang tepat dan tempat, untuk jumlah dolar yang benar , dan untuk jumlah yang benar menggunakan).
- Pengiriman: Produk ini dikirimkan ke alamat pelanggan yang ditunjuk.
- Akan memanggil, lCOBO (dalam Perawatan Box Office), atau "di pintu" Penjemputan: Pelindung mengambil tiket pra-dibeli untuk sebuah acara, seperti bermain, acara olahraga, atau konser, baik sebelum acara atau maju. Dengan terjadinya Internet dan e-commerce situs, yang memungkinkan pelanggan untuk membeli tiket secara online, popularitas layanan ini telah meningkat.
Sistem keranjang belanja
- Sistem sederhana memungkinkan administrasi off-line produk dan kategori. Toko tersebut kemudian dihasilkan sebagai file HTML dan grafis yang dapat di-upload ke ruang web a. Sistem tidak menggunakan database online.
- Sebuah solusi high-end bisa dibeli atau disewa sebagai program yang berdiri sendiri atau sebagai tambahan untuk program perencanaan sumber daya perusahaan. Hal ini biasanya diinstal pada webserver perusahaan dan dapat mengintegrasikan ke dalam rantai pasokan yang ada sehingga pemesanan, pembayaran, pengiriman, akuntansi dan pergudangan dapat otomatis untuk sebagian besar.
- Solusi lain memungkinkan pengguna untuk mendaftar dan membuat sebuah toko online pada portal yang host beberapa toko secara bersamaan dari satu back office.
- Paket cart open source belanja termasuk platform canggih seperti Interchange, dan off-the-rak solusi seperti Magento, nopCommerce, osCommerce, Shopgate, PrestaShop, Shopify, Zen Cart, OpenCart.
- Sistem komersial juga dapat disesuaikan sehingga toko tidak harus dibuat dari awal. Dengan menggunakan kerangka kerja yang ada, modul perangkat lunak untuk berbagai fungsi yang dibutuhkan oleh sebuah toko web dapat disesuaikan dan dikombinasikan.
Toko hadiah online
Toko hadiah online adalah website yang memiliki tujuan utama dari menjual produk secara online yang akan diberikan kepada orang lain. Ini pengecer online mungkin atau mungkin tidak terkait dengan toko fisik.
Disain
Pelanggan yang tertarik untuk belanja online tidak hanya karena tingginya tingkat kenyamanan, tetapi juga karena pilihan yang lebih luas, harga yang kompetitif, dan akses yang lebih besar terhadap informasi. Organisasi bisnis berusaha untuk menawarkan belanja online bukan hanya karena itu adalah biaya yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan batu bata dan mortir toko, tetapi juga karena menawarkan akses ke pasar di seluruh dunia, meningkatkan nilai pelanggan, dan membangun kemampuan yang berkelanjutan.
Beban informasi
Desainer dari toko online prihatin dengan efek beban informasi. Beban informasi adalah produk dari pengaturan spasial dan temporal rangsangan di webstore. Dibandingkan dengan belanja ritel konvensional, lingkungan informasi dari belanja virtual ditingkatkan dengan menyediakan informasi produk tambahan seperti produk dan layanan komparatif, serta berbagai alternatif dan atribut dari masing-masing alternatif, dll
Dua dimensi utama beban informasi adalah kompleksitas dan kebaruan. Kompleksitas mengacu pada jumlah elemen atau fitur yang berbeda dari sebuah situs, seringkali merupakan hasil dari peningkatan keragaman informasi. Novelty melibatkan aspek tak terduga, ditekan, baru, atau asing dari situs. Dimensi baru dapat menjaga konsumen menjelajahi situs belanja, sedangkan dimensi kompleksitas dapat menyebabkan pembelian impuls.
Kebutuhan dan harapan konsumen
Sebuah webstore yang sukses tidak hanya tampan website dengan fitur-fitur teknis yang dinamis, yang tercantum dalam banyak mesin pencari. Selain menyebarkan informasi, juga tentang membangun hubungan dengan pelanggan dan menghasilkan uang.
Bisnis sering mencoba untuk mengadopsi teknik belanja online tanpa pemahaman mereka dan / atau tanpa model bisnis yang sehat; sering, bisnis menghasilkan webstores yang mendukung budaya dan merek nama organisasi 'tanpa memenuhi harapan konsumen. Desain User-berpusat sangat penting. Memahami keinginan dan kebutuhan pelanggan adalah penting. Hidup sampai dengan janji-janji perusahaan memberikan pelanggan sebuah alasan untuk datang kembali dan memenuhi harapan mereka memberi mereka alasan untuk tinggal. Adalah penting bahwa website berkomunikasi berapa banyak perusahaan nilai pelanggannya.
Kebutuhan pelanggan dan harapan yang tidak sama untuk semua pelanggan. Usia, jenis kelamin, pengalaman dan budaya merupakan faktor-faktor penting. Misalnya, norma-norma budaya Jepang dapat menyebabkan pengguna tidak merasa privasi ini sangat penting di situs belanja dan keterlibatan emosional sangat penting di situs pensiun keuangan. Pengguna dengan lebih pengalaman online lebih fokus pada variabel yang secara langsung mempengaruhi tugas, sementara pengguna pemula berfokus pada pemahaman informasi.
Untuk meningkatkan pembelian online, bisnis harus menggunakan waktu dan uang untuk mendefinisikan, desain, mengembangkan, menguji, mengimplementasikan, dan memelihara webstore. Sesungguhnya mengatakan, lebih mudah untuk kehilangan pelanggan daripada untuk mendapatkan satu. Bahkan "top-rated" website tidak akan berhasil jika organisasi gagal untuk berlatih etiket umum seperti menanggapi e-mail secara tepat waktu, memberitahu pelanggan masalah, bersikap jujur, dan menjadi pelayan yang baik dari data pelanggan. Karena itu sangat penting untuk menghilangkan kesalahan dan menjadi lebih menarik bagi pembeli online, banyak desainer webshop studi penelitian tentang harapan konsumen.
User interface
Seorang asisten secara online otomatis, dengan potensi untuk meningkatkan antarmuka pengguna di situs belanja.
Faktor yang paling penting yang menentukan apakah pelanggan kembali ke situs web adalah kemudahan penggunaan dan hadirnya fitur user-friendly. Usability testing adalah penting untuk menemukan masalah dan perbaikan dalam sebuah situs web. Metode untuk mengevaluasi kegunaan mencakup evaluasi heuristik, walkthrough kognitif, dan pengujian pengguna. Setiap teknik memiliki karakteristik sendiri dan menekankan aspek yang berbeda dari pengalaman pengguna.
Pangsa pasar
Penjualan E-commerce produk B2C mencapai $ 142.500.000.000, [8] yang mewakili sekitar 8% dari penjualan produk ritel di Amerika Serikat. The senilai $ 26 milyar pakaian yang dijual secara online mewakili sekitar 13% dari pasar domestik, dan dengan 72% wanita mencari online untuk pakaian, telah menjadi salah satu kategori cross-belanja yang paling populer. Forrester Research memperkirakan bahwa Amerika Serikat industri ritel online akan bernilai $ 279.000.000.000 pada tahun 2015. Ada 242 juta orang berbelanja on-line di Cina pada tahun 2012.
Untuk negara-negara berkembang dan rumah tangga berpenghasilan rendah di negara-negara maju, penerapan e-commerce di tempat atau di samping metode konvensional dibatasi oleh kurangnya akses internet yang terjangkau.
Keuntungan
Kenyamanan
Toko online biasanya tersedia 24 jam sehari, dan banyak konsumen memiliki akses internet baik di kantor maupun di rumah. Instansi lain seperti kafe internet dan sekolah menyediakan akses internet juga. Sebaliknya, mengunjungi toko ritel konvensional memerlukan perjalanan dan harus berlangsung selama jam kerja.
Dalam hal terjadi masalah dengan item (misalnya, produk itu tidak apa yang diperintahkan konsumen, produk tersebut tidak memuaskan), konsumen prihatin dengan kemudahan kembali item dalam pertukaran untuk baik produk yang benar atau pengembalian dana. Konsumen mungkin perlu menghubungi pengecer, mengunjungi kantor pos dan membayar pengiriman kembali, dan kemudian menunggu untuk penggantian atau pengembalian dana. Beberapa perusahaan online memiliki kebijakan pengembalian lebih murah hati untuk mengimbangi keuntungan tradisional toko fisik. Sebagai contoh, pengecer sepatu secara online Zappos.com termasuk label gratis pengiriman kembali, dan tidak mengenakan biaya Restocking, bahkan untuk pengembalian yang bukan hasil dari merchant kesalahan. (Catatan: Di Inggris, toko online dilarang pengisian biaya Restocking jika konsumen membatalkan pesanan mereka sesuai dengan Perlindungan Konsumen (Jarak Selling) Act 2000) .
Informasi dan ulasan
Toko online harus menjelaskan produk untuk dijual dengan teks, foto, dan file multimedia, sedangkan di toko ritel fisik, produk aktual dan kemasan pabrik akan tersedia untuk inspeksi langsung (yang mungkin melibatkan test drive, pas, atau eksperimen lain) .
Beberapa toko online menyediakan atau link ke informasi produk tambahan, seperti instruksi, prosedur keselamatan, demonstrasi, atau spesifikasi pabrik. Beberapa menyediakan informasi latar belakang, saran, atau bagaimana-untuk panduan yang dirancang untuk membantu konsumen memutuskan untuk membeli produk.
Beberapa toko bahkan memungkinkan pelanggan untuk komentar atau menilai barang-barang mereka. Ada juga meninjau situs khusus yang ulasan pengguna host untuk produk yang berbeda. Ulasan dan bahkan beberapa blog memberikan pelanggan pilihan belanja untuk pembelian lebih murah dari seluruh dunia tanpa harus bergantung pada pengecer lokal.
Di toko ritel konvensional, panitera umumnya tersedia untuk menjawab pertanyaan. Beberapa toko online memiliki real-time fitur chatting, tetapi kebanyakan mengandalkan e-mail atau telepon untuk menangani pertanyaan pelanggan.
Harga dan seleksi
Salah satu keuntungan dari belanja online adalah mampu dengan cepat mencari penawaran barang atau jasa yang disediakan oleh banyak vendor yang berbeda (meskipun beberapa mesin pencari lokal memang ada untuk membantu konsumen menemukan produk yang dijual di toko-toko di dekatnya). Search engine, jasa perbandingan harga online dan mesin penemuan belanja dapat digunakan untuk mencari penjual produk atau jasa tertentu.
Biaya pengiriman (jika berlaku) mengurangi keuntungan harga barang dagangan online, meskipun tergantung pada yurisdiksi, kurangnya pajak penjualan dapat mengkompensasi hal ini.
Pengiriman sejumlah kecil item, terutama dari negara lain, jauh lebih mahal daripada membuat pengiriman lebih besar pengecer bata-dan-mortir order. Beberapa pengecer (terutama yang menjual kecil, bernilai tinggi barang seperti elektronik) menawarkan pengiriman gratis pada pesanan cukup besar.
Keuntungan lain utama untuk pengecer adalah kemampuan untuk beralih cepat pemasok dan vendor tanpa mengganggu pengalaman belanja pengguna.
Kekurangan
Penipuan dan keamanan
Mengingat kurangnya kemampuan untuk memeriksa barang sebelum membeli, konsumen berada pada risiko tinggi penipuan dari transaksi tatap muka. Pedagang juga risiko penipuan pembelian menggunakan kartu kredit curian atau penolakan penipuan pembelian online. Namun, pedagang menghadapi risiko lebih kecil dari pencurian fisik dengan menggunakan sebuah gudang bukan sebuah toko ritel.
Secure Sockets Layer (SSL) enkripsi umumnya memecahkan masalah nomor kartu kredit yang dicegat dalam perjalanan antara konsumen dan pedagang. Namun, kita masih harus percaya pedagang (dan karyawan) untuk tidak menggunakan informasi kartu kredit selanjutnya untuk pembelian mereka sendiri, dan tidak untuk menyampaikan informasi kepada orang lain. Selain itu, hacker bisa masuk ke situs web merchant dan mencuri nama, alamat dan nomor kartu kredit, meskipun Data Industri Kartu Pembayaran Standar Keamanan dimaksudkan untuk meminimalkan dampak dari pelanggaran tersebut. Pencurian identitas masih menjadi perhatian bagi konsumen. Sejumlah profil tinggi break-in di tahun 2000-an telah mendorong beberapa negara bagian AS untuk meminta pengungkapan kepada konsumen ketika hal ini terjadi. Keamanan komputer telah demikian menjadi perhatian utama bagi pedagang dan penyedia layanan e-commerce, yang menyebarkan penanggulangan seperti firewall dan perangkat lunak anti-virus untuk melindungi jaringan mereka.
Phishing adalah bahaya lain, di mana konsumen tertipu untuk berpikir bahwa mereka berhadapan dengan peritel terkemuka, ketika mereka benar-benar telah dimanipulasi untuk memberi informasi pribadi ke sistem yang dioperasikan oleh pihak jahat. Serangan Denial of service adalah risiko kecil bagi pedagang, seperti server dan jaringan padam.
Segel kualitas dapat ditempatkan pada halaman web toko jika telah menjalani penilaian independen dan memenuhi semua persyaratan dari perusahaan penerbit segel. Tujuan dari segel ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan pembeli online. Namun, keberadaan banyak stempel yang berbeda, atau segel asing bagi konsumen, dapat menggagalkan upaya ini sampai batas tertentu. Sejumlah sumber daya menawarkan nasihat tentang bagaimana konsumen dapat melindungi diri mereka sendiri ketika menggunakan layanan toko online. Ini termasuk:
Menempel dengan toko yang dikenal, atau mencoba untuk menemukan ulasan konsumen independen pengalaman mereka; juga memastikan bahwa ada informasi kontak yang komprehensif pada website sebelum menggunakan layanan ini, dan mencatat jika pengecer telah terdaftar dalam program pengawasan industri seperti tanda kepercayaan atau segel kepercayaan.
Sebelum membeli dari perusahaan baru, mengevaluasi situs web dengan mempertimbangkan isu-isu seperti: profesionalisme dan keramahan-pengguna dari situs; apakah atau tidak perusahaan daftar nomor telepon dan / atau alamat jalan bersama dengan informasi e-kontak; apakah pengembalian yang adil dan wajar dan kebijakan pengembalian jelas dinyatakan; dan apakah ada inflators harga tersembunyi, seperti berlebihan pengiriman dan biaya penanganan.
Memastikan bahwa pengecer memiliki kebijakan privasi yang dapat diterima diposting. Misalnya catatan jika pengecer tidak secara eksplisit menyatakan bahwa hal itu tidak akan berbagi informasi pribadi dengan orang lain tanpa persetujuan.
Memastikan bahwa alamat penjual dilindungi dengan SSL (lihat di atas) saat memasukkan informasi kartu kredit. Jika tidak alamat pada layar entri informasi kartu kredit akan mulai dengan "HTTPS".
Menggunakan password yang kuat, tanpa informasi pribadi. Pilihan lainnya adalah "kalimat sandi," yang mungkin sesuatu di sepanjang baris: "! Saya berbelanja 4 baik beli" Ini sulit untuk hack, dan menyediakan berbagai bagian atas, bawah, dan karakter khusus dan bisa menjadi situs tertentu dan mudah diingat.
Meskipun manfaat dari belanja online cukup besar, ketika proses berjalan buruk itu dapat menciptakan situasi berduri. Beberapa masalah yang dihadapi pembeli potensial termasuk pencurian identitas, produk rusak, dan akumulasi spyware. Jika pengguna diharuskan untuk memasukkan informasi kartu kredit mereka dan penagihan / alamat pengiriman dan website ini tidak aman, informasi pelanggan dapat diakses oleh siapa saja yang mengetahui bagaimana cara mendapatkannya.
Sebagian besar perusahaan online yang besar yang menemukan cara baru untuk membuat penipuan lebih sulit. Namun, penjahat selalu merespon perkembangan ini dengan cara-cara baru untuk memanipulasi sistem. Meskipun pengecer online membuat upaya untuk melindungi informasi konsumen, itu adalah perjuangan konstan untuk mempertahankan memimpin. Dianjurkan untuk menyadari teknologi terbaru dan penipuan melindungi identitas konsumen dan keuangan.
Pengiriman produk juga menjadi perhatian utama belanja online. Sebagian besar perusahaan menawarkan asuransi pengiriman dalam kasus produk hilang atau rusak. Beberapa perusahaan pelayaran akan menawarkan pengembalian uang atau kompensasi untuk kerusakan, tapi ini terserah kebijaksanaan mereka.
Kurangnya keterbukaan biaya penuh
Kurangnya keterbukaan biaya penuh juga mungkin bermasalah. Meskipun mungkin mudah untuk membandingkan harga dasar item online, hal itu mungkin tidak mudah untuk melihat total biaya di depan. Biaya tambahan seperti pengiriman sering tidak terlihat sampai langkah terakhir dalam proses checkout. Masalahnya adalah terutama jelas dengan pembelian lintas batas, di mana biaya ditunjukkan di layar checkout akhir mungkin tidak termasuk biaya tambahan yang harus dibayarkan pada saat pengiriman seperti tugas dan broker. Beberapa layanan seperti berbasis Wishabi Kanada mencoba untuk mencakup perkiraan biaya tambahan ini, [29] namun demikian, kurangnya pengungkapan biaya penuh umum masih menjadi perhatian.
Pribadi
Privasi informasi pribadi adalah masalah yang signifikan bagi beberapa konsumen. Banyak konsumen ingin menghindari spam dan telemarketing yang dapat terjadi akibat memasok informasi kontak untuk pedagang online. Sebagai tanggapan, banyak pedagang berjanji untuk tidak menggunakan informasi konsumen untuk tujuan ini,
Banyak situs melacak kebiasaan belanja konsumen untuk menyarankan item dan situs-situs lain untuk melihat. Toko bata-dan-mortir juga mengumpulkan informasi konsumen. Beberapa meminta alamat pembelanja dan nomor telepon di checkout, meskipun konsumen dapat menolak untuk memberikan itu. Banyak toko yang lebih besar menggunakan informasi alamat dikodekan pada kartu kredit konsumen (sering tanpa sepengetahuan mereka) untuk menambahkannya ke katalog mailing list. Informasi ini jelas tidak dapat diakses oleh pedagang ketika membayar secara tunai atau melalui bank (transfer uang, dalam hal ini ada juga bukti pembayaran).
Kesesuaian produk
Banyak perusahaan yang sukses murni maya berurusan dengan produk digital, (termasuk penyimpanan informasi, pengambilan, dan modifikasi), musik, film, perlengkapan kantor, pendidikan, komunikasi, perangkat lunak, fotografi, dan transaksi keuangan. Marketer sukses lain menggunakan drop shipping atau pemasaran afiliasi teknik untuk memfasilitasi transaksi dari barang berwujud tanpa mempertahankan persediaan nyata.
Beberapa produk non-digital telah lebih berhasil dari yang lain untuk toko online. Item Menguntungkan sering memiliki tinggi nilai rasio-to-weight, mereka mungkin melibatkan pembelian memalukan, mereka mungkin biasanya pergi ke orang-orang di lokasi terpencil, dan mereka mungkin memiliki menutup-ins sebagai pembeli khas mereka. Barang-barang yang dapat disimpan dalam standar-kotak seperti CD musik, DVD dan buku-sangat cocok untuk marketer virtual.
Produk-produk seperti suku cadang, baik untuk barang-barang konsumen seperti mesin cuci dan peralatan industri seperti pompa sentrifugal, juga tampak kandidat yang tepat untuk menjual secara online. Pengecer sering perlu untuk memesan suku cadang khusus, karena mereka biasanya tidak saham mereka di outlet-in konsumen kasus tersebut, solusi e-commerce dalam suku cadang tidak bersaing dengan toko-toko ritel, hanya dengan sistem pemesanan lain. Faktor untuk sukses di ceruk ini dapat terdiri dari menyediakan pelanggan dengan tepat, informasi yang dapat dipercaya tentang yang nomor bagian versi khusus mereka dari kebutuhan produk, misalnya dengan memberikan daftar komponen mengetik dengan nomor seri.
Produk kurang cocok untuk e-commerce termasuk produk yang memiliki nilai rasio-to-weight rendah, produk yang memiliki bau, rasa, atau komponen sentuh, produk yang perlu trial fitting-terutama pakaian dan produk-mana integritas warna muncul penting. Meskipun demikian, beberapa situs web telah sukses memberikan bahan makanan dan pakaian dijual melalui internet adalah bisnis besar di Amerika Serikat
Pengumpulan
Website volume tinggi, seperti Yahoo!, Amazon.com, dan eBay, menawarkan layanan hosting untuk toko online untuk semua pengecer ukuran. Toko-toko ini disajikan dalam kerangka navigasi terpadu, kadang-kadang dikenal sebagai pusat perbelanjaan virtual atau pasar online.
Dampak ulasan pada perilaku konsumen
Salah satu manfaat besar dari belanja online adalah kemampuan untuk membaca ulasan produk, baik yang ditulis oleh para ahli atau sesama pembeli online.
The Nielsen Company melakukan survei pada Maret 2010 dan disurvei lebih dari 27.000 pengguna Internet di 55 pasar dari Asia-Pasifik, Eropa, Timur Tengah, Amerika Utara, dan Amerika Selatan untuk melihat pertanyaan seperti "Bagaimana konsumen berbelanja online?" , "Apa yang mereka berniat untuk membeli?", "bagaimana mereka menggunakan berbagai belanja halaman web online?", dan dampak media sosial dan faktor-faktor lain yang ikut bermain ketika konsumen mencoba untuk memutuskan bagaimana membelanjakan uang mereka yang produk atau jasa. Menurut penelitian, review elektronik (57%) seperti pemutar DVD, ponsel, atau PlayStations, dan sebagainya, review mobil (45%), dan review perangkat lunak (37%) memainkan peran penting dalam mempengaruhi konsumen yang cenderung melakukan pembelian secara online. Selain itu, 40% dari pembeli online menunjukkan bahwa mereka bahkan tidak akan membeli elektronik tanpa berkonsultasi ulasan online.
Selain review online, rekomendasi peer pada halaman belanja online atau situs media sosial memainkan peran kunci untuk pembeli online ketika mereka meneliti pembelian di masa depan. 90% dari semua pembelian yang dilakukan dipengaruhi oleh media sosial. Setiap hari, lebih dari dua juta pembeli belanja online untuk perhiasan.
Baca juga :
- pembelian online
- e commerce adalah
- sejarah bisnis online di indonesia
(Sumber : Wikipedia)
Tag :
Definisi